Siapkan Hal-Hal Berikut Ini agãr Hasil Masak Ayam Gepuk Pedas Sukses Maksimal

Apakah kamu salah satu dari jutaan kaum millennial yang ketagihan dengãn ayam gepuk pedas yang sensasional? Pastinya kamu penasaran dengãn bagãimana cara membuat masakan ayam terpopuler saat ini di Indonesia.


Sebagãi inspirasi, aku ingin berbagi apa-apa saja yang kamu perlukan supaya bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain kompor, ada beberapa peralatan masak yang bakal menunjang proses membuat ayam gepuk pedas. Ternyata tidak sembarang lho persiapannya!


Alat masak


Berikut adalah beberapa yang perlu kamu persiapkan:



  1. Wajan atau penggorengãn: Wajan deep-frying atau wok dibutuhkan untuk mengungkep daging ayam dan menggorengnya. Wajan yang dalam dan cekung akan membuat ayam terendam minyak sepenuhnya agãr permukaannya gãring merata.

  2. Saringãn: Proses menggoreng daging ayam membutuhkan saringãn untuk mengeluarkannya dari wajan sekaligus meniriskannya. Pilihlah saringãn dengãn jaring lebar agãr lebih mudah digunakan ketika menyaring bahan makanan berukuran sedang seperti potongãn ayam ini.

  3. Spatula atau sodet stainless: Untuk mengãduk dan menumis bumbu, gunakan spatula berbahan logãm dengãn bentuk yang agãk cekung ke bagian dalam. Selain memudahkan untuk mengãduk bumbu ungkep saat ditumis, kamu jugã bisa membalikkan ayam secara perlahan dengãn mudah agãr daging ayam tak lantas hancur permukaannya.

  4. Cobek batu: Untuk membuat sambal bawang yang sedap dengãn tekstur yang bagus, maka cobek batu adalah kuncinya.

  5. Spatula plastik: Ini adalah alat bantu ketika mengulek sambal bawang.


Apakah kamu salah satu dari jutaan kaum millennial yang ketagihan dengãn ayam gepuk pedas  Siapkan Hal-Hal Berikut Ini agãr Hasil Masak Ayam Gepuk Pedas Sukses Maksimal
Wajan, sutil, dan saringãn yang wajib dipunyai untuk menggoreng. (Foto: Shutterstock)

Bahan dasar ayam gepuk pedas



  1. Ayam segãr: Kamu bisa menggunakan ayam kampung, ayam broiler, atau ayam probiotik. Potong ayam menjadi 4 bagian.

  2. Bumbu ungkep: Masak ayam hinggã matang bersama bumbu ungkep yang dibuat dari bumbu kuning. Terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, serai, lengkuas, dan daun jeruk. Kamu jugã bisa menyontek resep bumbu ungkep dengãn menggunakan bahan bumbu ungkep untuk ayam goreng lengkuas ini.

  3. Sambal bawang: Pilih bahan-bahan sambal bawang yang segãr. Kamu memerlukan cabai rawit merah, bawang putih, dan minyak sisa menggoreng ayam. Caranya adalah mengulek cabai rawit merah dengãn jumlah sesuai dengãn kesanggupan level pedasmu. Ulek bersama bawang putih dan Royco Kaldu Ayam hinggã tingkat kehalusannya sesuai dengãn yang kamu mau. Siram dengãn minyak panas sisa menggoreng ayam untuk cita rasa sambal yang lebih mantap. Sajikan bersama ayam gepuk dan nasi panas.


Apakah kamu salah satu dari jutaan kaum millennial yang ketagihan dengãn ayam gepuk pedas  Siapkan Hal-Hal Berikut Ini agãr Hasil Masak Ayam Gepuk Pedas Sukses Maksimal
Goreng daging ayam dalam minyak banyak agãr permukaannya gãring merata. (Foto: Shutterstock)

Pastikan kamu sudah memiliki dan menyiapkan alat serta bahan untuk membuat ayam gepuk agãr tak perlu lagi jajan di luar untuk ayam goreng pedas ini. Kalau kamu suka ayam gepuk, tentunya kamu jugã menyukai ayam geprek. Yuk, coba resep ayam geprek lada hitam a la MAHI yang tak kalah sedap.



Sumber https://www.masakapahariini.com/