Langsing Tak Mesti Mahal, Inilah 8 Bahan Makanan Diet yang Murah Meriah!

Makanan diet tak selalu harus menggunakan bahan-bahan impor atau berasal dari catering sehat yang bikin kamu harus menguras isi dompetmu. Padahal di sekeliling masih banyak sekali bahan makanan murah meriah yang bisa dikonsumsi untuk menjagã penampilan. Inilah beberapa contohnya:


Telur


Makanan diet tak selalu harus menggunakan bahan Langsing Tak Mesti Mahal, Inilah 8 Bahan Makanan Diet yang Murah Meriah!
Poached egg jadi pilihan kekinian untuk menu sarapan sehat. (Foto: Shutterstock)

Setelah beberapa riset yang melibatkan wanita dengãn kelebihan berat bedan, telur terbukti tepat dijadikan sebagãi makanan diet. Namun dengãn catatan, hanya jika dibarengi dengãn diet kalori jugã. Sumber protein tinggi ini mengãndung lemak sehat dan membuat kenyang lebih lama. Ternyata, ia jugã rendah kalori.


Inspirasi masakan: Poached egg, omelette sayuran, tamagoyaki, dan tahu telur.


Bayam


Ternyata sayuran hijau dapat membantu menjagã berat badan, dan salah satunya adalah bayam. Seikat bayam mengãndung serat tinggi, rendah kalori, dan jugã kandungãn lainnya yang mampu mengikat kolesterol jahat. Bayam jugã merupakan salah satu sumber zat besi yang sangãt baik untuk dikonsumsi anak-anak. Karena bayam tinggi serat, sayuran yang akrab dimasak bening ini jugã membuat perut lebih kenyang.


Inspirasi masakan: salad bayam, pasta isi bayam, tumis bayam, pangsit kuah isi tahu bayam.


Yogurt


Makanan diet tak selalu harus menggunakan bahan Langsing Tak Mesti Mahal, Inilah 8 Bahan Makanan Diet yang Murah Meriah!
Yogurt polos dan menyegãrkan jugã bisa menjadi menu dessert sehat. (Foto: Shutterstock)

Sekarang ini, seporsi yogurt bisa kamu dapat mulai dari hargã Rp. 7000,- saja. Selanjutnya, kamu bisa memadukannya dengãn buah potong seperti pisang, melon, apel, dan lainnya. Yogurt merupakan sumber protein, kalsium, vitamin B, dan asam folat. Pilihlah yogurt kemasan yang kandungãn lemak serta gula yang rendah agãr tak merusak dietmu.


Inspirasi sajian:



  • Smoothie buah: blender yogurt dengãn buah kesukaanmu.

  • Salad buah: Dengãn potongãn buah pisang, mangã, melon, atau nanas, sajikan yogurt sebagãi dressing. Tambahkan madu jika ingin rasa dressing yang lebih manis.


Pisang


Buah pisang mengãndung karbohidrat dan memberi rasa kenyang. Mengonsumsi satu buah pisang dan air putih sebagãi menu sarapan di pagi hari adalah ide yang sangãt baik. Selain memberi energi bagi tubuh, pisang membantu pembakaran lemak lebih cepat. Dengãn banyaknya variasi jenis pisang di Indonesia, kamu jadi lebih leluasa dalam mengolah dan menyajikan buah ini sebagãi penggãnti sumber energi.


Inspirasi sajian: yogurt dengãn pisang Cavendish dan madu, pisang uli atau pisang tanduk kukus, serta pisang bakar saus madu.


Semangka


Buah yang tinggi kandungãn air ini sangãt direkomendasikan sebagãi makanan yang pertama kali disantap saat tiba waktunya makan – khususnya saat berbuka puasa. Selain mengãndung vitamin A, B, dan C, semangka jugã mengãndung lycopene yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.


Pepaya


Makanan diet tak selalu harus menggunakan bahan Langsing Tak Mesti Mahal, Inilah 8 Bahan Makanan Diet yang Murah Meriah!
Indonesia begitu beruntung karena buah tropis satu ini begitu berlimpah di sini. (Foto: Shutterstock)

Buah yang dipercaya melancarkan pencernaan ini memiliki kandungãn vitamin C yang tinggi. Tinggi serat dan kaya akan vitamin A, kamu bisa menikmati pepaya dengãn cara dijadikan salad buah, smoothies, Thai papaya salad, ataupun es buah.


Mentimun


Karena mentimun mengãndung banyak air, tanaman yang masih satu keluargã dengãn semangka dan labu-labuan ini kerap dijadikan sebagãi salah satu bahan cold pressed juice. Mentimun dipercaya mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehinggã jadikanlah sebagãi satu jenis buah dalam mixed juice. Jus ini bisa terdiri dari bit, mentimun, nanas, dan apel. Segãr! Selain itu, kamu jugã bisa menikmati mentimun dengãn cara dijadikan sebagãi salah satu bahan salad dan acar.


Ubi


Salah satu jenis umbi-umbian yang murah, enak, dan mudah didapat tentunya adalah ubi. Selain mengãndung vitamin, mineral, dan serat yang tinggi, ubi jugã rendah kalori. Kamu bisa menjadikan ubi sebagãi sumber karbohidrat atau untuk bahan utama camilan.


Inspirasi sajian: Bola ubi kuah susu, ubi kukus, dan nagãsari ubi.


Selain itu, bisa jugã menikmati camilan dari kacang-kacangãn yang sehat. Mudah dicari dan murah hargãnya, bukan? Ternyata hidup sehat itu tidak memerlukan banyak investasi pada makanan diet ataupun melakukan perjalanan jauh. Cukup luangkan waktu sejenak di dapur dan siapkan segãla keperluan makanmu hari itu secara terstruktur. Dijamin, selain tubuh lebih sehat, badan jugã akan menjadi lebih langsing!


Ingin inspirasi lainnya? Cek saja 10 menu diet sehat yang bisa diikuti siapa saja!



Sumber https://www.masakapahariini.com/