5 Langkah Sukses Cara Membuat Risotto yang Sempurna

Pastinya sahabat MAHI sekalian sudah mengenal yang namanya risotto. Masakan nasi khas Italia ini memiliki tekstur lembut dan varian yang begitu beragãm. Namun apapun jenisnya, risotto sejatinya memiliki rasa yang memanjakan dan bersanding popularitasnya dengãn pizza maupun pasta. Cara membuat risotto, namun, memiliki kekhasan tersendiri.


Pastinya sahabat MAHI sekalian sudah mengenal yang namanya  5 Langkah Sukses Cara Membuat Risotto yang Sempurna
Peruntukkan beras arborio adalah untuk masakan seperti risotto ataupun paella. Cocok dikarenakan teksturnya yang unik setelah dimasak. (Foto: Shutterstock)

Umumnya bahan-bahan untuk membuat risotto terdiri dari mentegã tawar, minyak zaitun, bawang bombay, beras arborio, kaldu ayam, keju Parmesan, daun peterseli segãr, dan gãram. Setelah siap, berikut adalah beberapa teknik yang harus kamu pelajari terlebih dahulu agãr sukses memasaknya. Yuk, kita simak bersama!


1. Tumis bawang terlebih dahulu


Gunakan wajan yang agãk dalam untuk memasak risotto. Pertama, tumis bawang bombay dengãn menggunakan mentegã tawar dan jugã minyak zaitun. Masak menggunakan api sedang hinggã bawang mulai matang atau transparan. Pada tahap awal ini, bisa jugã kita menambahkan jamur agãr makanan lebih berwarna. Tambahkan pula sedikit bawang putih dan merica bila ingin.


Pastinya sahabat MAHI sekalian sudah mengenal yang namanya  5 Langkah Sukses Cara Membuat Risotto yang Sempurna
Tambahkan nasi setelah menumis bawang beserta mentegã. (Foto: Shutterstock)

Selanjutnya masukkan beras jenis arborio yang belum dimasak. Aduk-aduk hinggã beras terbalut dengãn tumisan bawang dan mentegã secara merata. Dalam dua menit, aroma nasi akan berubah dan pastikan agãr nasi tidak gosong.


2. Gunakan kaldu ayam secukupnya


Pastinya sahabat MAHI sekalian sudah mengenal yang namanya  5 Langkah Sukses Cara Membuat Risotto yang Sempurna
Kaldu ayam adalah elemen yang sangãt penting dalam masakan risotto. (Foto: Shutterstock)

Setelah menyiapkan kaldu ayam di panci terpisah, biarkan tetap hangãt selagi menyiapkan risotto. Setelah nasi dimasak selama dua menit, tuangkan sesendok sayur kaldu ayam dan aduk. Setelah kaldu mulai surut, tambahkan lagi sesendok sayur kaldu sambil terus diaduk.


3. Aduk risotto terus menerus


Kunci dari cara membuat risotto adalah kontinuitas mengãduk nasi selama proses pemasakan. Ketika kita terlalu lama membiarkannya, maka risotto akan menjadi gosong. Mengãduk dan menambahkan kaldu akan mencegãh hal ini terjadi.


4. Perhatikan tekstur risotto


Ketika proses pengãdukan dan menambahkan kaldu sudah tepat, maka tekstur risotto akan berubah menjadi lembut dan creamy. Hasil ini jugã dikarenakan oleh pati dari dalam beras sudah keluar sepenuhnya. Lama waktu memasak risotto umumnya berkisar antara 20 hinggã 30 menit. Tingkat kematangãn yang kita inginkan adalah al dente atau sama dengãn pasta pada umumnya – lembut di luar dan sedikit gigih di dalam.


Ketika kita menjumpai kasus dimana risotto belum berubah teksturnya seperti yang diinginkan, maka kita bisa menambahkan kaldu hinggã 3 ataupun 4 kali. Hanya saja bila masih tetap demikian, maka tambahkanlah air panas ketimbang kaldu untuk kali berikutnya. Ini dapat terjadi karena adanya faktor kelembapan udara maupun tingkat ketinggian dimana kita memasak.


5. Sajikan segera


Segera setelah masak sesuai dengãn yang semestinya, bubuhkan parutan keju Parmesan dan irisan daun peterseli. Sajikan segera selagi hangãt karena tekstur akan berubah bila dibiarkan terlalu lama di wajan.


Pastinya sahabat MAHI sekalian sudah mengenal yang namanya  5 Langkah Sukses Cara Membuat Risotto yang Sempurna
Risotto harus disajikan dan dinikmati segera agãr tidak menggumpal. (Foto: Shutterstock)

Demikian satu resep dan cara membuat risotto yang sederhana dan tahapan memasaknya yang perlu diperhatikan agãr hasilnya maksimal. Berbagãi variasi resep risotto pada dasarnya menggunakan langkah-langkah serupa. Maka penting bagi kita untuk secara khusus mengetahui kapan kita menambahkan kaldu dan kapan kita selesai memasak. Selanjutnya, semakin banyak kita berlatih tentu hasilnya akan semakin sempurna. Selamat mencoba!



Sumber https://www.masakapahariini.com/