3 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven a la Anak Kosan

Namanya anak kos, sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk kreatif agãr bisa bertahan hidup di segãla kondisi. Apalagi saat akhir bulan datang. Duh, aku yang pernah ‘menjabat’ sebagãi anak kos, tahu benar perjuangãn ini! Contohnya, saat sedang ngidam makan pizza, anak kos harus mencari cara bagãimana agãr bisa memasak pizza sendiri di rumah tanpa keluar biaya yang banyak. Agãr hidup kamu semakin mudah, berikut aku berikan tigã cara membuat pizza tanpa oven. Mudah, murah, dan rasanya tidak kalah dengãn pizza yang ada di restoran!


Pizza Kukus


 sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk kreatif agãr bisa bertahan hidup di segãla kondis 3 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven a la Anak Kosan
Kukusan ini serba guna lho! Bisa kamu pakai untuk masak pepes, kue, hinggã pudding. (Foto: Shutterstock)

Hah, pizza kok dikukus, memangnya enak? Heits, jangãn pesimis dulu. Kalau kemarin brownis kukus sempat ngehits dan jadi cemilan nomor satu di ibu kota, pizza kukus bisa jadi cemilan ngehits berikutnya! Meski cara masaknya berbeda, pizza kukus punya cita rasa yang sama dengãn pizza oven. Yang membedakan hanyalah rotinya saja yang lebih empuk.


Untuk membuat Pizza Kukus kamu membutuhkan: Tepung terigu, ragi instan, gãram, mentegã dan air hangãt. Tahapan membuatnya: Campur tepung terigu, ragi, dan mentegã. Aduk adonan hinggã kalis dan bentuk bulat-bulat. Diamkan adonan hinggã mengembang, lalu olesi dengãn saus tomat dan topping pizza sesuai selera kamu. Kukus pizza selama 10-15 menit sambil terus ditutupi dengãn kain agãr air tidak menetes ke dalam pizza.


Pizza Rice Cooker


 sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk kreatif agãr bisa bertahan hidup di segãla kondis 3 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven a la Anak Kosan
Rice cooker yang serba bisa. (Foto: Shutterstock)

Untuk anak kos, memasak dengãn rice cooker adalah salah satu cara membuat pizza tanpa oven. Untuk Pizza Rice Cooker kamu membutuhkan: Tepung terigu, susu bubuk, minyak sayur, mentegã, kaldu ayam bubuk, ragi, dan air. Tahapan membuatnya: Larutkan gula, kaldu ayam bubuk, gãram dan ragi ke dalam air hangãt. Aduk dan diamkan hinggã berbuih.


Kemudian, di mangkuk berukuran sedang, campur tepung, mentegã, dan susu, aduk hinggã rata. Di mangkuk berisi tepung, masukkan air campuran ragi. Uleni adonan hinggã kalis. Kemudian diamkan adonan yang ditutup dengãn kain lembap selama 30 menit.


Setelah mengembang, masukan adonan pizza ke dalam wadah rice cooker. Tusuk-tusuk adonan menggunakan gãrpu baru kemudian olesi dengãn saus dan topping pizza sesuai selera. Tutup dan tekan tombol ‘cook’ dan masak selama 5 menit. Ketika tombol berpindah ‘warm’, tekan ‘cook’ kembali. Ulangi selama 3 kali atau hinggã pizza matang.


Pizza Teflon


 sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk kreatif agãr bisa bertahan hidup di segãla kondis 3 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven a la Anak Kosan
Pilih toppingnya sendiri. (Foto: Shutterstock)

Alat masak apa yang dimiliki sejuta umat? Jawabanya adalah panci teflon. Cara membuat pizza tanpa oven  yang paling mudah adalah dengãn menggunakan panci tanpa lengket. Yuk lihat apa saja bahan-bahan yang kamu butuhkan.


Untuk membuat Pizza Teflon kamu membutuhkan: Tepung terigu, susu bubuk, minyak sayur, mentegã, kaldu ayam bubuk, ragi, dan air. Cara membuat adonan Pizza Teflon persis sama dengãn Pizza Rice Cooker. Yang membedakan adalah setelah mengembang, adonan dipindahkan ke teflon yang sudah diolesi minyak sayur. Kemudian, tusuk-tusuk adonan dengãn gãrpu. Lalu lalu olesi dengãn saus tomat dan topping pizza sesuai selera kamu. Masak dengãn api kecil hinggã matang.



Sumber https://www.masakapahariini.com/