Contoh Kuesioner – Kuesioner merupakan sebuah cara bagi seseorang yang ingin mengumpulkan informasi tentang suatu hal yang bersumber dari banyak orang. Jika seseorang ingin membuat kuesioner, pastikan lah jika kuesioner tersebut telah disiapkan dengan sebaik baiknya. Sebuah kuesioner tidak akan menjadi bermanfaat jika pertanyaan yang ditujukan tidak tepat sasaran.
Pertanyaan dari sebuah kuesioner harus lah mudah untuk dipahami agar para responden tidak mengalami kesulitan dalam memahami pertanyaan pertanyaan tersebut. Untuk yang ingin dimudahkan ketika membuat kuesioner, disarankan menggunakan metode online seperti google form sebagai metode nya. Ada beberapa jenis kuesioner yang perlu diketahui sebagai seorang pemula.
Berikut ini adalah contoh kuesioner yang baik dan benar. Mulai dari contoh kuesioner penelitian, contoh kuesioner skripsi, contoh kuesioner kinerja karyawan, contoh kuesioner kepuasan pelanggan, contoh kuesioner terbuka, contoh kuesioner kualitas pelayanan, contoh kuesioner pemasaran, contoh kuesioner produk, contoh kuesioner keputusan pembelian, dll.
Contoh Kuesioner Penelitian
TINGKAT KESADARAN WARGA TENTANG KONSUMSI MAKANAN SEHAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI PADA TINGKATAN UMUR DAN PENDIDIKAN Nama : Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan memberikan tanda silang (X) pada kotak yang berisi kolom yang tersedia! SS (Skor 5) = Sangat Sering 1 Konsumsi produk kedelai layaknya tempe, tahu, dan buncis dalam kurun waktu yang ruting Total Skor
PUSKEMAS BABAKAN CIKAO
Umur :
Jenis Kelamin :
Pendidikan Terakhir :
SR (Skor 4) = Sering
KK (Skor 3) = Kadang kadang
JR (Skor 2) = Jarang
TP (Skor 1) = Tidak Pernah
2 Konsumsi makanan makanan yang sama sekali tidak mengandung lemak layaknya makanan ayam tanpa kulit dan daging tanpa lemak
3 Konsumsi olahan susu yang rendah lemak layaknya keju rendah lemak dan olahan susu rendah lemak
4 Konsumsi olahan padi layaknya nasi, roti, dan sereal
5 Konsumsi sayuran berdaun hijau dan kuning layaknya labu, wortel, kangskung, dan kubis.
6 Konsumsi buah mengandung vitamin layaknya alpukat, apel, jerus, melon, anggur, dan pepaya
7 Tidak mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi layaknya gorengan
8 Tidak mengkonsumsi makanan dengan tingkat garam yang tinggi layaknya ikan asin
9 Tidak mengkonsumsi makanan kaleng layaknya sarden
10 Tidak mengkonsumsi makanan dengan baking soda layaknya bolu dan kue kering
Skor Rata rata
Contoh Kuesioner Kinerja Karyawan
KUESIONER KINERJA KARYAWAN Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan memberikan tanda silang (X) pada kotak yang berisi kolom yang tersedia! SS (Skor 5) = Sangat Sering 1 Kemampuan saya cukup baik dalam menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan kepada saya Total Skor
SR (Skor 4) = Sering
KK (Skor 3) = Kadang kadang
JR (Skor 2) = Jarang
TP (Skor 1) = Tidak Pernah
2 Pekerjaan saat ini sangat cocok dengan kemampuan yang saya miliki
3 Rata rata pekerja yang telah menikah kinerja nya tidak sesuai yang diharapkan
4 Kinerja saya semakin meningkat seiring bertambah nya usia
5 Pekerjaan saat ini sesuai dengan saya
6 Tugas tugas yang saya dapatkan bisa diselesaikan tanpa masalah berarti
7 Kesempatan untuk ikut serta dalam pelatihan pengembangan diri diberikan oleh perusahaan
8 Perusahaan memiliki suasana dan kondisi yang kondusif untuk bekerja
9 Sarana yang didapat dari perusahaan untuk bekerja sangat lah mencukupi
10 Atasan saya memberikan motivasi kerja yang cukup baik
Skor Rata rata
Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan
KUESIONER KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KARYAWAN RSUD Nama : Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan memberikan tanda silang (X) pada kotak yang berisi kolom yang tersedia! SS (Skor 5) = Sangat Sering 1 Karyawan sangat lah ramah dan peduli dalam memberi pelayanan kepada anda Total Skor
RSUD BAYU ASIH
Umur :
Jenis Kelamin :
Alamat :
Pekerjaan :
SR (Skor 4) = Sering
KK (Skor 3) = Kadang kadang
JR (Skor 2) = Jarang
TP (Skor 1) = Tidak Pernah
2 Karyawan sangat lah cepat dan tanggap dalam memberi pelayanan kepada anda
3 Rumah sakit berhasil membuat anda mendapatkan kenyamanan dalam pelayanan nya
4 Karyawan tampil dengan sopan dan rapi dalam memberikan pelayanan kepada pasien
5 Anda merasa puas terhadap pelayanan pengobatan yang diberikan rumah sakit
6 Anda merasa puas dengan biaya pengobatan yang dibebankan oleh rumah sakit
7 Informasi yang berikan oleh karyawan rumah sakit berhasil membuat anda puas
8 Informasi yang diberikan rumah sakit selalu tepat waktu
9 Karyawan selalu memberikan jawaban terbaik terhadap setiap pertanyaan
10 Anda merasa puas terhadap pengetahuan tentang pengobatan yang disampaikan oleh karyawan
Skor Rata rata
Contoh Kuesioner Terbuka
KUESIONER KEPAHAMAN AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM SEBUAH SEKOLAH DASAR Nama Responden : Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan mengisikan jawabannya pada bilah yang disediakan di bawah pertanyaan 1. Seberapa sering sang anak meniru saat anda sedang beribadah ?
Nama Anak :
Umur Anak :
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Seperti apa cara sang anak pamit atau mengucapkan salam pada orang tua ?
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apakah perubahan yang anda rasakan ketika sang anak pulang sekolah tentang agama dan moral?
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Seberapa sering sang anak menghafal ayat Al Quran di rumah?.
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apa respon sang anak ketika anda memanggil nya atau hendak meminta tolong?
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Seberapa sering sang anak mengucapkan terima kasih saat mendapatkan pemberian atau pertolongan?
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7. Seperti apa sikap sang anak terhadap saudara saudara nya?
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8. Apakah sang anak sering terlihat mengucapkan kata kata kotor ketika berinteraksi dengan orang lain?
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
9. Apa yang anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran anak tentang moral dan agama?
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
10. Perilaku kurang menyenangkan apa yang sering anda lihat dari sang anak?
Jawaban :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Contoh Kuesioner Kualitas Pelayanan
KUESIONER KUALITAS PELAYANAN BANK TERHADAP NASABAH Nama : Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan memberikan tanda silang (X) pada kotak yang berisi kolom yang tersedia! Kepuasan Nasabah SS (Skor 5) = Sangat Sering Kualitas Pelayanan SS (Skor 5) = Sangat Sering 1 Ruang pelayanan yang bersih Total Skor
Umur :
Jenis Kelamin :
Jenis Keluhan yang Pernah Dialami :
Alamat :
Pekerjaan :
SR (Skor 4) = Sering
KK (Skor 3) = Kadang kadang
JR (Skor 2) = Jarang
TP (Skor 1) = Tidak Pernah
SR (Skor 4) = Sering
KK (Skor 3) = Kadang kadang
JR (Skor 2) = Jarang
TP (Skor 1) = Tidak Pernah
2 Karyawan berpenampilan rapi
