Contoh Brosur – Dalam menjalani sebuah bisnis, promosi merupakan salah elemen yang dapat digunakan sebagai pemicu sebuah kesuksesan. Itulah sebabnya, bukan hal yang mengherankan jika saat ini banyak sekali perusahaan dari bidang apapun itu berusaha sebaik mungkin di saat melakukan promosi untuk produknya.
Media promosi yang dilakukan juga sangat banyak yang pasti iklan bisa di lihat oleh banyak orang. Misalnya saja berpromosi dengan melalui majalah, Koran, brosur dan juga pamflet yang sering kali kita jumpai di jalanan yang ramai.
Pada saat ini, ketika teknologi sudah maju dan berkembang dengan cepat akan banyak sekali perusahaan yang beralih dengan menggunakan sarana digital serta internet di dalam melakukan promosi. Hal memang sangat wajar terjadi, apalagi jika mengingat melakukan promosi melalui internet akan jauh lebih mudah, harga terjangkau dan juga jauh lebih cepat.
karena memang banyak sekali sosial sarana yang dapat digunakan dalam menjaring customer yang jauh lebih banyak yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Negara Indonesia. Namun yang kerap kali menjadi pertanyaan ialah, apabila waktu melakukan promosi bersama menggunakan sarana internet yang banyak sekali diminati.
Lalu langkah apa yang selanjutnya bisa melakukan promosi bersama dengan promosi menggunakan internet dan juga menggunakan cara dahulu yang menggunakan Koran atau brosur?. Apakah masih banyak orang yang tertarik dengan promosi yang menggunakan brosur?. Simak saja penjelasan dibawah ini:
Contents
- 1 Kenapa Menggunakan Brosur Sebagai Sarana Promosi
- 2 Cara Membuat Desain Brosur Yang Menarik
- 2.1 1. Brosur dengan figur yang terkenal
- 2.2 2. Judul brosur yang menarik
- 2.3 3. Pemilihan warna pada brosur yang sesuai
- 2.4 4. Mencantumkan harga pada brosur, apabila bermaksud menjual barang
- 2.5 5. Gunakan penanda khusus pada bagian brosur
- 2.6 6. Membuat sub judul brosur yang menarik
- 2.7 7. Membuat layout desain brosur menarik dan sesuai
- 2.8 8. Beri space yang cukup
- 2.9 9. Isi brosur pastikan mencantumkan informasi
- 3 Berbagai Macam Jenis Brosur Dan Ukuran Brosur
- 4 Contoh Brosur Makanan
- 5 Contoh brosur sekolah
- 6 Contoh brosur dalam bahasa inggris
- 7 Contoh brosur promosi produk
Kenapa Menggunakan Brosur Sebagai Sarana Promosi
Mungkin saja sebagian dari Anda, akan otomatis mengatakan jika sudah tidak ada orang yang tertarik dengan promosi yang menggunakan brosur. Nah, jika Anda menjawab seperti itu maka hal itu adalah salah besar.
Sebab pada kenyataannya, walaupun sudah banyak sarana serta digital yang jauh lebih canggih dimana secara keseluruhannya dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi, tetap saja langkah melakukan promosi dengan menyebar brosur maupun pamflet kerap digunakan oleh banyak orang.
Meski tidak bisa di pungkiri jika menggunakan brosur pada promosi akan mengeluarkan banyak biaya, namun siapa sangka langkah menyebar brosur ini akan jauh lebih banyak peminatnya dan lebih efektif. Apalagi mengingat tidak semua orang menggunakan internet, misalnya saja seperti orang tua.
Dan sedangkan untuk langkah promosi dengan menggunakan internet ini akan banyak dilihat oleh anak muda. Bahkan, karena masih banyak orang yang berminat pada brosur sehingga banyak pengusaha yang mengambil keputusan untuk membuat brosur terbaik pada beberapa jasa percetakan. Hal ini memang sudah terbukti jika menggunakan brosur masih berhasil menarik minat masyarakat banyak.
Cara Membuat Desain Brosur Yang Menarik
1. Brosur dengan figur yang terkenal
Untuk trik yang pertama ialah dengan memberikan foto pria maupun wanita yang menarik pada bagian depan brosur yang dibuat, bahkan trik ini telah digunakan oleh hampir semua jenis produk yang ada di dunia. Bahkan tak jarang ada perusahaan- perusahaan yang besar akan menggunakan publik figur yang terkenal seperti artis, ratu kecantikan, atlit olah raga, toko masyarakat terkenal dan juga pimpinan dari organisasi yang besar.
