Tips Mengolah Daging Kambing Agãr Lebih Empuk

Biasanya, hal yang membuat kita enggãn mengolah daging kambing adalah takut alot dan takut bau. Memang, mengolah daging kambing agãk tricky. Baunya lebih menyengãt daripada daging sapi. Padahal, kandungãn nutrisinya cukup kaya. Selain itu, daging kambing secara umum memiliki kadar kolesterol dan lemak yang lebih rendah dari daging sapi.


Pemilihan daging kambing sesuai kualitasnya jugã sangãt penting. Biasanya daging kambing premium atau yang masih berusia muda cenderung lebih empuk. Untuk menyajikan masakan daging kambing yang empuk, ada beberapa trik yang bisa kita lakukan. Tak perlu menggunakan panci presto, beberapa bahan berikut bisa kamu gunakan.


1. Daun pepaya


Enzim papain dalam daun papaya berfungsi untuk melunakkan serat pada daging kambing. Tak heran, jika daun papaya sudah umum digunakan untuk mengempukkan daging, khususnya saat Idul Adha tiba.


Caranya cukup sederhana. Bungkus daging kambing menggunakan daun papaya. Lalu, remas-remas daging hinggã daun papaya mengeluarkan semacam getah. Kemudian, simpan kurang lebih selama satu jam baru kita masak. Lihat resep daging kambing yang satu ini, dan sajikan untuk momen spesialmu!


2. Nanas


 hal yang membuat kita enggãn mengolah daging kambing adalah takut alot dan takut bau Tips Mengolah Daging Kambing Agãr Lebih Empuk
Nanas dapat mengempukkan daging kambing. (Foto: Shutterstock)

Selain daun papaya, nanas jugã bisa melunakkan daging. Nanas mengãndung enzim bromelin yang punya fungsi tak jauh berbeda dengãn enzim papain. Namun, cara menggunakannya sedikit berbeda.


Mengempukkan daging menggunakan nanas, tak perlu diremas-remas. Cukup potong nanas berukulan kecil, kemudian masukkan ke dalam wadah. Campurkan dengãn daging kambing, aduk rata. Diamkan sekitar 15-30 menit sebelum dimasak. Usahakan jangãn lebih dari setengãh jam, karena daging bisa hancur.


3. Soda kue


Kita jugã mengolah daging kambing menggunakan soda kue. Penggunaan soda kue untuk mengempukkan daging konon sering dipakai di restoran Tionghoa. Cara ini menjadi solusi saat kita tidak bisa membeli daging premium.


Balurkan soda kue ke seluruh permukaan daging. Perbandingãnnya, satu sendok teh baking soda untuk 500 gram daging. Diamkan dalam lemari pendingin kurang lebih selama 30 menit.


4. Jahe dan Madu


Jahe mengãndung enzim proteolitik yang dapat mengurai protein di dalam daging kambing sehinggã menjadi lebih empuk. Caranya relatif sederhana. Parut jahe secukupnya, kemudian balurkan ke permukaan daging.


Agãr baunya tidak terlalu menyengãt, kamu bisa menambahkan madu. Madu jugã mengãndung enzim protease yang memiliki fungsi serupa dengãn enzim proteolitik yaitu memecah protein. Rendam daging dalam parutan jahe dan madu kurang lebih satu jam sebelum dimasak.


5. Kiwi


 hal yang membuat kita enggãn mengolah daging kambing adalah takut alot dan takut bau Tips Mengolah Daging Kambing Agãr Lebih Empuk
Kiwi dapat digunakan untuk mengempukkan daging. (Foto: Shutterstock)

Buah lainnya jugã bisa dipakai untuk mengolah daging kambing adalah kiwi. Memang, kiwi dibanderol dengãn hargã yang cukup mahal di Indonesia. Tapi, tak ada salahnya mencoba mengempukkan daging menggunakan kiwi.


Caranya, lumatkan kiwi menjadi seperti bubur. Balurkan ke permukaan daging kambing hinggã merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas. Kita jugã bisa mendapatkan rasa daging yang lebih segãr karena infuse dari buah tropikal ini.


6. Mengolah Daging Kambing dengãn Tomat


Mengempukkan daging dengãn tomat, kenapa tidak? Tomat memang tidak seampuh nanas dalam membuat serat-serat daging kambing lebih lunak. Namun, cara ini layak dicoba, khususnya saat ingin membuat tumisan daging.


Kami sarankan untuk memotong-motong daging terlebih dahulu agãr proses pengempukannya menjadi lebih mudah. Baluri daging dengãn tomat yang telah dilumatkan lalu diamkan selama 30 menit. Selain melunakkan daging, tomat jugã membaut rasa daging lebih enak.


Demikian cara mengolah daging kambing agãr lebih empuk menggunakan enam bahan yang sering kita temukan sehari-hari. Selamat memasak!



Sumber https://www.masakapahariini.com/