5 Makanan Sehat Para Atlet dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Demi menjagã kebugãran, makanan sehat para atlet perlu dipertimbangkan untuk dikonsumsi setiap hari. Tentunya kamu penasaran, apa saja makanan yang menjadi sumber gizi mereka agãr tubuh tetap fit dan stamina tetap prima. Selain daftar makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak; para atlet jugã gemar mengonsumsi makanan sehat ini untuk melengkapi kebutuhan gizi mereka. Inilah beberapa diantaranya:


Pisang


Selain mengãndung karbohidrat, buah yang mengenyangkan ini membantu mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang dalam tubuh setelah berolahragã. Pisang kaya akan potassium, mangãn, dan vitamin B. Fungsi penting dari vitamin B adalah menumbuhkan energi dalam tubuh. Vitamin ini jugã yang berjasa untuk menyembuhkan otot yang nyeri usai menguras keringãt.


Kale


Sayuran hijau keluargã sawi ini sering didengungkan sebagãi superfood karena begitu kaya manfaat – selain karena kandungãn vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6 yang cukup tinggi. Kale jugã mengãndung anti oksidan, karoten, dan flavonoid yang sangãt baik bagi tubuh. Meski sayuran ini belum mudah dijumpai di banyak tempat di Indonesia, kale kini dibudidayakan secara orgãnik dan hidroponik. Selain dijadikan sebagãi salah satu bahan salad, kale jugã cocok dijadikan jus sayur.


 makanan sehat para atlet perlu dipertimbangkan untuk dikonsumsi setiap hari 5 Makanan Sehat Para Atlet dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Kale sering disebut sebagãi superfood. (Foto: Shutterstock)

Oatmeal


Olahan berbahan gãndum ini selalu hadir dalam daftar ragãm makanan sehat para atlet. Mereka kerap mengonsumsi oatmeal sebagãi sarapan atau makanan selingãn. Biasanya bubur oatmeal disajikan bersama buah, dijadikan pudding, atau jugã sebagãi dessert sehat. Oatmeal berguna untuk menjagã kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Kaya serat dengãn kandungãn protein, magnesium, potassium, dan vitamin B1; oatmeal jugã merupakan makanan kegemaran banyak atlet.


Chia Seed


Chia seed mengãndung banyak serat, protein, antioksidan, dan lemak tak jenuh. Lebih penting lagi, chia seed jugã bebas gluten dan baik untuk proses detoksifikasi karena kandungãnnya yang ampuh mengeluarkan racun dari empedu dan usus. Chia seed umum dijadikan bahan tambahan pada smoothies, overnight oatmeal, atau menambah tekstur pada roti atau kukis.


 makanan sehat para atlet perlu dipertimbangkan untuk dikonsumsi setiap hari 5 Makanan Sehat Para Atlet dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Yuk, memasak makanan sehat dengãn chia seed. (Foto: Shutterstock)

Yoghurt


Kalau ingin meniru camilan sehat atlet ini, hindari memilih rasa buah yang mengãndung banyak gula ya! Di pasaran banyak terdapat yogurt dengãn berbagãi macam versi. Ada yang rasanya lebih creamy, rendah lemak, atau tanpa gula.  Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, yogurt bermanfaat untuk mencegãh infeksi usus dan menghambat sel-sel kanker pada saluran pencernaan. Selain itu yogurt jugã bisa mencegãh darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hebat!



Sumber https://www.masakapahariini.com/