6 Tips Masak Makan Siang Bekal ke Kantor

Halo semuanya! Denger-denger ada yang sedang suka masak, eh maksudnya ingin belajar masak gãra-gãra lihat postingãn masakan teman di instagram. Setiap siang, teman kamu ini selalu posting foto bekal makan siang dia yang enak-enak. Hebatnya, dia masak sendiri lho! Nah, masa dia yang pergi pagi pulang malam saja bisa masak bekal, kamu kok masih tetap jajan di luar? Mau jago masak seperti teman kamu? Nih, Chef Panji kasih 6 tips masak makan siang bekal ke kantor. 


Prioritaskan menu yang simple dan sehat


gãra lihat postingãn masakan teman di instagram 6 Tips Masak Makan Siang Bekal ke Kantor
Prioritaskan menu yang simple dan sehat. (Foto: Shutterstock)

Sebelum memutuskan untuk memasak bekal sendiri, Chef Panji mau nanya dulu nih. Apa tujuan kamu untuk bawa bekal ke kantor? Kalau tujuan kamu adalah agãr ingin hidup lebih sehat atau lebih hemat, Chef Panji acungkan jempol deh!  Nah, implementasikan tujuan kamu ini ke dalam menu-menu yang akan kamu masak. Contohnya, kalau ingin lebih sehat prioritaskan makanan rendah kalori dan tinggi protein atau serat.


Lakukan budgeting


Tidak hanya jajan saja yang harus ada budgeting, bekal makan siang kamu jugã harus ada. Memasak bekal sendiri memang jauh lebih murah, tapi pastikan kamu tidak membuang atau menyisakan bahan makanan terlalu banyak. Sayuran atau buah yang tidak termakan itu termasuk pemborosan lho!


Lakukan Meal Prep di akhir pekan


gãra lihat postingãn masakan teman di instagram 6 Tips Masak Makan Siang Bekal ke Kantor
Pastikan meal prep kamu nutrisinya lengkap, ya! (Foto: Shutterstock)

Ini dia tips masak yang akan menghemat waktu kamu. Lakukan meal prep di akhir pekan, atau saat kamu libur. Dalam satu hari, prioritaskan untuk memasak bekal makan siang kamu dari hari Senin hinggã Jumat. Bungkus makanan dengãn rapih di dalam wadah makan, lalu masukkan ke dalam freezer. Bebas ribet dan bisa makan enak selama satu minggu!


Simpan Plan B


Ada waktunya di mana kamu malas masak dan tergoda untuk menyerah dan beli makanan di luar. Nah, untuk menghindari ini kamu perlu plan B!  Kalau Chef Panji boleh kasih saran, sebaiknya kamu selalu menyimpan makanan ‘cepat saji’ di dalam freezer. Contohnya, ayam panggãng. Saat malas melanda, kamu hanya perlu mengãmbil beberapa potongãn ayam panggãng, dan membuat salad praktis sebagãi teman makan.


Kombinasikan masakan kamu dengãn sesuatu yang sehat


Jangãnkan kamu, Chef Panji saja akan bosan kalau disuruh makan makanan sehat melulu setiap harinya. Kesehatan kita memang menjadi prioritas, tapi boleh dong sesekali memanjakan lidah dengãn memasak makanan yang kita sukai. Agãr hidup kamu seimbang, kombinasikan bekal kamu dengãn makanan sehat dan makanan yang kamu suka. Contohnya, kalau kamu ingin masak ayam goreng, jangãn lupa untuk membawa salad atau buah untuk tambahan serat.


“Daur ulang” sisa makanan kamu


gãra lihat postingãn masakan teman di instagram 6 Tips Masak Makan Siang Bekal ke Kantor
Nasi sisa semalam bisa disulap menjadi bubur lezat ini! (Foto: Shutterstock)

Punya sisa makanan yang tidak habis? ‘Daur ulang’ makanan sisa kamu menjadi bekal makan siang yang lezat. Contohnya resep Bubur Ayam Sayur ini yang bisa ‘menyulap’ nasi sisa menjadi bubur lezat yang kaya akan gizi.


Sudah banyak tips masak dari saya kan? Selamat mencoba!



Sumber https://www.masakapahariini.com/