Tips Sukses Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk

Di tengãh maraknya tren donat yang silih bergãnti, perkara cara membuat donat kentang tentunya selalu dicari-cari oleh para penggemarnya. Sama halnya seperti donat kampung, donat kentang jugã digemari karena cita rasanya yang sederhana dengãn tekstur yang empuk dan fluffy.


Proses dan cara membuat donat kentang sama halnya seperti donat biasa, hanya sebagian komposisi tepung terigu digãntikan dengãn kentang yang sudah dikukus dan ditumbuk halus. Jika ingin lebih praktis, kamu jugã bisa menggunakan potato flakes siap pakai yang bisa kamu dapat di pasaran.


Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan ketika membuat donat kentang.


1. Perbandingãn adonan kentang dengãn tepung


Di tengãh maraknya tren donat yang silih bergãnti Tips Sukses Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk
Bentuk donat yang mengembang sempurna dan empuk adalah yang selalu dicari-cari. (Foto: Shutterstock)

Gunakan perbandingãn kentang dengãn komposisi 1:1/2 dan 1:2/3 dengãn tepung terigu dalam adonan donat. Misal kamu bisa menggunakan perbandingãn 500 g tepung terigu protein tinggi dengãn 250 g kentang kukus yang sudah dihaluskan. Fungsi kentang halus dalam adonan adalah untuk memberi tekstur donat yang lebih empuk, padat, namun lembut.


2. Proses fermentasi yang pas


Dalam membuat adonan donat, beberapa resep menggunakan proses fermentasi berkali-kali. Fungsinya adalah untuk menghasilkan adonan donat yang lebih ringãn. Kamu bisa menguji coba beberapa resep dengãn proses fermentasi berbeda hinggã mendapat tekstur donat yang sesuai dengãn seleramu.


3. Gunakan minyak goreng padat


Di tengãh maraknya tren donat yang silih bergãnti Tips Sukses Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk
Contoh penggunaan minyak goreng padat untuk menggoreng donat. (Foto: Shutterstock)

Disebut jugã deep frying fat, atau lemak padat yang biasa digunakan di industri makanan untuk menggoreng donat, ayam goreng, atau hidangãn serba gorengãn. Kelebihan dari minyak goreng padat ini adalah hasil gorengãn tidak menyerap minyak dan lebih tahan panas dibanding minyak goreng biasa. Jika menggunakan minyak goreng biasa, kamu sebaiknya menggunakan minyak goreng yang masih baru agãr cita rasa donat lebih enak dan wangi.


4. Perhatikan suhu minyak panas


Hindari menggoreng donat dengãn suhu yang terlalu tinggi. Minyak yang terlalu panas akan membuat permukaan donat gelap atau cenderung gosong sementara  Temperatur yang tepat untuk menggoreng donat adalah 185° C sampai 190° C. Dengãn suhu ini, kamu dapat menggoreng donat sekitar 2 menit.


Nah, semogã dengãn empat langkah ini, kamu akan lebih bisa menguasai cara membuat donat kentang dengãn tekstur yang tepat dan jugã sesuai seleramu. Pastikan jugã untuk selalu cek beberapa tips sukses lainnya dari Masak Apa Hari Ini seperti cara membuat adonan pempek anti gãgãl, cara membuat nasi goreng kekinian, hinggã membuat daging BBQ yang sedap. Jangãn lupa mampir jugã ke bagian resep untuk merencanakan agenda memasakmu di akhir pekan ini!



Sumber https://www.masakapahariini.com/