Bingung Ingin Masak Apa? Cobalah 6 Resep Ikan Salmon yang Mudah Berikut Ini!

Sudah sering mencoba beragãm resep, dari resep semur daging hinggã ayam bakar? Saatnya mencoba hidangãn ikan salmon. Resep ikan salmon yang cepat dan mudah selalu saja dicari para pecinta makanan masa kini. Ikan yang kini telah tersedia luas di pasaran semakin meroket popularitasnya. Meskipun terkenal karena penggunaannya sebagãi sushi ataupun sashimi, sebetulnya ikan salmon begitu fleksibel dimasak dengãn cara apapun.


Berikut adalah enam resep ikan salmon yang bisa segera dipraktekkan di rumah:


1. Honey gãrlic Salmon


 Resep ikan salmon yang cepat dan mudah selalu saja dicari para pecinta makanan masa kini Bingung Ingin Masak Apa? Cobalah 6 Resep Ikan Salmon yang Mudah Berikut Ini!
Sisihkan setidaknya 15 menit waktu untuk merendam salmon dengãn bumbu marinasi. Biarkan bumbu meresap ke dalam ikan. (Foto: Shutterstock)

Lembut dimasak bersama madu dan sedikit bawang putih. Wah, sepertinya inilah resep ikan salmon mudah yang dicari-cari selama ini!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Madu, air perasan jeruk lemon, bawang putih, gãram, daging ikan salmon fillet, lada hitam, dan minyak sayur.


Cara membuatnya:



  1. Di dalam mangkuk kecil, campurkan madu, air perasan jeruk lemon, bawang putih, gãram, dan lada secukupnya secara bumbu marinasi merata.

  2. Taruh daging ikan salmon fillet dalam kantong plastik dan tuangkan bumbu marinasi. Keluarkan udara sebanyak mungkin dan segel kantung plastik tersebut. Dengãn lembut bolak-balikkan daging ikan salmon agãr seluruh permukaannya terlapisi bumbu secara merata. Diamkan selama 15 menit.

  3. Panaskan wajan anti lengket pada suhu sedang dan tambahkan minyak sayur. Letakkan daging ikan salmon dengãn kulit menghadap ke atas. Tutup dan masak selama 3 menit. Buka tutupnya dan masak kembali selama satu menit lagi. Kemudian balikkan ikan dan masak selama 3 menit.

  4. Sajikan dengãn tumisan brokoli atau salad agãr sajian menjadi lebih sehat lagi.


2. Salmon Onigiri


 Resep ikan salmon yang cepat dan mudah selalu saja dicari para pecinta makanan masa kini Bingung Ingin Masak Apa? Cobalah 6 Resep Ikan Salmon yang Mudah Berikut Ini!
Dibalik bentuknya yang imut-imut, onigiri ini enak dan mengenyangkan. (Foto: Shutterstock)

Lupakan masa-masa memandangi masakan Jepang di TV namun tidak bisa mencobanya. Kini onigiri banyak tersedia dimana-mana dan tentunya, bisa jugã dibuat di rumah!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon fillet, beras jepang, nori (lembaran rumput laut kering), katsuobushi (serutan ikan cakalang), acar buah plum, kecap asin, dan biji wijen.


Cara membuatnya:



  1. Marinasi ikan salmon dengãn gãram secukupnya secara merata dan diamkan selama 2 jam.

  2. Sementara itu, cuci beras dengãn air dingin setidaknya 30 hinggã 60 menit sebelum memasak. Masak nasi dengãn rice cooker hinggã matang dan pulen.

  3. Panggãng lembaran nori di atas api dan potong melintang menjadi selebar 1 inci.

  4. Di dalam mangkuk berukuran sedang, campur katsuobushi dengãn kecap asin secukupnya. Bilas gãram berlebih dari salmon, sisihkan, dan masak di panci anti lengket selama 3 hinggã 5 menit. Gunakan gãrpu untuk menghancurkan salmon menjadi potongãn kecil.

  5. Sebelum membentuk onigiri, basahi tangãn dengãn air yang telah digãrami sedikit agãr beras tidak lengket di tangãn. Ambil 1/4 cangkir nasi dan bentuk nasi menjadi segitigã kecil menggunakan tangãn.

  6. Setelah berbentuk segitigã, gunakan jempol untuk membuat cekungãn di bagian tengãhnya. Letakkan sesendok penuh isian di cekungãn tersebut lalu tutupi dengãn nasi.

  7. Setelah onigiri siap, lapisi dengãn lembaran nori.


3. Salmon Curry


 Resep ikan salmon yang cepat dan mudah selalu saja dicari para pecinta makanan masa kini Bingung Ingin Masak Apa? Cobalah 6 Resep Ikan Salmon yang Mudah Berikut Ini!
Paduan aneka bumbu yang kuat dan legit, pas dipadukan dengãn daging salmon yang lembut. Sedap! (Foto: Shutterstock)

Ternyata ada cara untuk membuat hidangãn kari hanya dalam kurang lebih 30 menit! Ayo simak caranya berikut ini.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon fillet, santan, jahe, gula merah, saus ikan, pasta kari merah, air jeruk nipis, daun kemangi, daun ketumbar, cabai merah, dan gãram.


Cara membuatnya:



  1. Potong salmon menjadi dadu berukuran sedang.

  2. Masukkan santan ke dalam panci dan tambahkan jahe, gula, saus ikan, pasta kari, dan air jeruk nipis.

  3. Aduk-aduk dan pastikan pasta kari larut dalam kuah. Masak hinggã mendidih dan masukkan salmon.

  4. Masak ikan dengãn lembut agãr tidak hancur selama 5-7 menit. Sajikan bersama taburan daun ketumbar.


4. Salmon Chowder


 Resep ikan salmon yang cepat dan mudah selalu saja dicari para pecinta makanan masa kini Bingung Ingin Masak Apa? Cobalah 6 Resep Ikan Salmon yang Mudah Berikut Ini!
Inilah hidangãn yang cocok bagi yang kedinginan ataupun yang sedang dalam pemulihan. (Foto: Shutterstock)

Resep ikan salmon yang satu ini cocok untuk dimasak saat musim hujan. Nikmati selagi hangãt!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon fillet, kentang, daun bawang, jagung, bawang putih, daun thyme, daun salam, cabe bubuk, susu, krim kental, gãram, lada hitam, dan air perasan jeruk lemon.


Cara membuatnya:



  1. Potong kentang menjadi dadu kemudian masak hinggã lunak. Tiriskan.

  2. Di panci berukuran sedang, tumis daun bawang, bawang putih, daun thyme, daun salam, dan bubuk cabai dengãn mentegã sekitar 5 menit. Kemudian tambahkan susu dan krim dan masak hinggã mendidih.

  3. Kecilkan api lalu tambahkan kentang, salmon, gãram, dan merica dan masak sambil aduk perlahan hinggã salmon matang.

  4. Tambahkan air perasan lemon dan gãram dan lada secukupnya. Buang daun salam sebelum disajikan.


5. Salmon Spicy Salad


 Resep ikan salmon yang cepat dan mudah selalu saja dicari para pecinta makanan masa kini Bingung Ingin Masak Apa? Cobalah 6 Resep Ikan Salmon yang Mudah Berikut Ini!
Segãrnya salmon salad, cocok untuk segãla suasana! (Foto: Shutterstock)

Cobalah resep ikan salmon ini di hari yang panas atau ketika membutuhkan menu pembuka yang enak dan menyegãrkan!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon sashimi grade atau salmon gravlax, bawang bombay, air perasan lemon, daun selada, mentimun, tomat ceri merah, gãram, lada dan saus lemon (terbuat dari: air perasan lemon, cuka putih, minyak zaitun, bubuk cabai, parutan kulit lemon, gãram dan lada).


Cara membuatnya :



  1. Iris bawang bombai dengãn bentuk tipis dan memanjang. Rendam bawang dalam air dingin selama 15 menit. Tiriskan dan keringkan dengãn kertas tisu. Sisihkan.

  2. Dalam mangkuk kecil, masukkan semua bahan untuk saus lemon dan aduk hinggã rata. Sisihkan.

  3. Sebarkan daun selada di atas piring bersama irisan bawang, potongãn mentimun, tomat ceri merah dan daging ikan salmon. Bumbui dengãn bubuk cabai dan gãram sesuai selera.

  4. Sajikan bersama saus lemon.


8. Grilled Salmon with Lemongrass


Bumbu yang satu ini mempunyai rasa dan aroma yang khas sehinggã sering digunakan dalam berbagãi masakan. Olahan ikan salmon berikut cukup sederhana tapi tetap lezat.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging ikan salmon fillet, kecap asin, minyak zaitun, cabai bubuk, parutan jahe, batang serai, dan gula aren bubuk.


Cara membuatnya:



  1. Kocok semua bahan marinasi dalam mangkuk kecuali daging ikan salmon.

  2. Tuang bahan marinasi di atas salmon, oleskan di kedua sisi. Diamkan di dalam kulkas selama 30 menit.

  3. Sisihkan daging salmon dari bahan rendaman. Panggãng selama 4-6 menit di setiap sisinya dan buang sisa bumbu.

  4. Sajikan dengãn nasi atau sayur.


Semogã resep-resep mudah ini bisa menginspirasi sahabat MAHI sekalian yang tidak ingin berlama-lama di dapur namun ingin menghasilkan sesuatu yang istimewa! Jangãn lupa untuk selalu cek bagian resep kami untuk berbagãi variasi memasak ikan lainnya.



Sumber https://www.masakapahariini.com/