Pastinya jangan sampai lupa juga untuk mencantumkan sebuah foto dari produk yang di promosikan karena memang produk tersebut yang akan dijual.
2. Judul brosur yang menarik
Trik yang kedua ini menggunakan judul utama yang menakjubkan atau bombastis (surprising, unpredictable) dimana memiliki kandungan unsur yang luar biasa, apalagi jika dapat memainkan emosi dari calon konsumen yang melihat iklan tersebut.
Agar dapat menarik perhatian dari orang- orang yang hanya secara sekilas pada saat membaca maka pastinya mereka akan membaca ulang dengan teliti apa isi dari iklan tersebut. Hal yang seperti ini memang tidak akan terbatas, namun yang pasti Anda juga harus jelas dalam memilih konsep seperti desain penulisan dan juga objek dari produk.
3. Pemilihan warna pada brosur yang sesuai
Untuk trik ketiga menggunakan nuansa warna yang cocok dipakai bersamaan dengan produk dan juga target dari customer Anda. Anda juga wajib membaca bagaimana filosofi dari warna yang jauh lebih jelas mendalam pada tulisan yang berwarna.
Tentu ini adalah hal yang wajib di perhatikan, mengingat pemakaian dari warna- warna yang spesifik rupanya mempengaruhi kekuatan tarik customer pada golongan atau tingkat yang spesifik juga. Contohnya saja, untuk produk mainan anak- anak yang akan lebih cocok dan menarik jika misalnya dipakai pada warna- warna dasar yang lebih terang.
Sedangkan para produk aksesoris remaja putri bisa menggunakan lebih banyak warna ping karena bisa menarik minat mereka.
4. Mencantumkan harga pada brosur, apabila bermaksud menjual barang
Untuk tips yang keempat ini perlu untuk mencantumkan harga jika sana memungkinkan maka Anda juga bisa mencantumkan diskon pada produk Anda. Anda bisa mencantumkan harga jika merasa produk yang dijual tidak terlalu mahal dan standar untuk masyarakat di Indonesia.
Apalagi jika dibandingkan dengan merek yang lain yang memiliki mutu sama namun lebih mahal maka Anda tidak perlu ragu untuk mencantumkan harga barang yang Anda jual. Hal ini juga termasuk pada point of interest produk karena dengan harga yang tidak terlalu mahal namun memiliki mutu yang bagus tentunya menjadi idaman bagi semua customer di seluruh dunia.
Itulah sebabnya customer akan jauh lebih tertarik jika harga produk yang dicari tidak mahal.
5. Gunakan penanda khusus pada bagian brosur
Kelima menggunakan penanda yang spesifik pada judul utama seperti halnya bentuk oval, bintang, kotak, lingkaran atau tanda panah dan juga bentuk sign lainnya untuk bisa melakukan komunikasi secara visual. Hal ini tentu berguna dalam memperkuat kesan yang berasal dari judul brosur. Untuk penanda spesifik disebut dengan flashes.
6. Membuat sub judul brosur yang menarik
Untuk yang keenam ialah dengan membuat sub judul yang menyebutkan secara singkat apa maksud dari judul utama. Sub judul ini kebanyakan memiliki bentuk kalimat yang penting dan memuat ilustrasi secara singkat sehingga dapat menyebabkan orang ingin menyaksikan secara lebih lanjut.
Apabila judul utama kebanyakan hanya menggunakan sepatah kata maupun dua patah kata, maka sub judulnya juga ialah sebuah kalimat yang memiliki makna untuk memperkuat serta mempertegas kesan dari judul pertama.
7. Membuat layout desain brosur menarik dan sesuai
Ketujuh, agar brosur dapat menciptakan keinginan atau desire dari konsumen maka layout total pun wajib dapat mengilustrasikan maupun melukiskan bagaimana keunggulan dari produk dengan baik. buatlah uraian yang menjelaskan lebih cermat apa saja kelebihan produk.
8. Beri space yang cukup
Trik yang kedelapan dengan memberikan space yang cukup, karena jika saja brosur terlalu penuh bisa membuat orang pun malas membaca dan melihat sebab tulisan terlihat kacau. Jika dicermati lagi, brosur yang mencapai kesuksesan ada pada area yang kosong untuk dapat memastikan readybility serta legibility karya desain dari brosur. Area yang kosong ini bisa digunakan untuk mengutarakan apa yang hal yang di tonjolkan.
