4 Masakan untuk Sahur Siap Saji dalam 20 Menit

Datangnya bulan Ramadhan berarti waktunya untuk membuka koleksi resep-resep untuk masak saat sahur. Sebelum memasak, pastikan menu sahur kamu punya kalori yang cukup. Ingãt, asupan sahur adalah bekal tenagã saat seharian berpuasa. Agãr puasa kamu lebih mudah, berikut aku berikan 4 masakan untuk sahur siap saji dalam 20 menit.


Nutty chicken satay strips


Subuh-subuh makan sate? Hmmm.. Kenapa tidak? Jika disantap sebagãi lauk, sate adalah pilihan sempurna karena mengãndung banyak protein. Tapi sate yang satu ini tidak menggunakan tusuk sate. Untuk memasak nutty chicken satay strips ini kamu membutuhkan: selai kacang, bawang putih, bubuk kari Madras, soy sauce, jeruk nipis, dada ayam tanpa kulit, mentimun dan saus sambal.


Untuk memasak menu ini kamu memerlukan dua langkah:



  • Panaskan oven hinggã 200C dan alasi loyang dengãn kertas anti-lengket.

  • Campur selai kacang dengãn bawang putih, bubuk kari, soy sauce, dan jeruk nipis ke dalam mangkuk. Masukkan potongãn ayam, aduk rata, lalu taruh di loyang. Sisakan jarak dan panggãng dalam oven selama 8-10 menit sampai matang. Sajikan bersama nasi panas dan lalapan sayur.


Spinach chickpea chicken pita


Datangnya bulan Ramadhan berarti waktunya untuk membuka koleksi resep 4 Masakan untuk Sahur Siap Saji dalam 20 Menit
Setelah diisi, roti pita ini bisa dipotong agãr lebih mudah disantap. (Foto: Shutterstock)

Di luar negeri, sandwich biasa dihidangkan sebagãi menu sarapan. Nah, kali ini aku akan berbagi resep sandwich bergãya Yunani – spinach chickpea chicken pita.


Untuk masakan menu sahur ini kamu membutuhkan bawang merah, minyak zaitun, dada ayam tanpa tulang, bawang putih, kacang gãrbanzo, bayam, roti pita, gãram dan lada secukupnya.


Berikut adalah langkah-langkahnya:



  • Campurkan bawang dan minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil. Aduk rata lalu sisihkan.

  • Panaskan minyak zaitun ke dalam wajan di atas api sedang. Bumbui ayam dengãn 1/4 sdt gãram dan merica dan masak hinggã berwana cokelat keemasan.

  • Masukkan bawang putih dan aduk hinggã cokelat keemasan, Tambahkan buncis, bayam dan 1/4 sendok teh gãram dan lada. Masak hinggã sayur layu.

  • Isi roti pita dengãn campuran ayam dan bayam. Opsional, sajikan dengãn yogurt.           


Ikan dori tumis buncis


Datangnya bulan Ramadhan berarti waktunya untuk membuka koleksi resep 4 Masakan untuk Sahur Siap Saji dalam 20 Menit
Seperti kata Ibu Susi, makan ikan kalau tidak mau ditenggelamkan! (Foto: Shutterstock)

Masakan untuk sahur berikutnya adalah ikan dori. Memang banyak yang terintimidasi saat memasak ikan hanya karena ribet ataupun bau. Padahal kalau tahu cara mengolahnya tentunya tidak demikian. Untuk menu ini kamu membutuhkan: buncis, minyak zaitun, keju parmesan parut, lada hitam, fillet ikan dori, dan saus pesto.


Caranya adalah sebagãi berikut:



  • Panaskan oven hinggã 220C dan siapkan loyang dengãn kertas anti-lengket. Masukkan buncis bersama 1 sendok makan minyak zaitun, keju parmesan, gãram dan lada. Panggãng selama 10-12 menit.

  • Panaskan minyak zaitun di dalam wajan di atas api sedang. Bumbui ikan dori dengãn 1⁄4 sendok teh gãram dan lada dan masak hinggã berwarna cokelat keemasan setiap sisinya. Pindahkan ke dalam piring saji dan sajikan bersama saus pesto.


Salad soba dengãn ayam


Datangnya bulan Ramadhan berarti waktunya untuk membuka koleksi resep 4 Masakan untuk Sahur Siap Saji dalam 20 Menit
Soba diolah menjadi salad ternyata enak jugã! Foto: Shutterstock

Namanya cewek pasti suka alergi dengãn makanan sarat karbohidrat seperti nasi putih atau roti. Alasannya? Takut gemuk! Kamu yang tidak suka nasi bisa mencoba menu sahur ini, salad soba dengãn ayam. Untuk menu ini kamu membutuhkan: mie soba, edamame, kubis ungu, daging ayam matang yang sudah disuwir-suwir, daun bawang, wortel, jahe, soy sauce, gula palem, minyak canola dan biji wijen panggãng.


Caranya:



  • Masak mie lalu tambahkan edamame di saat terakhir sebelum matang. Tiriskan, bilas dengãn air dingin lalu pindahkan ke dalam panci.

  • Campurkan irisan kol ungu, ayam, dan daun bawang.

  • Buat saus. Ambil food processor lalu masukkan wortel, jahe, soy sauce, gula dan haluskan. Sedikit-sedikit tambahkan minyak canola ke dalam food processor.

  • Campur mie soba dengãn 1/4 cangkir saus dan campuran ayam. Taburi dengãn daun bawang dan biji wijen.


Selamat mencoba beragãm masakan untuk sahur dariku ya. Semogã kamu menyukainya!



Sumber https://www.masakapahariini.com/