4 Cara Jitu untuk Masakan Tumis Anti gãgãl

Masakan tumis selalu jadi satu motivasi utama untuk memulai petualangãn di dapur. Ini dikarenakan menumis adalah teknik masak yang paling bisa diikuti siapapun, berbeda halnya dengãn teknik masak lainnya yang lebih rumit. Namun tetap saja perlu untuk mengetahui seluk beluknya agãr hasil masakan tumis maksimal. Untuk itu, Chef akan berbagi beberapa poin yang bisa kamu coba di rumah.


1. Pilih wajan terlebih dahulu


 selalu jadi satu motivasi utama untuk memulai petualangãn di dapur 4 Cara Jitu untuk Masakan Tumis Anti gãgãl
Teknik stir-fry a la Oriental membutuhkan wok serta minyak yang tahan suhu tinggi. (Foto: Shutterstock)

Beruntung bagi kita yang tinggãl di Asia dan terbiasa dengãn kultur memasak menumis atau stir-frying. Sehinggã biasanya kita sudah memiliki wok khas China. Tapi kalau ingin mencoba yang lain, carilah jenis wajan yang bundar dan agãk dalam. Selain itu, lapisan bawah harus tebal sehinggã kuat dan mampu menghantarkan panas tinggi.


2. Memilih minyak goreng yang tepat


Perkara minyak goreng untuk masakan tumis bisa berpengãruh pada hasil akhirnya. Sebagãi contoh, masyarakat Indonesia biasanya memilih minyak goreng sawit untuk urusan tumis dan goreng. Pilihan yang tepat, karena minyak sawit tahan suhu tinggi dan dipakai untuk proses memasak yang agãk panjang. Alternatif lainnya adalah minyak canola.


Lain halnya dengãn minyak zaitun. Meskipun lebih sehat dan memberikan cita rasa yang lebih sedap, rupanya minyak zaitun kurang tepat dipakai untuk memasak pada wok bersuhu tinggi. Untuk lebih lengkapnya, yuk pelajari 4 jenis minyak yang wajib dimiliki di dapur semua orang.


3. Persiapkan bahan sebelum memasak


 selalu jadi satu motivasi utama untuk memulai petualangãn di dapur 4 Cara Jitu untuk Masakan Tumis Anti gãgãl
Memotong-motong sayuran dalam ukuran sejenis akan menjadikannya matang merata. (Foto: Shutterstock)

Wah, jangãn sampai terjadi ceritanya ketika wajan dan minyak sudah panas tapi ternyata kita baru mempersiapkan bahan-bahannya. Kita pastikan dulu agãr bahan telah dipotong-potong sesuai ukurannya dan siap untuk segera ditumis. Ini dikarenakan proses stir-frying yang menggunakan suhu tinggi biasanya hanya berlangsung beberapa menit saja.


Berikut adalah beberapa tips mempersiapkan bahan-bahan yang paling lazim digunakan:



  • Cincang halus bawang putih.

  • Potong-potong sayuran dalam satu ukuran agãr semuanya dapat matang bersamaan.

  • Potong-potong daging seukuran sekali gigit atau sesuai arahan resep. Ada baiknya jugã kalau daging dibekukan selama 20 menit di freezer agãr nanti lebih mudah dipotong.

  • Gunakan nasi pera untuk berbagãi resep nasi goreng.


4. Terapkan urutan memasak yang benar


Setelah semua siap untuk ditumis, maka jangãn semua bahan kita langsung masak bersamaan. Ternyata ada urutan yang harus diperhatikan agãr bahan-bahan dapat matang secara merata. Ini dikarenakan setiap bahan memiliki ketebalan serta waktu matang yang berbeda-beda. Simak beberapa tips berikut untuk lebih jelasnya:



  • Masukkan daging terlebih dahulu sebelum sayuran.

  • Tambahkan bumbu aromatik hanya di saat terakhir saja dan masak hinggã harum.

  • Tuangkan saus di bagian pertengãhan memasak lalu aduk-aduk. Pastikan agãr semua bahan tercampur rata dengãn saus.

  • Jangãn diamkan masakan begitu saja ketika proses memasak berlangsung. Gunakan spatula atau bolak-balikkan wajan agãr semua bumbu tercampur rata.


Demikian beberapa tips singkat dari Chef untuk urusan masakan tumis kali ini. Semogã tips-tips ini bisa membuatmu bersemangãt untuk memasak lebih sering lagi di dapur. Dengãn memasak sendiri, jam terbang semakin bertambah dan kita akan semakin tertarik mencoba hal-hal baru lainnya!


Butuh beberapa ide resep tumisan? Ayo coba resep Tumis Buncis Telur, Tumis Kangkung Tahu Campur, Tumis Buncis Tahu Tempe, ataupun Tumis Pindang Asam Manis.



Sumber https://www.masakapahariini.com/