Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agãr Bebas dari Bakteri

Membersihkan talenan adalah salah satu hal penting di dapur demi memastikan bahan makanan terjagã higienis. Penting untuk diketahui bahwa talenan yang kotor bisa menjadi media pengãntar bakteri dari satu bahan makanan ke bahan makanan lainnya.


Maka dari itu, rutin membersihkan talenan bisa mencegãh kontaminasi silang dari penyebaran bakteri dari bahan mentah yang berpotensi menimbulkan keracunan makanan. Manfaat lain dari membersihkannya adalah membuat kualitas talenan bertahan lama.


Tapi, beda bahan talenan, beda jugã cara membuatnya. Tidak sesulit yang dibayangkan, kok, selama kamu bisa membersihkan talenan di dapur dengãn cara yang benar.


Simak cara mudah membersihkannya sesuai dengãn jenis talenan berikut ini!


1. Membersihkan Talenan Kayu


Membersihkan talenan adalah salah satu hal penting di dapur demi memastikan bahan makanan  Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agãr Bebas dari Bakteri
Ternyata membersihkan talenan kayu itu mudah, lho! (Foto: shutterstock)

Pori-pori alami yang terdapat pada kayu membuat talenan jenis ini menjadi sarana yang berkembangnya bakteri. Apalagi jika kamu menggunakan talenan kayu yang sama untuk berbagãi macam bahan. Misalnya untuk memotong daging, ikan, kemudian bumbu dan sayuran.


Maka, bersihkan talenan kayu dengãn merendamnya dalam air hangãt yang telah dicampur dengãn perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit, lalu sikat talenan perlahan untuk menghilangkan kotoran atau noda yang menempel. Setelahnya bilas dengãn air bersih yang mengãlir dan keringkan dengãn menepuk-nepuknya menggunakan tisu dapur.


2. Talenan Bambu


Talenan bambu memiliki kepadatan pori-pori yang lebih tinggi dibandingkan dengãn talenan kayu sehinggã tidak akan meninggãlkan celah dari pisau. Cara membersihkannya pun lebih mudah yaitu dengãn mencampur sabun cuci piring dengãn cuka dan air sebagãi cairan pembersih. Sikat perlahan dengãn spons hinggã talenan bersih.


3. Talenan Plastik


Membersihkan talenan adalah salah satu hal penting di dapur demi memastikan bahan makanan  Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agãr Bebas dari Bakteri
Talenan plastik adalah alternatif yang lebih higienis daripada kayu. (Foto: Shutterstock)

Mayoritas terbuat dari bahan polyester yang tidak berpori-pori. Inilah mengãpa talenan plastik relatif lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih aman untuk digunakan. Kamu bisa membersihkannya dengãn air sabun dan menggosoknya secara perlahan dengãn spons.


Jika ada noda membandel yang menempel di talenan plastik, bersihkan dengãn pasta yang terbuat dari campuran 1 sendok teh soda kue, 1 sendok teh gãram, dan 1 sendok teh air. Baluri talenan dengãn pasta sambil disikat perlahan menggunakan sabut besi. Bilas dengãn air bersih kemudian keringkan secara alami.


4. Talenan Komposit


Terbuat dari material yang bisa bertahan di suhu 121 derajat Celsius, talenan komposit mudah dibersihkan secara manual maupun menggunakan dishwasher. Cukup membersihkannya dengãn sabun khusus cuci piring, bilas talenan dengãn air bersih dan keringkan.


Bagãimana, tidak sulit bukan membersihkan talenan di dapur? Selalu bersihkan talenanmu sesuai jenisnya, ya, agãr tahan lama dan kesehatan keluargã terjagã. Cari tahu jugã berbagãi kiat lainnya dalam membersihkan kulkas, membersihkan cobek, atau menjagã kebersihan dapur secara umum di Masak Apa Hari Ini!



Sumber https://www.masakapahariini.com/