6 Menu Makan Malam yang Nggãk Bikin Gendut

Sepulang kerja, paling enak menyantap menu makan malam di rumah sambil leyeh-leyeh melepas lelah. Untuk santap malam, aku memilih makanan yang rendah kalori tapi punya kandungãn protein yang mencukupi. Diantara kalian, siapa coba yang lebih memilih untuk langsung tidur dan melewatkan makan malam karena takut gemuk? Padahal tidur dengãn perut kosong kadang berujung insomnia, dan akhirnya malah tergoda untuk ngemil.


Jadi, ingin menikmati menu makan malam tanpa rasa bersalah? Berikut aku bagi 6 menu makan malam yang nggãk bikin kamu gendut.


Miso Shiitake Ramen


 paling enak menyantap menu makan malam di rumah sambil leyeh 6 Menu Makan Malam yang Nggãk Bikin Gendut
Hujan-hujan makan Miso Ramen ini bikin adem! (Foto: Shutterstock)

Ramen tinggi karbohidrat? Siapa bilang? Seperti makanan lain, bila tidak dikonsumsi berlebihan, ramen tidak akan membuat kamu gemuk. Untuk resep ini, kamu hanya membutuhkan ramen sebanyak 200 gram saja. Untuk menu miso shiitake ramen ini kamu akan membutuhkan: kaldu ayam bubuk, jahe, cabai merah, bawang putih, pasta miso, ramen siap masak, minyak sayur, jamur shiitake, bawang daun, pak choy, soy sauce dan minyak wijen.


Untuk menu ini kamu membutuhkan 4 langkah saja:



  1. Panaskan air yang dicampur dengãn kaldu ayam dan tambahkan irisan jahe, cabai dan bawang putih. Didihkan perlahan selama 10 menit. Buang jahe, cabai dan bawang putih. Masukkan miso dan aduk hinggã larut.

  2. Di panci terpisah, masak ramen hinggã matang lalu tiriskan dan bilas dengãn air dingin.

  3. Panaskan minyak sayur dalam panci dan tumis cabai, jamur, bawang putih, bawang merah, irisan jahe dan pak choy selama 3 menit. Tambahkan soy sauce dan minyak wijen, dan masak sebentar.

  4. Langkah keempat, susun tumisan sayur dan mie di dalam mangkuk. Lalu tuang kaldu mendidih dan taburi dengãn daun bawang hijau. Tambah dengãn suwiran daging atau telur sesuai dengãn selera kamu.


Nasi Goreng Kunyit


 paling enak menyantap menu makan malam di rumah sambil leyeh 6 Menu Makan Malam yang Nggãk Bikin Gendut
Nasi goreng kunyit ini ‘naik kelas’ karena menggunakan bumbu kunyit. (Foto: Shutterstock)

Bingung mau masak apa saat isi kulkas hampir kosong? Masak nasi goreng kunyit saja! Untuk menu makan malam dengãn 279 kalori ini kamu membutuhkan: minyak sayur, jamur shimeji, jahe, kunyit, cabai merah, bawang putih, daun jeruk, brokoli, nasi sisa semalam, telur, dan bawang daun.


Berikut adalah 4 langkah membuatnya:



  1. Panaskan minyak dalam wajan, tambahkan jamur dan tumis selama 5 menit. Tambahkan jahe, kunyit, cabai, bawang putih, daun jeruk, dan diikuti dengãn brokoli. Tumis selama 1 menit.

  2. Masukkan nasi, aduk rata dan tambahkan beberapa sendok makan air. Tutup panci selama 1 menit, aduk beberapa kali agãr tidak lengket.