9. Isi brosur pastikan mencantumkan informasi
Tips yang kesembilan, sesudah customer puas dengan keinginan pada produk dengan menggunakan body copy. Nah, jika sudah begitu maka mereka pun akan segera melakukan take action yang mana mereka akan langsung menghubungi nomor telepon dari perusahaan tersebut. bisa juga langsung datang ke alamat toko terdekat, maupun bisa juga langsung membeli produk yang di iklankan.
Berbagai Macam Jenis Brosur Dan Ukuran Brosur
Sudah kita tahu jika brosur merupakan sebuah wujud promosi yang sering kali digunakan oleh orang. Namun, perlu untuk diketahui jika promosi yang dilakukan dengan menggunakan brosur bukan hanya promosi pada usaha saja karena banyak sekali hal yang dilakukan dengan menggunakan brosur sebagai medianya.
Umumnya brosur sebetulnya sering kali digunakan untuk promosi bisnis mereka sehingga bisa menaikkan mutu dan juga kualitas dari penjualan mereka. Serta kebanyakan akan melakukan penyebaran brosur kerap mereka lakukan pada awal usaha.
Sehingga akan banyak orang yang akan lebih tahu akan usaha yang tengah mereka jalani karena melakukan penyebaran banyak brosur. Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya jika brosur bukan hanya digunakan mempromosikan usaha namun ada hal yang lainnya.
Berikut ini adalah jenis brosur serta ukuran dari brosur:
Ukuran brosur lipat 3
Brosur lipat 3 adalah salah satu brosur yang cukup terkenal dan juga brosur yang kerap digunakan oleh orang dalam melakukan promosi. Untuk ukuran dari brosur lipat 3 ialah menggunakan A4 dengan ukuran 21 x 29,7 cm yang kemudian akan dilipat 3.
Sedangkan brosur 6 halaman biasanya akan bolak balik. Untuk Anda yang menginginkan penampilan dengan aneka macam foto dari produk maupun memiliki materi serta ingin dibagi secara per halaman. Maka brosur lipat 3 adalah pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
Sedangkan untuk ukuran brosur lipat 3 ini tidak hanya menggunakan A4 saja namun bisa disesuaikan kebutuhan dengan menggunakan A5 misalnya.
Ukuran brosur lipat 2
Untuk brosur jenis lipat 2 ini lebih banyak menggunakan ukuran kertas A4 (21 x 29,7) dimana setelah itu akan dilipat menjadi 2 sehingga dapat memiliki 4 halaman yang bolak- balik. Brosur ini memang sangat cocok digunakan Anda jika menginginkan penampilan gambar yang jauh lebih besar.
Ukuran brosur tanpa lipat
Untuk yang selanjutnya adalah brosur yang tidak ada lipatan yang umumnya akan disebut dengan fleyer. Brosur tanpa lipat ini juga menggunakan kertas A4 dan A5 dengan ukuran 14,8 x 21 cm atau bisa juga disebut DL size dengan ukuran ¼ kertas kuarto.
Sedangkan jenis brosur ini akan lebih sesuai untuk yang melakukan iklan dengan informasi yang singkat dan padat. Namun jika menginginkan adanya materi lain bisa menggunakan A4 dengan ukuran 21 x 29,7.
Contoh Brosur Makanan
Contoh dari desain brosur bisa digunakan sebagai bahan referensi maupun gagasan untuk Anda yang memang ingin memberikan dampak yang di jalankan dari promosi dengan brosur tersebut. Salah satu brosur yang menarik adalah ialah brosur makanan, sebab dengan iklan brosur ini tempat makan tersebut akan menjadi jauh lebih terkenal.
Itulah sebabnya jika brosur makanan akan sering dipakai oleh restoran maupun rumah makan guna untuk mempromosikan menu makanan yang mereka miliki. Sehingga dapat menarik banyak pelanggan dan tertarik untuk berkunjung. Biasanya pada desain brosur makanan ini akan di isi bersamaan dengan info mengenai makanan apa saja yang tersedia lengkap pada rumah makan tersebut.
Kemudian nanti juga ada gambar makanan yang menarik dan juga meningkatkan selera yang melihat. Kemampuan dari seorang desain grafis memang di perlukan karena untuk dapat membawa dampak menarik pada brosur makanan dan memikat hari calon pelanggan. Penasaran seperti apa?, berikut ini contoh brosur makanan:
- Sate manis Betawi, aye punya menu gegaresan yang lezat nih. Lontong di guyur ame kuah santen yang sedep, pake ayam di suwir-suwir diatas bihun pake kemangi sama krupuk emping harga 10.000 per porsi.
