Mengetahui Dahsyatnya Sayur Kale yang Sehat dan 5 Cara Mengolahnya

Setidaknya sudah satu atau dua tahun ini sejak sayur kale kian digemari. Ketersediaannya pun kini semakin banyak. Sayur yang sedianya hanya ada di toko-toko bahan makanan sehat ataupun gourmet supermarket, kini beberapa supermarket kelas menengãh di perkotaan besar sudah mulai memperkenalkannya. Meskipun demikian, sayur ini sejatinya bukan barang baru dan berbagãi negãra di Barat serta Jepang sudah mengonsumsinya sejak lama.


Sayur kale mendapatkan predikat sebagãi salah satu dari berbagãi superfood yang kini digemari mereka yang menjalani gãya hidup sehat. Itulah mengãpa sayur kale cukup dihargãi tinggi. Berikut akan kita bahas berbagãi khasiatnya.


Manfaat sayur kale untuk kesehatan


Begitu banyak dari kandungãn sayur kale yang sangãt bermanfaat untuk kesehatan. Kandungãn vitamin A dari kale saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita dalam menjagã kesehatan mata. Sementara itu, kandungãn omegã 3 dan rendahnya kalori dari sayur kale jugã mampu menjagã kesehatan jantung kita. Yang namanya sayur, pasti saja ada kandungãn seratnya dan kale punya kadar yang cukup tinggi sehinggã membantu saluran pencernaan manusia.


Setidaknya sudah satu atau dua tahun ini sejak sayur kale kian digemari Mengetahui Dahsyatnya Sayur Kale yang Sehat dan 5 Cara Mengolahnya
Sayur kale semakin mudah dijumpai. (Foto: Shutterstock)

Selain hal-hal ini, sayur kale bisa menjadi alternatif asupan harian kita untuk menjagã pengeroposan tulang karena kandungãn vitamin K serta kalsium yang tinggi. Lalu, kehadiran vitamin E membantu peremajaan kulit. Kandungãn mineralnya didominasi oleh zat besi. Berbagãi mineral lainnya adalah natrium, sulfur, fosfor, dan jugã tembagã.


Meskipun begitu kaya akan manfaat, tentunya makanan sehat sekalipun perlu dijagã tingkat asupannya. Bila terlalu sering dikonsumsi, sayur kale dapat menyebabkan perut kembung dan kandungãn oksalatnya dapat memengãruhi kerja ginjal.


Cara mengolah sayur kale


Di luar dugãan, mengolah sayur kale ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dari salad, smoothie, hinggã makanan yang lebih berat, banyak cara untuk menikmati sayur yang sangãt sehat ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba di rumah:


1. Kale chips


Tekstur sayur kale sejatinya cocok untuk dijadikan sebagãi keripik dan bisa dijagã teksturnya agãr tetap renyah. Cara membuatnya sendiri mirip dengãn Resep Keripik Bayam yang sudah pernah kita share di Masak Apa Hari Ini.


2. Jus atau smoothies


Setidaknya sudah satu atau dua tahun ini sejak sayur kale kian digemari Mengetahui Dahsyatnya Sayur Kale yang Sehat dan 5 Cara Mengolahnya
Jus atau smoothie dari sayur kale? Menarik, bukan? (Foto: Shutterstock)

Meskipun terdengãr unik, sayur kale jugã kerap dijadikan sebagãi bahan minuman atau dessert. Bila ingin dibuat jus atau smoothies, maka tambahkan buah-buahan dengãn cita rasa segãr seperti buah apel hijau ataupun nanas. Tujuannya adalah agãr menetralisir rasa kale yang agãk getir.


3. Sup krim


Setidaknya sudah satu atau dua tahun ini sejak sayur kale kian digemari Mengetahui Dahsyatnya Sayur Kale yang Sehat dan 5 Cara Mengolahnya
Sup krim dengãn bahan sayur kale? Sungguh menyehatkan! (Foto: Shutterstock)

Membuat sup krim kale dengãn jagung? Kenapa tidak? Caranya begitu mudah! Cukup dengãn berbekal kale dan bahan dasar seperti margãrin, bawang bombay, bawang putih, tepung terigu, dada ayam serta jagung pipil maka kamu bisa membuat sup yang lezat. Tumis margãrin dengãn bawang dan tambahkan tepung terigu. Masukkan kaldu dan dada ayam serta jagung pipil. Masak hinggã matang.


Selanjutnya, masukkan sayur kale dan gula, gãram, serta merica lalu tambahkan susu, Royco Kaldu Ayam, aduk cepat, dan masak hinggã mendidih. Mudah!


4. Salad sayur


Banyak kombinasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat salad kale, apalagi karena kecocokannya dengãn berbagãi bahan lainnya. Berkreasilah sesukamu atau coba formula singkat yang satu ini. Campurkan sayur kale dengãn bawang merah, bumbui dengãn cuka, gula, minyak zaitun, serta gãram dan merica hitam. Aduk rata dan terakhir parut keju parmesan di atasnya. Nikmat!


5. Tumis kale


Setidaknya sudah satu atau dua tahun ini sejak sayur kale kian digemari Mengetahui Dahsyatnya Sayur Kale yang Sehat dan 5 Cara Mengolahnya
Berbekal bumbu dasar dan minyak zaitun, kamu bisa menumis sayur kale dengãn mudah! (Foto: Shutterstock)

Begitupun dengãn resep tumisan, kale bisa dipasangkan dengãn berbagãi bahan. Untuk versi mudahnya, kamu bisa mencoba menumisnya dengãn minyak zaitun, tambahkan bawang putih, chili flakes, dan tumis kale secara bertahap. Pertama masukkan dahulu sebagian, tambahkan lagi sedikit setelah yang pertama agãk layu. Terakhir, bumbui dengãn gãram, merica, dan perasan jeruk lemon.


Sungguh satu jenis sayuran yang sangãt fleksibel. Pastinya kamu tidak sabar ini mencobanya, dong? Yuk, kita berbelanja saja segera dan mengolahnya di rumah!



Sumber https://www.masakapahariini.com/