7 Manfaat Jus Buah Nagã dan Inspirasi Olahannya

Manfaat jus buah nagã sebagãi salah satu buah favorit yang menyegãrkan ternyata bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi jugã sangãt berguna untuk merawat kecantikan. Selain hargãnya yang kini terjangkau, buah nagã jugã relatif mudah ditemukan di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, kita coba bahas berbagãi manfaatnya serta inspirasi olahannya yang bisa dicoba di rumah!


Manfaat jus buah nagã


Manfaat jus buah nagã sebagãi salah satu buah favorit yang menyegãrkan ternyata bukan hany 7 Manfaat Jus Buah Nagã dan Inspirasi Olahannya
Kesegãran jus buah nagã memiliki banyak manfaat untuk badan kita. (Foto: Shutterstock)

Apa saja manfaat jus buah nagã yang bisa kita rasakan jika rutin mengonsumsinya? Lalu apa saja yang bisa dikreasikan dari buah yang mengãndung banyak air ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!


1. Mencegãh penuaan dini


Buah nagã kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Buah nagã jugã mengãndung fosfor yang membantu regenerasi sel-sel dalam tubuh.


2. Menghidrasi kulit


Buah nagã memiliki kandungãn air yang tinggi. Untuk itu, jus buah nagã bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan tubuh kita. Kulit yang terhidrasi akan menghindarkan kita dari kerutan hinggã kantung mata. Kulit yang terhidrasi dengãn baik jugã akan membantu kontrol sebum atau minyak.


3. Meningkatkan kekebalan tubuh


Manfaat jus buah nagã selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah nagã kaya akan vitamin C yang membantu kinerja limfosit dalam tubuh. Limfosit yang merupakan jenis sel darah putih akan membantu tubuh melawan bakteri dan virus.


4. Mengurangi risiko kanker


Buah nagã jugã memiliki kandungãn karoten yang bisa membantu mengurangi jumlah tumor. Menurut penelitian, kandungãn likopen pada buah nagã merah jugã bisa mengurangi risiko kanker prostat.


5. Mencegãh anemia


Sesuai dengãn warnanya yang merah, buah nagã jugã bisa membantu mencegãh penyakit kekurangãn darah. Hal ini karena kandungãn zat besinya yang meningkatkan kadar haemoglobin dalam tubuh, sehinggã bisa mencegãh dan mengobati anemia.


6. Mengontrol gula darah


Buah nagã bisa membantu mengontrol gula darah karena kandungãn seratnya yang tinggi. Kandungãn vitamin B3, atau populernya disebut niacin, bisa mengurangi gula darah. Pilihan yang baik untuk yang memiliki diabetes tipe 2.


7. Menjagã kesehatan mata dan gigi


Rutin meminum jus buah nagã jugã bisa membuat kesehatan mata dan gigi terjagã. Kandungãn beta-karoten pada buah nagã bisa mencegãh katarak. Buah nagã jugã mengãndung kalsium yang tinggi, sehinggã bisa membuat email gigi tetap kuat.


Inspirasi olahan buah nagã


Manfaat jus buah nagã sebagãi salah satu buah favorit yang menyegãrkan ternyata bukan hany 7 Manfaat Jus Buah Nagã dan Inspirasi Olahannya
Smoothie bowl buah nagã bisa dipadukan dengãn macam-macam topping. (Foto: Shutterstock)

Selain punya banyak manfaat, buah nagã jugã bisa dikreasikan menjadi berbagãi jenis santapan segãr. Ide olahan buah nagã berikut ini bisa jadi inspirasimu.


1. Smoothie buah nagã


Buah nagã sangãt cocok dibuat smoothie atau jus. Teksturnya yang lembut membuat buah nagã tak sulit diencerkan. Kamu bisa menambahkan buah lain seperti pisang dan stroberi sebagãi campuran smoothie buah nagã.


2. Smoothie bowl buah nagã


Selain dibuat jadi minuman, buah nagã jugã cocok disajikan dalam smoothie bowl. Makanan ini sedang hits di Indonesia beberapa waktu terakhir. Bedanya dengãn smoothie biasa, buah nagã yang telah di-blender dimasukkan ke dalam mangkuk dan disajikan dengãn potongãn buah dan kacang-kacangãn. Topping yang populer adalah stroberi, kiwi, chia seeds, dan kacang almond.


3. Salad buah nagã


Buah nagã yang segãr jugã bisa dibuat sebagãi salad. Padukan potongãn buah nagã dengãn beberapa jenis buah lain, misalnya manggã, pepaya, atau kiwi. Beri perasan jeruk lemon dan madu sebagãi dressing-nya atau puree buah nagã.


Sebagãi buah yang menyegãrkan dan kaya nutrisi, kini bukan hanya manfaat jus buah nagã saja yang bisa kamu nikmati, tetapi jugã sajian olahan lainnya yang tak kalah memanjakan lidah dan merawat kecantikanmu.



Sumber https://www.masakapahariini.com/