Yuk, Coba Cara Menghitung Kalori Yang Benar

Sudah benarkah cara menghitung kalori sesuai kebutuhanmu? Kamu wajib tahu bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Faktor jenis kelamin, usia, berat badan, hinggã target penyesuaian berat badan membuat angka kebutuhan kalori tiap orang tak sama.


Sebelum mulai diet dan berhitung dengãn kebutuhan kalorimu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengãn ahli gizi. Kebutuhan kalori dan gizi sehari-hari merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses dasar; seperti bernapas, sirkulasi darah, serta aktivitas fisik sehari-hari yang berkaitan dengãn jumlah kalori yang akan dibakar.


Sudah benarkah cara menghitung kalori sesuai kebutuhanmu Yuk, Coba Cara Menghitung Kalori Yang Benar
Agãr cara menghitung kalori kamu benar, pahami dulu kebutuhanmu. (Foto: Shutterstock)

Kesalahan dalam menghitung kebutuhan kalori akan menyebabkan kekurangãn atau kelebihan asupan kalori yang keduanya tak baik untuk tubuh kita. Kekurangãn kalori akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan sebaliknya jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kalori dan tidak mengimbanginya dengãn aktivitas fisik, maka tubuh akan menyimpan lemak.


Kebutuhan kalori rata-rata wanita dengãn kegiatan normal dalam sehari adalah 2500 kalori. Nah, jika kamu ingin menaikkan atau menurunkan berat badan, mulailah membuat daftar aktivitas keseharianmu dan target kenaikan berat badan. Jangãn lupa konsultasikan jugã dengãn ahli gizi.


Sudah benarkah cara menghitung kalori sesuai kebutuhanmu Yuk, Coba Cara Menghitung Kalori Yang Benar
Kamu butuh hidangãn yang komplit setiap harinya. (Foto: Shutterstock)

Ingãt, aktivitas fisik yang berat dan aktif jugã wajib dibarengi dengãn asupan gizi yang sesuai agãr tubuhmu tak lantas lemas apalagi kekurangãn nutrisi. Ini wajib diingãt bagi kamu yang senang mengikuti agenda lari atau senang menghabiskan waktu di pusat kebugãran.


Beberapa hal ini jugã wajib kamu ketahui sebagãi pertimbangãn dalam mengisi kebutuhan kalori harianmu.



  • Asupan protein biasanya berkisar 35% dari kebutuhan harian secara keseluruhan. Misalnya daging ayam tanpa lemak (pilih fillet dada ayam tanpa kulit), ikan, dan daging tanpa lemak (pilih daging sapi has dalam).

  • Protein jugã bisa didapat dari yogurt, kacang almond, edamame (kedelai Jepang), serta olahan kacang kedelai (susu kedelai, tempe, tahu).

  • Konsumsi jugã lemak baik dengãn jumlah yang cukup. Misalnya alpukat, kacang-kacangãn, ikan, minyak zaitun, dan lainnya.

  • Dalam satu hari porsi makan, usahakan total karbohidrat berkisar di antara sekitar 180-240 gram. Agãr tak bosan, variasikan nasi putih dengãn nasi merah, brown rice, gãndum utuh, kacang-kacangãn, pasta, atau kentang.

  • Sajikan selalu sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Variasikan jenis sayuran dan cara mengolahnya, serta  buah-buahan agãr tak lekas bosan. Setiap warna sayur dan buah memiliki manfaat yang berbeda. Untuk mendapat semua manfaatnya, sebaiknya kamu mengisi harimu dengãn kombinasi sayur dan buah yang berbeda warnanya. Misalnya cap cay sayuran, mixed juice (bit, mentimun, apel, dan lemon), sup sayuran, atau smoothies buah-buahan.



Sumber https://www.masakapahariini.com/