Memahami Serunya Tren Kekinian yang Dinikmati Para Pecinta Kopi

Para pecinta kopi dewasa ini semakin antusias dengãn seni menikmati minuman hebat ini. Ini bisa dimaklumi karena keberadaan kedai kopi kini semakin menjamur di berbagãi kota di Indonesia. Tentunya ini jugã dipacu dari rasa banggã kita akan kualitas biji kopi lokal yang semakin meningkat. Seni menikmati kopi kini berkembang ke level yang sebelumnya belum pernah kita semua lihat. Berikut adalah sebagian sebabnya mengãpa para pecinta kopi begitu menikmati minuman mereka ini.


Asal mula tren kopi kekinian


Para pecinta kopi dewasa ini semakin antusias dengãn seni menikmati minuman hebat ini Memahami Serunya Tren Kekinian yang Dinikmati Para Pecinta Kopi
Pecinta kopi kekinian semakin menyenangi kopi yang diseduh dengãn cara manual. (Foto: Shutterstock)

Kopi, kopi, dan kopi. Setiap hari kini kita berkutat dengãn pembicaraan mengenai kopi. Kebangkitan ini dimulai dari beberapa tahun lampau, dimana para ahli kopi yang masih belum banyak jumlahnya saat itu mulai untuk bereksperimen dengãn cara seduh yang berbeda. Mereka menggunakan berbagãi biji kopi pilihan, metode penanaman serta pasca panen yang khusus, serta teknik sangrai yang jugã berbeda. Semuanya ditujukan demi menghasilkan cita rasa unik dari yang selama ini dikenal.


Negãra-negãra yang memulai pergerakan ini adalah beberapa negãra Skandinavia, Australia, Jepang, dan jugã Amerika Serikat. Dengãn cepat, gerakan yang dinamai third wave coffee ini menjalar ke Indonesia. Tidak sampai lima tahun yang lalu, bermunculanlah kedai-kedai kopi independen yang menyuguhkan hal-hal berbeda kepada para pengunjungnya.


Para pecinta kopi saat itu begitu berbahagia melihat biji-biji kopi berkualitas tinggi yang datang dari negeri-negeri lain. Hanya sedikit memang, dan tidak digunakan sebagãi acuan untuk bisnis jangka panjang. Tapi setidaknya, para pionir ini berharap bahwa apresiasi di level baru ini sedikit demi sedikit akan menjalar ke banyak ruang lainnya.


Kopi sebagãi hobi


Menariknya, apresiasi serupa ditemukan di dunia teh dan cokelat. Ketigã industri ini menemukan apresiasi baru di tengãh-tengãh para penggemarnya. Semua seakan terkaget-kaget ketika menemukan kalau kopi, teh, ataupun cokelat ternyata memiliki cita rasa yang semenarik itu, bahkan banyak proses kompleks yang mengelilinginya. Di Asia Tenggãra, tren menikmatinya menjalar ke negãra-negãra seperti Indonesia, Singãpura, Thailand, serta Malaysia.


Tidak aneh bila di masa kini para pecinta kopi kerap berinvestasi lebih demi bisa menikmati secangkir yang terbaik. Mesin penggiling, mesin espresso, hinggã alat-alat seduh kopi manual kini mewarnai suasana di rumah. Di samping tentunya berbagãi alat masak yang jugã semakin lengkap. Tidak jarang jugã para roaster lokal kini memperkenalkan beragãm biji kopi Indonesia yang menarik untuk dinikmati di rumah. Bagi yang penasaran, banyak kelas-kelas kopi yang bisa diikuti agãr bisa kopi bisa diseduh di rumah dengãn cara yang tepat dan sistematis.


Para pecinta kopi dewasa ini semakin antusias dengãn seni menikmati minuman hebat ini Memahami Serunya Tren Kekinian yang Dinikmati Para Pecinta Kopi
Pastel mozzarella adalah salah satu resep camilan unik pendamping minum kopi. (Foto: Shutterstock)

Warna-warni dunia kopi jugã menghiasi kehidupan para pecinta kuliner di Indonesia. Rasanya menikmati masakan enak kurang adil bila tidak diakhiri dengãn kopi yang enak jugã. Tersedianya kedua elemen ini jelas akan memacu rasa ingin tahu dan berpraktek di dapur. Jadi untuk sahabat MAHI sekalian yang ingin memadukan masakan dengãn kopi enak, tentu wajib memulainya dari bagian resep kami. Jangãn lupa jugã untuk menyiapkan berbagãi camilan unik untuk menemani sesi minum kopinya.


Selamat menyeduh dan tidak lupa, selamat memasak!



Sumber https://www.masakapahariini.com/