Ragãm Jenis Jus Penurun Darah Tinggi

Menjagã tekanan darah bisa dilakukan secara alami melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran. Hal ini membantu tubuh untuk lebih sehat tanpa konsumsi obat-obatan kimia yang berlebihan. Agãr prosesnya lebih nyaman dan rasanya lebih enak, kamu bisa mencoba beragãm jenis jus penurun darah tinggi berikut.


Sejumlah penelitian mengungkap bahwa beberapa jenis buah-buahan terbukti ampuh membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin. Beberapa kelompok senyawa bioaktif seperti flavonoid dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungãn ini terdapat dalam beberapa buah-buahan berries, sebagãi contohnya.


Selain buah-buahan, beberapa jenis sayuran dapat memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik akan membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi. Kandungãn seperti potassium dan kumarin merupakan senyawa dalam beberapa jenis sayuran yang kita perlukan untuk membuat jus penurun darah tinggi.


Nah, apa saja buah-buahan dan sayuran yang bisa kita olah jadi jus penurun darah tinggi? Yuk intip beberapa pilihannya berikut ini!


1. Jus Kiwi


Menjagã tekanan darah bisa dilakukan secara alami melalui konsumsi buah Ragãm Jenis Jus Penurun Darah Tinggi
Kiwi, salah satu buah yang tepat diolah menjadi jus penurun darah tinggi (Foto: Shutterstock)

Dari sekian banyak buah-buahan yang dinilai efektif menurunkan tekanan darah, buah kiwi adalah yang paling sering disebut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, mengonsumsi tigã buah kiwi dan satu buah apel per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah.


Dua buah ini bisa jadi ide untuk membuat jus penurun darah tinggi yang lezat. Kamu bisa menggunakan blender atau pressed juicer. Agãr seratnya tak terbuang dan cita rasanya lebih kental, kamu bisa memakai blender untuk membuat smoothie kiwi yang enak.


2. Jus Tomat


Selain kiwi, tomat jugã populer sebagãi bahan alami yang bisa menurunkan tekanan darah. Tak hanya memiliki rasa yang lebih tomat jugã mudah ditemukan. Penelitian yang dilakukan oleh Tokyo Medical and Dental University serta Tucson Plant Breeding Institute menyimpulkan bahwa mengonsumsi jus tomat tanpa gula sepanjang tahun bisa membantu menurunkan tekanan darah.


Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang penderita hipertensi yang mengikuti penelitian tersebut. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Meski begitu, tomat tetap disarankan oleh American Heart Association untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.


3. Jus Bit


Buah bit jugã bisa diolah jadi jus penurun darah tinggi. Menurut Journal of Nutritions yang diterbitkan oleh Oxford Academy, kandungãn nitrat pada buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin.


Selain itu, jus bit jugã memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Minumlah jus bit secara berkala untuk mendapatkan hasil maksimal, yuk, teman-teman!


4. Jus Seledri


Menjagã tekanan darah bisa dilakukan secara alami melalui konsumsi buah Ragãm Jenis Jus Penurun Darah Tinggi
Siapa sangka kalau jus seledri dapat berkontribusi pada penurunan tekanan darah? (Foto: Shutterstock)

Jus seledri jadi salah satu jus yang hits di media sosial akhir-akhir ini. Banyak pengguna media sosial di Indonesia mengãku merasakan berbagãi manfaat dari jus seledri. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan tekanan darah.


Seledri memiliki banyak kandungãn manfaat seperti kumarin yang dapat menjagã keseimbangãn air dan menurunkan teknan darah. Senyawa bioaktif phtalides dan antikoagulan jugã bisa mencegãh stroke.


5. Jus Wortel


Menjagã tekanan darah bisa dilakukan secara alami melalui konsumsi buah Ragãm Jenis Jus Penurun Darah Tinggi
Wortel adalah salah satu sayuran yang cocok diolah menjadi jus penurun darah tinggi. (Foto: MAHI)

Wortel jugã bisa diolah jadi jus penurun darah tinggi. Kandungãn potasium-nya yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah dengãn cara menyeimbangkan efek negãtif dari gãram. Potassium jugã membantu kinerja ginjal dalam tubuh.


Mengonsumsi makanan yang mengãndung potassium akan membantu ginjal membuang kelebihan sodium melalui urin. Selain wortel, beberapa buah-buahan yang mengãndung potassium adalah apricot, alpukat, jeruk, dan anggur.


6. Jus Stroberi


Buah berries seperti stroberi dan blueberry mengãndung flavonoid yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah. Buah-buahan segãr ini bisa kamu olah untuk jus penurun darah tinggi yang enak.


Selain itu, flavonoid pada stoberi jugã bermanfaat sebagãi antioksidan, meredakan peradangãn, dan menurunkan risiko serangãn jantung. Selain buah berries, kandungãn ini jugã terdapat pada buah anggur.


Nah, keeenam buah dan sayur ini bisa kamu campurkan untuk membuat jus. Misalnya saja mencampurkan buah bit, wortel, dan seledri untuk jus penurun darah tinggi yang lezat. Selamat mencoba!



Sumber https://www.masakapahariini.com/