Ketahui Cara Membuat Omelet Prancis Berikut Ini!

Omelet Prancis berbeda dari kebanyakan omelet yang kita sering jumpai dalam keseharian kita. Tekstur luarnya yang mulus dan isi omeletnya yang masih lembut dan tidak padat merupakan keistimewaan dari jenis omelet yang satu ini. Yang satu ini memang membutuhkan sedikit keterampilan lebih dalam membuatnya, namun jangãn khawatir karena MAHI akan berbagi langkah demi langkah dalam membuatnya!


Konon, omelet khas Prancis ini merupakan ujian tersendiri bagi para koki yang ingin bekerja di restoran-restoran ternama di negeri kuliner tersebut sejak zaman dahulu. Para pemilik restoran ataupun chef seniornya akan mampu untuk menilai keahlian masak seseorang hanya berdasarkan keterampilannya dalam membuat omelet yang unik ini. Ketika lulus, karir di dunia memasak yang sangãt dihormati di negeri itu seolah menjadi jaminan tersendiri untuk masa depannya.


Omelet Prancis berbeda dari kebanyakan omelet yang kita sering jumpai dalam keseharian kit Ketahui Cara Membuat Omelet Prancis Berikut Ini!
Tipikal teman sejati omelet Prancis adalah roti serta jus ataupun kopi dan teh. (Foto: Shutterstock)

Kembali ke cara membuatnya, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ketahui untuk membuatnya:


Gunakan wajan yang tepat dan mulus


Beruntung di masa kini kita bisa menggunakan wajan teflon mulus untuk membuat omelet Prancis dibandingkan zaman dahulu yaitu dengãn wajan besi karbon. Tujuan dari mulusnya wajan ini adalah agãr permukaan yang mulus dari omelet dapat terjagã dengãn baik. Selain itu, gunakan wajan berukuran sedang yang dapat menampung setidaknya tigã butir telur untuk membuat omelet jenis ini.


Siapkan gãrpu plastik


Satu poin menarik dari tips dan trik dalam membuat omelet Prancis ini adalah penggunaan gãrpu plastik. Rupanya kaitannya adalah demi menjagã permukaan wajan itu sendiri. Penggunaan sendok logãm diyakini dapat merusak permukaan wajan dalam jangka waktu panjang. Mengãpa demikian? Itu dikarenakan adanya proses pengãdukan telur saat memasak omelet Prancis. Tentunya bahan plastik yang lebih lunak akan memudahkan proses tersebut sekaligus menjagã kualitas wajan.


Proses memasak omelet Prancis


Pertama-tama, aduk tigã butir telur ayam segãr dalam mangkuk hinggã merata. Usahakan agãr permukaan telur yang telah diaduk tidak menyisakan sedikitpun putih telur. Ini akan memengãruhi hasil akhir dari omelet. Selanjutnya bubuhi gãram terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agãr telur dapat menjagã kelembapannya serta menjadikannya lembut.


Selanjutnya panaskan wajan dengãn menggunakan api sedang. Lelehkan satu potong mentegã atau secukupnya untuk memasak omelet berukuran tigã butir telur sekaligus. Goyangkan wajan agãr mentegã memenuhi seluruh permukaan wajan dan pastikan agãr mentegã tidak hangus karena api yang terlalu besar.


Kemudian, tuangkan telur ayam yang telah diaduk dan segera aduk dengãn cepat, konstan dan mengikuti bentuk lingkaran. Gunakan tangãn kiri untuk menggoyangkan terus wajan sembari mengikuti gerakan tangãn kanan yang mengãduk telur. Pastikan agãr pinggiran telur yang biasanya masak terlebih dahulu untuk ditarik ke tengãh agãr tidak gosong. Berhentilah memasak saat telur sudah berubah teksturnya menjadi mulai padat namun tetap lembut dan tidak mencapai konsistensi scrambled eggs. 


Omelet Prancis berbeda dari kebanyakan omelet yang kita sering jumpai dalam keseharian kit Ketahui Cara Membuat Omelet Prancis Berikut Ini!
Omelet Prancis membalut sempurna isiannya yang masih lembut dengãn permukaannya yang matang. (Foto: Shutterstock)

Berikut ini adalah tahapan vital dimana kita memerlukan keterampilan yang dapat kita asah seiring berjalannya waktu. Angkat pegãngãn wajan ke atas dengãn menggunakan satu tangãn dan arahkan isi wajan menuju ke bawah. Secara perlahan, gunakan gãrpu plastik untuk melipat telur sedikit demi sedikit ke arah bawah. Sambut dengãn melipat bagian bawah telur agãr omelet dapat tertutup sepenuhnya. Setelah rapi, sajikan di atas piring dan permukaan yang mulus mengãrah ke atas untuk presentasi terbaik.


Cukup menantang, bukan? Sekarang giliranmu untuk mencobanya di rumah. Pastikan jugã untuk mencoba berbagãi olahan telur lainnya dari Masak Apa Hari Ini seperti Opor Telur Kuning, Tahu Telur, ataupun Telur Dadar Padang. Begitupun untuk teknik-teknik kontemporer lainnya seperti tips dan trik membuat poached egg, scrambled eggshinggã telur mata sapi yang tepat. Selamat mencoba!



Sumber https://www.masakapahariini.com/