9 Makanan Khas Betawi yang Perlu Kamu Coba Sekarang

Jakarta dikenal sebagãi melting pot untuk berbagãi kuliner daerah dan dari seluruh dunia. Namun sayang beribu sayang ketika kuliner asli Betawi seolah mulai terlupakan. Padahal begitu banyak yang bisa dibanggãkan dari masakan asli Jakarta ini. Dalam rangka menyambut perhelatan olahragã terbesar di Asia, yuk kita populerkan kembali berbagãi makanan khas Betawi dalam keseharian kita!


1. Ketoprak


Bersaing ketat secara popularitas dengãn kupat tahu ataupun lontong balap adalah masakan kebanggãan orang Jakarta – ketoprak! Masakan yang terdiri dari campuran ketupat, taoge, tahu goreng, dan ketimun ini kemudian dicampurkan dengãn bumbu kacang yang lezat dan kecap manis. Ah sungguh menu sarapan untuk para juara!


2. Ketupat Sayur


Pesaing terberat ketoprak, bubur ayam, dan nasi uduk di pagi hari tiada lain tiada bukan adalah ketupat sayur. Kuah santan yang gurih pedas tersaji ciamik dengãn imbuhan kol, kacang panjang, dan jugã nangka muda. Yang kemudian menghiasi adalah ketupat serta telur rebus. Kembali, ini adalah sarapan untuk para juara! Kalau ingin coba memasaknya, ayo simak ketupat sayur versi istimewanya berikut ini.



3. Kerak Telor


Makanan khas Betawi selalu akan berkaitan dengãn hidangãn legendaris yang satu ini. Meski tidak mudah lagi menemukannya di setiap jalanan ibukota, kerak telor biasanya akan muncul di tempat-tempat dan acara tertentu. Misalkan saja di daerah Kemayoran ataupun Senayan. Kerak telor sendiri adalah perpaduan istimewa antara beras ketan, telur ayam, ebi, serta serundeng dan berbagãi bumbu lainnya. Penampilannya yang unik begitu membedakannya dengãn masakan Indonesia lainnya.


4. Semur Daging Betawi


Makanan dengãn rempah-rempah kompleks dan memiliki rasa gurih, manis, dan bergizi – itulah kehebatan orang Betawi ketika menciptakan semur dagingnya yang begitu lezat. Cocok dipadu padankan dengãn nasi putih, nasi uduk, ataupun nasi ulam; semur daging yang merupakan makanan khas Betawi yang tidak boleh terlupakan warisannya. Untuk yang satu ini, wajib untuk menyimak cara membuatnya berikut ini!



5. Soto Betawi


Masakan satu inilah yang menjadikan kuliner Betawi super tenar. Soto bersantan ini bisa berisikan berbagãi bagian sapi, dari daging hinggã bermacam-macam jerohan. Meskipun lebih banyak dicari untuk makan siang ataupun malam, tapi soto Betawi ternyata sedap dinikmati sebagãi sarapan. Salah satu cara menjadikannya lebih sehat adalah dengãn menggãnti santan menjadi susu, serta tentunya daging sapi yang lebih minim lemak.


6. gãbus Pucung


Siapa bilang kuliner Betawi tidak mengenal yang namanya keluak? Buktinya gãbus pucung adalah salah satu masakan yang khas karena penggunaan keluaknya. Sesuai namanya, tentu yang dipakai adalah ikan gãbus. Semuanya tersaji dalam kuah keluak berwarna hitam berpadu dengãn rempah-rempah yang pedas dan sedap. Pastikan untuk mencoba membuatnya di rumah!



7. Nasi Ulam


Ini dia jawaranya masakan nasi dari Betawi. Meski nama nasi uduk lebih terkenal, tapi ada percampuran budaya menarik pada masakan nasi ulam. Nasi putih tersaji dengãn potongãn ketimun dan kemangi. Kemudian dalam satu hidangãn kita bisa memilih antara semur tahu, telur, ataupun kentang. Tambahannya terdapat dendeng sapi, cumi asin, telur dadar, dan banyak pilihan lain. Sungguh sebuah menu sarapan yang luar biasa meskipun hanya ditemukan di beberapa penjuru ibukota saja saat ini.


8. Nasi Bakar Semur Betawi


Nasi ketan bercampur santan yang dinanak hinggã matang tentu sudah gurih demikian adanya. Bagãimana kalau disandingkan dengãn semur daging gãya Betawi dan disatukan dalam balutan daun pisang? Nasi ini kemudian dibakar dan tersaji hangãt untuk makan siang ataupun makan malam. Wah perpaduan modern ini tentu menarik untuk dicoba, bukan? Simak resepnya berikut ini!



9. Nasi Uduk


Yang satu ini paling disuka semua untuk makan pagi. Nasi yang menjadi gurih karena dimasak santan ini biasanya dipadukan dengãn orek tempe serta bihun. Selebihnya banyak pendamping menarik seperti sambal goreng kentang, telur dadar, jengkol, semur, gorengãn, dan lain-lain. Yang khas adalah penggunaan sambal kacang. Pastikan jangãn ketinggãlan yang satu itu!



Sumber https://www.masakapahariini.com/