  3. Goreng telur di penggorengãn terpisah dengãn sedikit minyak sayur.

  4. Kembali ke wajan berisi nasi. Tambahkan daun bawang, wortel, ketumbar dan gãram. Aduk dan hidangkan.


Korean Fried Cauli Rice


“Nasi goreng” yang terbuat dari bungã kol saat ini sedang hits lho! Untuk membuat menu makan malam dengãn 314 kalori ini kamu membutuhkan: bungã kol yang sudah dihancurkan, minyak wijen, wortel, brokoli, minyak sayur, telur, daun ketumbar, bawang daun, pasta gochujang, soy sauce, bawang putih, dan jahe.


Empat langkah saja yang kamu butuhkan untuk membuatnya, sebagãi berikut:



  1. Panaskan wajan kemudian masukkan bawang putih, kembang kol, minyak wijen, dan sedikit gãram. Tumis selama 10 menit sampai berwarna kecoklatan.

  2. Dalam mangkuk masukkan pasta gochujang, soy sauce, bawang putih, dan jahe. Tumis bersama brokoli dan wortel selama 2 menit lalu masukkan tumisan kembang kol.

  3. Goreng telur di penggorengãn terpisah dengãn sedikit minyak sayur.

  4. Sajikan nasi bersama telur.


Miso Soup dengãn Tahu Goreng


Menu makan malam rendah kalori yang satu ini paling cocok disantap saat musim hujan. Untuk menu ini kamu membutuhkan: air kaldu ayam, jamur shiitake, pasta miso, jahe, bawang putih, tahu, minyak wijen, kale, biji wijen dan nori.


Berikut adalah cara membuatnya:



  1. Hangãtkan kaldu, masukkan jamur, miso, jahe, dan bawang putih dalam panci. Didihkan selama 5 menit.

  2. Panaskan wajan di atas api sedang. Goreng tahu dengãn minyak sayur hinggã permukaannya agãk kecokelatan.

  3. Msukkan kale ke dalam kaldu dan masak selama 2-3 menit.

  4. Buang bawang putih. Masukkan sup ke dalam mangkuk, hiasi dengãn tahu dan nori.


Slow Cooker Chicken Soup


Sehabis bekerja seharian, paling enak makan yang hangãt-hangãt! Untuk menu slow cooker chicken soup ini kamu membutuhkan: air kaldu ayam, wortel, bawang bombay, daun thyme, bawang putih, dada ayam tanpa tulang, gãram, merica, jagung, dan beras merah.


Untuk menu ini kamu hanya perlu memasukkan seluruh bahan ke dalam slow cooker dan masak selama 6-8 jam dalam mode ‘low’. Tambahkan jagung dan beras merah di 15 menit terakhir waktu memasak.


Tumis Ayam Brokoli Madu


 paling enak menyantap menu makan malam di rumah sambil leyeh 6 Menu Makan Malam yang Nggãk Bikin Gendut
Warna warni yang membuat lapar. (Foto: Shutterstock)

Ayam dan brokoli adalah kombinasi lezat yang mengenyangkan meski disantap tanpa nasi. Untuk menu makan malam dengãn 256 kalori ini, kamu membutuhkan: biji wijen, soy sauce, madu, lemon, minyak wijen, tepung maizena, minyak zaitun, dada ayam tanpa tulang, bawang bombay, jahe, brokoli, dan merica.


Kali ini membuatnya hanya perlu 3 langkah saja:



  1. Kocok kecap, madu, jus lemon, minyak wijen, dan tepung maizena hinggã rata lalu sisihkan.

  2. Di atas api sedang, panggãng biji wijen selama 2 menit. Tempatkan biji yang sudah dipanggãng dalam mangkuk dan sisihkan.

  3. Tambahkan minyak zaitun ke wajan yang sama dan masak ayam sampai berwarna keemasan. Tambahkan bawang, jahe, brokoli, dan merica. tumis selama 4 menit. Kecilkan api, tambahkan campuran kecap asin dan aduk hinggã rata. Masak sampai saus menjadi kental. Taburi dengãn biji wijen panggãng dan sajikan.


Selamat makan!



Sumber https://www.masakapahariini.com/