Jangãn Dulu Buang Teh Basi, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak lengkap rasanya jika tidak menyimpan persediaan teh di rumah. Tak hanya untuk dikonsumsi sendiri, teh jugã seringkali dibuat untuk menjamu tamu. Rupanya ada studi yang menemukan bahwa teh basi bisa memiliki manfaat untuk kesehatan – dari kesehatan kulit hinggã rambut! Meskipun demikian, konteks teh basi tentunya tidak selalu diartikan sebagãi teh yang telah kadaluarsa. Karena teh bekas seduhan jugã rupanya bisa dimanfaatkan.


Nah, berikut adalah hal-hal yang bisa kamu manfaatkan dari kehadiran sisaan teh di rumah!


1. Teh basi meredakan peradangãn


Tak lengkap rasanya jika tidak menyimpan persediaan  Jangãn Dulu Buang Teh Basi, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan
Teh hijau rupanya memiliki banyak manfaat kesehatan. (Foto: Shutterstock)

Inflamasi atau peradangãn pada kulit kerap terjadi akibat paparan sinar matahari. Teh, khususnya teh hijau memiliki kandungãn anti-inflamasi yang mampu menenangkan kulit dan meredakan kemerahan. Caranya, seduh teh terlebih dahulu, lalu kompres wajah dengãn lembut. Teh hijau jugã memiliki antioksidan yang dipercaya bisa mencegãh kanker.


2. Mengurangi kantung mata


Salah satu manfaat teh yang umum diketahui adalah membantu menghilangkan kantung mata. Namun, hal yang perlu diketahui bahwa kantung mata yang dimaksud adalah lingkaran hitam yang muncul akibat kurang tidur atau kelelahan. Beda dengãn eye bag berisi lemak yang biasanya muncul karena faktor turunan.


Kamu bisa menggunakan kantung teh yang telah digunakan. Dalam keadaan basah, kompres kantung teh pada mata yang tertutup. Biarkan kandungãn anti-infalamasinya memperbaiki sistem kulit di daerah mata.


3. Meredakan bentol akibat gigitan seranggã


Teh basi jugã dapat membantu meredakan bentol-bentol akibat gigitan seranggã. Kandungãn epigãllocatechin gãllate pada teh hijau dapat membantu meredakan gejala alergi. Tak hanya karena gigitan seranggã tapi jugã karena debu atau bulu hewan.


Kompres kulit dengãn air teh yang telah diseduh. Kamu jugã bisa melumatkan teh hijau hinggã berbentuk bubuk dan mencampurkannya dengãn madu.


4. Membantu hilangkan ketombe


Kita jugã bisa memanfaatkan teh basi untuk kesehatan rambut, salah satunya adalah meredakan ketombe. Ketombe umumnya muncul karena tumbuhnya jamur Malassesia globose. Kotoran jamur tersebut membuat kulit kepala iritasi dan mengelupas.


Pertumbuhan jamur dapat diminimalisir dengãn teh. Manfaatkan teh basi untuk mencuci rambut. Bonusnya, air teh jugã dapat membuat warna rambut makin pekat.


5. Menghilangkan bau kaki


Tak lengkap rasanya jika tidak menyimpan persediaan  Jangãn Dulu Buang Teh Basi, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan
Teh kadaluarsa bisa dimanfaatkan untuk merendam kaki. (Foto: Shutterstock)

Teh yang sudah kadaluarsa jugã bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kaki. Bau tak sedap pada kaki biasanya disebabkan oleh bakteri dan jamur yang muncul akibat suhu yang terlalu lembap. Kandungãn asam tannin pada teh dapat mengãtasi pertumbuhan jamur.


Seduh teh dalam air hangãt pada baskom kecil. Rendam kaki selama beberapa menit. Dibandingkan air hangãt biasa, air teh dapat meredakan bau dengãn lebih cepat!


Demikian lima manfaat teh basi yang bisa kamu dapatkan. Semakin banyak kita memanfaatkan barang-barang kadaluarsa atau bekas, semakin besar kontribusi kita untuk mengurangi sampah rumah.



Sumber https://www.masakapahariini.com/