3 Peralatan yang modern
4 Jasa yang diberikan memiliki daya tarik visual
5 Penanganan masalah pelanggan
6 Kecepatan pelayanan dari teller bank
7 Pelayanan tepat waktu sesuai yang dijanjikan
8 Dokumen disimpan tanpa kesalahan
9 Jasa selalu disampaikan secara benar
10 Satpam selalu bersedia membantu nasabah
11 Layanan bagi nasabah yang cepat
12 Siap dalam merespons setiap permintaan nasabah
13 Setiap pertanyaan nasabah dapat dijawab dengan baik oleh karyawab bank
14 Nasabah selalu merasa aman saat melakukan transaksi
15 Karyawan berhasil menumbuhkan rasa kepercayaan nasabah
16 Karyawan selalu bersikap sopan
17 Pihak bank tidak pernah lupa menyebutkan nama nasabah ketika memberikan pelayanan
18 Kepentingan nasabah sungguh selalu diutamakan
19 Terdapat perhatian secara individual kepada nasabah
20 Kenyamanan pada jam operasional
Skor Rata rata
Contoh Kuesioner Produk
KUESIONER PRODUK KEMASAN MAKAN SIANG BERBAHAN KALENG DENGAN IKON BUDAYA INDONESIA Nama : Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang (X) pada jawaban yang terdapat pada bilah bawah pertanyaan 1. Seberapa sering anda membawakan makan siang untuk anak/keponakan anda ke sekolah? (Jika tidak pernah langsung menuju ke pertanyaan nomor 3) 2. Apa Material dari kemasan yang anda gunakan untuk mengantarkan makan siang pada anak/keponakan? 3. Apa hal utama yang anda harapkan dan perhatikan dalam kemasan makanan? 4. Tahukah anda bahwa ada kemasan makan siang berbahan kaleng? 5. Apakah anda berminat untuk membeli kotak makan siang dengan ikon budaya Indonesia di dalam nya seperti ondel ondel, gatot kaca, dll
Pekerjaan :
Alamat :
o Sering
o Jarang
o Tidak Pernah
o Plastik
o Kaleng
o Kertas
o Lainnya
o Material kemasan
o Visual
o Tingkat kepraktisan
o Tahu
o Tidak tahu
o Mau
o Tidak Mau
Contoh Kuesioner Pemasaran
CONTOH KUESIONER PEMASARAN SITUS PEMASARAN.XYX Nama : Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan memberikan tanda silang (X) pada kotak yang berisi kolom yang tersedia! SS (Skor 5) = Sangat Sering Postingan dari Pemasaran.xyx SS 1 Postingan dari pemasaran.xyx bermanfaat Pengelolaan dan Design dari Pemasaran.xyx 1 Pemasaran.xyx memiliki design blog yang menarik Interaksi Pengunjung dari Pemasaran.xyx 1 Kritik dan saran pengunjung direspons secara cepat oleh pemasaran.xyx Total Skor
Umur :
Jenis Kelamin :
SR (Skor 4) = Sering
KK (Skor 3) = Kadang kadang
JR (Skor 2) = Jarang
TP (Skor 1) = Tidak Pernah
2 Postingan dari pemasaran.xyx memiliki judul postingan yang menarik
3 Postingan dari pemasaran.xyx memiliki isi yang menarik
4 Postingan dari pemasaran.xyx memiliki tema yang sangat jelas
5 Postingan dari pemasaran.xyx menyajikan kategori isi dari sebuah konten
6 Postingan dari pemasaran.xyx selalu konsisten setiap harinya
7 Postingan dari pemasaran.xyx selalu memiliki isi yang relevan dengan judul
8 Postingan dari pemasaran.xyx selau diperhatikan laman nya
9 Postingan dari pemasaran.xyx memiliki postingan yang sangat mudah dibaca dan dipahami
10 Postingan dari pemasaran.xyx selalu memiliki isi yang menarik
2 Pemasaran.xyx memiliki loading laman yang cepat
3 Pemasaran.xyx memiliki widget atau fitur yang bermanfaat
4 Pemasaran.xyx memiliki menu navigasi yang tepat
5 Pemasaran.xyx terawat dengan baik
6 Pemasaran.xyx tidak memiliki link yang tertutup
7 Pemasaran.xyx tidak memiliki iklan yang mengganggu kenyamanan pembaca
8 Pemasaran.xyx memiliki jadwal dari postingan yang baru
9 Pemasaran.xyx memiliki konten yang tersusun rapi
10 Pemasaran.xyx memiliki iklan yang tersusun rapi
