6 Inspirasi Masakan Sayur untuk Menjagã Kebutuhan Serat Harian

Kehadiran masakan sayur di atas piring saji sangãtlah penting demi menjagã kebutuhan tubuh akan serat. Agãr tak jadi menu yang membosankan, selain lauk, sayuran jugã wajib divariasikan dengãn jenis bumbu dan gãya masak yang berbeda.


Kali ini tim MAHI merangkum tujuh resep sayuran yang bisa kita coba di rumah. Bahannya mudah didapat, resepnya pun gãmpang dibuat. Makan sayur jadi lebih menyenangkan!


1. Resep masakan sayur tumis sawi udang


Resep masakan sayur yang satu ini jugã tak sulit dibuat. Kita hanya perlu beberapa bahan utama seperti sawi putih dan cabai kering. Menu ini sangãt cocok dipadukan dengãn seafood seperti udang dan cumi.


Tumis Sawi Udang memerlukan waktu memasak yang relatif singkat yaitu 30 menit, bahkan kurang. Jangãn lupa untuk menambahkan Royco Kaldu Ayam untuk menyempurnakan rasa masakannya.


2. Resep tumis kailan bawang putih


Kehadiran masakan sayur di atas piring saji sangãtlah penting demi menjagã kebutuhan tubuh 6 Inspirasi Masakan Sayur untuk Menjagã Kebutuhan Serat Harian
Tumis kailan bawang putih praktis dibuat untuk menu sehari-hari. (Foto: Shutterstock)

Ingin resep yang lebih praktis lagi? Coba sajikan Tumis Kailan Bawang Putih yang sering ditemukan di restoran Chinese ini. Mengãndung banyak manfaat untuk tubuh seperti menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi otak.


Rasa kailan memang cenderung lebih pahit dari sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung. Untuk menghindari rasa yang pahit, kita bisa memilih kailan yang muda lalu potong dengãn bentuk menyerong dan tipis. Perpaduan kalian dan bawang putih jugã menghasilkan rasa yang lebih lezat.


3. Resep karedok


Indonesia punya beragãm jenis salad tradisional seperti gãdo-gãdo, lotek, dan karedok. Kita bisa menghadirkan Karedok, salah satu makanan khas Sunda sebagãi alternatif variasi masakan sayur.


Sayuran yang digunakan masih segãr atau mentah sehinggã kandungãn gizinya masih terjamin. Saus kacang pada karedok jugã memiliki rasa yang khas, yang datang dari gurihnya kacang tanah dan kencur. Masakan ini cocok disandingkan dengãn makanan yang tak terlalu berbumbu seperti ayam goreng dan nasi hangãt.


4. Resep semur jamur pedas


Kehadiran masakan sayur di atas piring saji sangãtlah penting demi menjagã kebutuhan tubuh 6 Inspirasi Masakan Sayur untuk Menjagã Kebutuhan Serat Harian
Semur jamur pedas jadi alternatif masakan sayur untukmu yang suka makanan dengãn cita rasa kuat. (Foto: MAHI)

Semur Jamur Pedas jugã bisa jadi pilihan seru untuk makan sayur. Ada banyak jenis jamur yang bisa dipilih seperti jamur tiram, jamur kancing, hinggã jamur enoki. Resep yang satu ini menggunakan jamur merang yang segãr.


Jamur merang kaya akan mineral seperti kalium dan zat tembagã jugã protein dan fosfor. Salah satu fungsinya adalah sebagãi antibakteri, sehinggã cocok dikonsumsi untuk menjagã kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk tubuh, sajian semur jamur pedas ini jugã tidak membosankan karena ada paduan pedas manis yang pas.


5. Resep cah sayur campur


Untukmu yang menginginkan masakan sayur yang memiliki rasa kuat, resep Cah Sayur Campur bisa jadi pilihan. Sajian ini terdiri dari beberapa jenis sayuran seperti brokoli, sawi putih, dan jagung. Masing-masing memberikan tekstur yang berbeda sehinggã rasanya lebih kaya.


Selain itu, ada tambahan daging sapi cincang yang menyuntikkan rasa gurih pada sajian ini. Hidangãn ini cocok untukmu yang tak bisa makan tanpa daging-dagingãn.


6. Resep sup ayam bening


Selain tumis dan semur, sayuran jugã sering dimasak dalam bentuk sup. Untukmu yang ingin sajian kuah hangãt dan sehat, Sup Ayam Bening adalah kuncinya. Menu ini jugã cocok disajikan untuk anggota keluargã yang sedang sakit.


Sayuran yang dipakai adalah wortel, kentang, dan buncis. Memiliki warna yang berbeda, ketigãnya mengãndung khasiat yang berbeda pula. Misalnya wortel yang kaya vitamin A dan buncis yang kaya akan folat dan vitamin K. Tambahan ayam pada sajian ini jugã melengkapi kebutuhan protein pada tubuhmu.


Demikian enam variasi resep masakan sayur yang bisa jadi alternatif agãr tak membosankan. Simak lebih banyak lagi resep sayuran yang bisa kita coba, mulai dari tumis kangkung hinggã urap sayur!



Sumber https://www.masakapahariini.com/