- Ini dia variasi spesial serba tumis. Biasanya makanan tumis hanya menggunakan sayuran saja, namun rumah makan kami memberikan variasi tumis beragam. Dengan campuran tempe, tahu, ayam, jamur, ikan dan juga daging.
- Catering Malang, siap melayani catering sistem pesan antar untuk pernikahan, rumah dan kantor.
Contoh brosur sekolah
Umumnya untuk brosur sekolah akan lebih banyak membuat keunggulan dari sekolah seperti prestasi akademik dan juga non akademik, sarana prasarana dan kualitas dari staf pengajar. Nah, dibawah ini ada beberapa contoh dari brosur sekolah yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat brosur pendidikan.
- MI Bahrul Ulum Batu menerima peserta didik baru tahun ajaran 2018/2019. Memiliki visi untuk mensukseskan anak dalam prestasi dan budi pekerti. Dengan misi menciptakan manusia yang berkualitas.
- SMK NEGERI 2 CIREBON, menerima peserta didik jurusan marketing. Yang merupakan jurusan berstandar nasional dengan dukungan sarana prasarana yang memadai guna untuk menunjang proses KBM guna menghadapi dunia usaha industri.
- MA Al- Urwatul Wutsqo menerima peserta didik tahun ajaran baru. Sekolah kami memiliki visi berjuang dan berbakti untuk Al-qur’an dengan misi mencetak kader yang militan.
Contoh brosur dalam bahasa inggris
Pada pembuatan brosur bahasa inggris, akan ada istilah brocure. Jika di dalam bahasa Indonesia dengan nama brosur, memang jika di lafal kan akan tidak ada bedanya. Namun, apakah Anda tahu apa maksud dari brosur?. Brosur itu merupakan alat yang digunakan untuk promosi, jasa, barang dan lain sebagainya. Brosur ini dibuat dengan menggunakan bahan kertas yang menampilkan info serta penawaran akan produk dan jasa.
Brosur sendiri juga memiliki beberapa tipe maupun jenis, contohnya saja brosur kuliah, brosur motor, brosur ponsel, brosur sekolah dan masih banyak lagi. Nah, lalu bagaimana jika harus membuat brosur bahasa inggris? . Nah, dari pada penasaran lebih baik simak ulasan contoh brosur dengan teks bahasa inggris dibawah ini:
- This is a special variety of stir-fry. Usually stir-fried food only uses vegetables, but our restaurants provide a variety of stir fry. With a mixture of tempeh, tofu, chicken, mushrooms, fish and meat.
- Catering Jakarta, ready to serve catering delivery system for weddings, homes and offices.
- SMK Ma’arif Malang, accept new students 2018/2019 school year. Have a vision for the success of children in achievement and character. With a mission to create quality people.
Contoh brosur promosi produk
Karena memiliki keperluan promosi suatu produk di dalam bentuk brosur maka para desainer pun wajib untuk dapat mendesain brosur semenarik mungkin. Sehingga nantinya dapat menarik minat dari calon customer. Perhatikan juga mengenai tata letak, penentuan dari kata dan juga warna elemen yang wajib untuk diperhatikan di dalam mendesain brosur baik untuk menggunakan photoshop dan juga coreldraw. Akan tetapi, modal yang paling penting dalam mendesain brosur yang ciamik ialah kreatifitas.
Untuk itulah, disini akan ada banyak referensi untuk bisa menstimulus gagasan sebelum Anda memilih desain dari brosur. Bagi Anda yang bingung ingin membuat brosur produk seperti apa, maka bisa simak ulasan dibawah ini:
- Contoh pertama adalah dari makanan ringan yakni roti, yang mana terdapat kata promosi “empuk bergizi lezat bergizi”. Pada kata promosi menjelaskan tentang produk roti tersebut. Dengan menggunakan kata yang singkat dan juga padat.
- Untuk iklan yang paling umum digunakan pada makanan ringan ialah dengan menggunakan kata promosi seperti halal, higienis, murah, crispy, nikmat, maknyos, beli 2 gratis 1. Kata promosi ini jugalah yang menarik minat dari konsumen.
Nah, itulah ulasan singkat dengan contoh brosur dari masalah desain dan juga tema brosur yang dapat menarik minat masyarakat. Semoga dengan adanya contoh brosur yang ringkas dan juga jelas ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.