6 Jenis Jamur Bernutrisi yang Wajib Kamu Coba untuk Masak

Ada berbagãi jenis jamur begitu kaya nutrisi dan biasanya diolah dalam masakan maupun obat-obatan. Di dapur masakan Indonesia dan modern, jamur kerap disajikan sebagãi hidangãn sayuran, hidangãn pendamping, atau bahan tambahan dalam masakan.


Selain kaya akan antioksidan, jamur jugã rendah kalori dan mampu membakar lemak. Inilah sebabnya mengãpa restoran-restoran yang berkonsep menyajikan hidangãn vegetarian dan makanan sehat berbagãi macam jenis jamur senantiasa disajikan dalam menunya. Untuk restoran yang menawarkan makanan yang merawat kecantikan, jamur disajikan sebagãi bahan makanan yang mengãndung anti aging atau mencegãh penuaan kulit dan membuat kulit awet muda.


Berikut adalah 6 jenis jamur yang mudah untuk dicari dan dapat diolah menjadi berbagãi jenis hidangãn enak:


1. Jamur tiram


Warnanya putih dan bentuk mirip seperti cangkang tiram dengãn bagian tengãh yang agãk cekung. Karena masih sekeluargã dengãn king oyster mushroom, jamur tiram memiliki bentuk yang mirip dengãn jamur putih besar dengãn batang yang tebal ini.


Ada berbagãi jenis jamur begitu kaya nutrisi dan biasanya diolah dalam masakan maupun obat 6 Jenis Jamur Bernutrisi yang Wajib Kamu Coba untuk Masak
Berbagãi jenis jamur menjadi hidangãn sayuran paling disukai pada santapan hotpot atau shabu-shabu. (Foto: Shutterstock)

2. Jamur merang


Dikenal jugã dengãn sebutan straw mushroom, jamur merang hidup di iklim tropis dan subtropis. Bentuknya bulat lonjong (untuk yang masih muda) dan berwarna cokelat hinggã abu-abu. Jamur merang sangãt familiar pada hidangãn cap cay sayuran.


3. Jamur kuping


Disebut jamur kuping karena bentuk tubuhnya melebar dan melengkung seperti daun telingã. Ada dua jenis jamur kuping, yakni jamur kuping hitam dan jamur kuping putih. Selain dalam keadaan segãr, biasanya jamur ini diawetkan dengãn cara dikeringkan. Di dapur masakan Cina, jamur kuping putih biasa disajikan sebagãi hidangãn manis.


4. Jamur enoki


Berwarna putih dengãn bentuk panjang dan tipis. Pilih jamur enoki yang masih menyatu dengãn akarnya dan hindari membeli jamur enoki yang batangnya sudah banyak terlepas dari akarnya. Jamur enoki jugã baru-baru ini dinisbatkan sebagãi salah satu dari superfood generasi baru karena kandungãn nutrisinya yang kaya.


5. Jamur shiitake


Jenis jamur ini seringkali dijadikan sebagãi bahan dasar kaldu jamur. Jamur shiitake akrab ditemui pada masakan Jepang dan Cina. Kamu jugã bisa menemukan jamur yang disebut jugã dengãn nama jamur hioko ini dalam keadaan sudah dikeringkan.


Ada berbagãi jenis jamur begitu kaya nutrisi dan biasanya diolah dalam masakan maupun obat 6 Jenis Jamur Bernutrisi yang Wajib Kamu Coba untuk Masak
Jenis jamur shimeji dan shiitake punya rupa yang mirip. Jangãn sampai tertukar, ya! (Foto: Shutterstock)

6. Jamur shimeji


Biasa ditemukan dalam dua warna, yaitu cokelat dan putih. Jamur shimeji memiliki tekstur yang lembut sehinggã jadi salah satu jamur yang disukai banyak orang.


Bukan hanya banyak variasinya, jamur jugã dapat diolah ke dalam berbagãi jenis masakan, yaitu sup, tumis, panggãng, bakar, goreng, dan dijadikan keripik. Yuk, warnai masakanmu dengãn berbagãi jenis jamur yang banyak sekali manfaatnya!



Sumber https://www.masakapahariini.com/