2 Fitur sharing pada pemasaran.xyx disediakan dengan baik
3 Link dari blog lain dibolehkan untuk dipasang pada pemasaran.xyx
Skor Rata rata
Contoh Kuesioner Pendidikan
KUESIONER PENDIDIKAN DALAM SUATU PERUSAHAAN Nama : Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan memberikan tanda silang (X) pada kotak yang berisi kolom yang tersedia! SS (Skor 5) = Sangat Sering 1 Setelah melalui proses pendidikan, kemampuan dalam menjalankan tugas menjadi jauh lebih baik Total Skor
Jenis Kelamin :
Bagian :
Umur :
SR (Skor 4) = Sering
KK (Skor 3) = Kadang kadang
JR (Skor 2) = Jarang
TP (Skor 1) = Tidak Pernah
2 Setelah melalui proses pendidikan, efisiensi dalam penyelesaian tugas atau pekerjaan menjadi semakin baik
3 Setelah melalui proses pendidikan, pegawai menjadi lebih handal dalam menyelesaikan tugasnya
4 Setelah melalui proses pendidikan, kemampuan dalam mengatur tugas menjadi jauh lebih baik
5 Setelah melalui proses pendidikan, kemampuan dalam menganalisa tugas menjadi lebih baik
6 Setelah melalui proses pendidikan, efektivitas dalam menyelesaikan tugas menjadi jauh lebih baik
7 Setelah melalui proses pendidikan, kecakapan dalam menyelesaikan pekerjaan semakin meningkat
8 Setelah melalui proses pendidikan, keterampilan dalam menyelesaikan pekerjaan semakin meningkat
9 Setelah melalui proses pendidikan, keahlian spesifik pada pekerjaan menjadi meningkat
10 Setelah melalui proses pendidikan, Kemampuan bekerjasama atau teamwork menjadi lebih baik
Skor Rata rata
Contoh Kuesioner Keputusan Pembelian
KUESIONER KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBUAH SEPEDA MOTOR MEREK X Nama : Keterangan Pengisian Jawablah pertanyaan berikut dengan memberikan tanda silang (X) pada kotak yang berisi kolom yang tersedia! SS (Skor 5) = Sangat Sering Harga Merek X SS 1 Semakin murah sebuah sepeda motor, minat dari pembeli menjadi semakin besar dan merek X merupakan salah satu merek dengan harga murah Kualitas Merek X 1 Memiliki kemampuan menempuh jarak 55 KM dengan 1 liter bensin Keputusan Pembelian 1 Sepeda motor merek X cocok dibeli untuk digunakan berkendara Total Skor
Umur :
Jenis Kelamin :
SR (Skor 4) = Sering
KK (Skor 3) = Kadang kadang
JR (Skor 2) = Jarang
TP (Skor 1) = Tidak Pernah
2 Harga sepeda motor merek X memang lebih murah dari merek lain
3 Merek X sering memberikan cashback dan diskon kepada para konsumen
4 Harga dari merek X sesuai dengan kemampuan ekonomi masyarakat
2 Terdapat sistem yang mengatur bahan bakar cadangan saat bahan bakar habis
3 Akselesai hingga 50 KM/jam dalam 8 detik
4 Memiliki keamanan kunci ganda yang menghindarkan dari pencuri
5 Bagasi dengan ukuran yang besar
6 Dalam lalu lintas padat, merek X tetap lincah dikendarai
7 Dalam lalu lintas lancar, merek X tetap lincah dikendarai
8 Mesin memiliki ketahanan yang cukup untuk menempuh jarak yang jauh
9 Mesin memiliki ketahanan yang cukup untuk digunakan dalam segala kondisi cuaca
2 Pembelian untuk merek X mudah untuk ditemukan
3 Pembayaran untuk pembelian merek X bisa secara kredit
4 Metode pembayaran untuk pembelian merek X cukup mudah
5 Salah satu dasar dari pembelian karena bentuk yang elegan
Skor Rata rata
Nah itulah contoh kuesioner yang baik dan benar. Mulai dari contoh kuesioner penelitian, contoh kuesioner skripsi, contoh kuesioner kinerja karyawan, contoh kuesioner kepuasan pelanggan, contoh kuesioner terbuka, contoh kuesioner kualitas pelayanan, contoh kuesioner pemasaran, contoh kuesioner produk, contoh kuesioner keputusan pembelian, dll.
Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih