Bukan Hanya Rendang, Inilah Makanan Tradisional Indonesia yang Semakin Mendunia!

Makanan tradisional Indonesia memang tak tertandingi dan tak tergãntikan. Terbukti, beberapa makanan khas Nusantara sukses merebut hari para pencinta kuliner di mancanegãra dan mencuri perhatian dunia. Sebut saja mislanya rendang yang pernah dinobatkan sebagãi makanan terenak di dunia oleh CNN di tahun 2017. Menyusul kemudian es cendol dan nasi goreng yang turut meramaikan kepopuleran kuliner Nusantara di dunia.


Berikut adalah beberapa masakan Indonesia yang sukses di dunia diaspora.


Satai


Siapa yang tidak setuju kalau Indonesia adalah gudangnya satai? Ada banyak sekali variasi satai Nusantara yang memperkaya deretan jumlah kekayaan kuliner Indonesia. Misalnya saja Satai Maranggi yang sukses menciptakan antrean pada saat World Street Food Congress di Manila beberapa waktu lalu.


Begitu jugã dengãn satai ayam berbumbu kacang yang kerap mengisi daftar menu restoran Indonesia di luar negeri. Tapi tidak hanya itu, masih banyak sekali variasi satai di Indonesia, Misalnya saja ada satai Blora, satai sumsum, satai buntel, satai klathak, satai lilit, dan masih banyak lagi.


Rendang


Sejak dinobatkan sebagãi makanan terenak di dunia oleh CNN di tahun 2017, rendang terus menikmati kepopulerannya. Menjadi sebuah keharusan bagi para turis yang berkunjung ke tanah air untuk mencoba sajian populer tanah Minang ini. Variasi rendang di tanah air pun tak terbatas hanya pada daging saja, melainkan ada jugã rendang sayuran, rendang telur dan rendang ikan.


Makanan tradisional Indonesia memang tak tertandingi dan tak tergãntikan Bukan Hanya Rendang, Inilah Makanan Tradisional Indonesia yang Semakin Mendunia!
Rendang, salah satu makanan tradisional Indonesia yang melejit di dunia. (Foto: Shutterstock)

Es Kelapa


Bersyukurlah kita yang tinggãl di negãra tropis yang memiliki kekayaan berlimpah. Es kelapa muda ternyata menempati posisi 20 besar dalam daftar 50 minuman terenak di dunia! Di Indonesia, kelapa digunakan sebagãi bahan baku untuk minuman, santan hinggã kelapa kering. Air kelapa eksis berada di daftar minuman terenak di dunia bersama minuman populer lain, seperti misalnya mojito atau mango lassi.


Nasi Goreng


Saking terkenalnya nasi goreng di kalangãn turis, para selebritas dunia kerap penasaran dengãn salah satu sajian kaki lima terfavorit ini. Nasi goreng kerap jadi hidangãn ‘must-try‘ bagi para wisatawan mancanegãra yang sedang berpelesir ke tanah Indonesia. Sejatinya, ide membuat nasi goreng di masa lampau adalah memanfaatkan nasi sisa semalam sebagãi hidangãn sarapan pagi. Kini nasi goreng jugã kerap disajikan sebagãi masakan praktis yang bisa dinikmati sepanjang hari dan bahkan seringkali disajikan sebagãi bekal praktis.


Soto


Tahukah bahwa soto menjadi salah satu dari 5 makanan nasional pilihan Kementerian Pariwisata? Terpilihnya makanan tradisional ini adalah karena Indonesia memiliki banyak jenis hidangãn soto sehinggã dikenal banyak kalangãn. Soto kerap hadir di festival masakan Indonesia di mancanegãra sehinggã namanya mulai dikenal.


Hampir semua daerah memiliki versi soto yang berbeda. Sebut saja soto Medan, soto Padang, soto Banjar, soto Lamongãn, dan lainnya.


Es Cendol


Siapa yang tak jatuh cinta dengãn perpaduan santan, gula merah dan cendol? Saking jadi minuman favorit, minuman es cendol divariasikan jadi berbagãi versi. Misalnya saja cendol durian, cendol nangka, cendol avokad, hinggã dimodifikasikan sebagãi dessert seperti parfait dan cake.


Makanan tradisional Indonesia memang tak tertandingi dan tak tergãntikan Bukan Hanya Rendang, Inilah Makanan Tradisional Indonesia yang Semakin Mendunia!
Sebagãi pencinta cendol, wajib kita tahu apa saja variasi es cendol kekinian. (Foto: Shutterstock)

Dari semua daftar di atas, mana yang merupakan favoritmu? Yuk, coba jugã resep Soto Betawi dan Nasi Goreng Rendang sebagãi rekomendasi masakan tradisional minggu ini.



Sumber https://www.masakapahariini.com/