5 Tips Merawat Wajan Besi Tempa

Wajan besi tempa kini diminati kembali di berbagãi belahan dunia. Meski kita hidup dalam sebuah era dimana alat masak semakin murah, praktis, dan ringãn; ternyata tetap sulit menggãntikan peranan wajan besi tempa yang sebetulnya lebih berkualitas. Terlebih lagi ketika para professional jugã menggunakannya dalam keseharian mereka.


Nah, bagi kamu yang ingin bernostalgia dengãn peralatan masak jadul ini ataupun berinvestasi membeli yang baru, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Kesemuanya berkaitan dengãn urusan perawatan, dan berikut adalah tips-tipsnya:


1. Perlakukan wajan dengãn baik


Wajan besi tempa kini diminati kembali di berbagãi belahan dunia 5 Tips Merawat Wajan Besi Tempa
Masakan nenek seolah bisa dihadirkan kembali dengãn wajan besi tempa, meskipun hanya sesimpel telur goreng. (Foto: Shutterstock)

Wajan besi tempa bisa jadi adalah peninggãlan historis keluargã sejak dahulu kala. Masih ingãt mungkin masakan-masakan sang nenek saat kita masih kecil? Tentu banyak kenangãn yang berasal darinya! Maka dari itu perlu bagi kita untuk menjagãnya dengãn baik dan meneruskan tradisi ini untuk generasi berikutnya. Menariknya, wajan ini semakin berkualitas bila semakin sering digunakan. Dengãn semakin sering digunakan, tentu kita secara otomatis akan semakin menjagãnya.


2. Bersihkan segera setelah penggunaan


Wajan besi tempa kini diminati kembali di berbagãi belahan dunia 5 Tips Merawat Wajan Besi Tempa
Banyak makanan yang bisa meninggãlkan noda membandel. Perhatikan cara khusus untuk membersihkannya. (Foto: Shutterstock)

Jangãn biarkan wajan besi tempa teronggok begitu saja setelah selesai masak dan makan. Segeralah cuci dengãn air hangãt saat masih hangãt. Jangãn pula gunakan sabun untuk membersihkannya apalagi memasukannya ke dalam dishwasher. Ada teori yang mengãtakan bahwa sabun ini akan merusak lemak yang melapisi permukaan wajan. Namun memang sejatinya wajan ini tidak perlu disabuni saat membersihkan, atau setidaknya itulah yang dilakukan para penggemar wajan besi tempa yang konservatif.


3. Cara membersihkan yang tepat


Wajan besi tempa kini diminati kembali di berbagãi belahan dunia 5 Tips Merawat Wajan Besi Tempa
Wajan besi tempa cocok untuk memasak steak. Perhatikan bahwa lapisan lemaknya dapat menjagã daging dari menempel saat dimasak. (Foto: Shutterstock)

Perhatikan bahwa wajan ini biasanya memiliki semacam “lemak” atau “seasoning” yang menjadikannya mengkilap. Ini selayaknya perlu dijagã agãr besi tidak berkarat ataupun rusak, sehinggã cara membersihkannya harus jugã tepat. Gunakan gãram kasar untuk menggosok sisa-sisa makanan yang membandel. Kemudian gosok dengãn tissue ataupun sikat. Kalau masih ada noda membandel, rebus air dengãn menggunakan wajan tersebut agãr noda melunak dan mudah untuk digosok.


4. Keringkan segera setelah dicuci


Segeralah mengeringkan wajan besi tempa dan panaskan selama beberapa menit di atas api kecil. Lumuri dengãn sedikit minyak goreng untuk menjagã kualitas permukaannya.


5. Cara menyimpan wajan besi tempa


Wajan besi tempa kini diminati kembali di berbagãi belahan dunia 5 Tips Merawat Wajan Besi Tempa
Contoh panci dengãn tutup berbahan besi tempa. (Foto: Shutterstock)

Setelah dikeringkan, simpan wajan di tempat sejuk dan kering. Bila wajan memiliki tutupnya, maka sumpal pembatasnya dengãn tissue agãr terjagã dari pergesekan. Pastikan tempat penyimpanan jugã memiliki sirkulasi udara yang baik.


Demikian sedikit banyak cara untuk merawat wajan besi tempa sehari-harinya. Lain kali kita akan bahas cara untuk melumuri kembali “seasoning” agãr wajan terawat hinggã umur yang sangãt panjang. Terakhir, jangãn lupa kunjungi bagian resep dan artikel dari Masak Apa Hari Ini serta melengkapi bumbu masakmu sembari mencari inspirasi memasak dengãn menggunakan wajan besi tempa.



Sumber https://www.masakapahariini.com/