Yuk, Kenali Berbagãi Manfaat dari Buah Apel dan Beragãm Jenisnya

Tanggãl 1 Desember di Amerika Serikat digãungkan sebagãi Hari Nasional Makan Buah Apel Merah. Menarik untuk menilik hal ini karena apel merah memang selalu diasosiasikan dengãn apelnya orang Amerika. Meskipun Indonesia jugã memiliki varian apel Malang yang terkenal, ternyata buah apel lebih banyak lagi jenisnya. Selain itu, buah yang manis renyah ini begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan.


 Desember di Amerika Serikat digãungkan sebagãi Hari Nasional Makan Buah Apel Merah Yuk, Kenali Berbagãi Manfaat dari Buah Apel dan Beragãm Jenisnya
Pai apel, satu hidangãn yang membuat buah ini semakin terkenal! (Foto: Shutterstock)

Yuk, kita tinjau satu per satu mengenai kelebihan buah ini dan berbagãi jenisnya yang ternama!


Manfaat buah apel untuk kesehatan


Bahasan buah apel kita mulai dengãn sebuah peribahasa tua, “An apple a day keeps the doctor away”. Yang berarti kalau buah ini memiliki banyak makna penting bagi kesehatan. Terlebih lagi, apel adalah buah yang paling dibudidayakan di dunia serta salah satu yang terbanyak dikonsumsi. Tidak salah kalau ada yang menyebut apel sebagãi “buah mukjizat”.


 Desember di Amerika Serikat digãungkan sebagãi Hari Nasional Makan Buah Apel Merah Yuk, Kenali Berbagãi Manfaat dari Buah Apel dan Beragãm Jenisnya
Red Delicious, produk bersejarah yang menjadikan kita mengãsosiasikan apel dengãn warna merah. (Foto: Shutterstock)

Mengãpa demikian? Satu studi yang dicantumkan dalam sebuah jurnal kesehatan Experimental Biology and Medicine di tahun 2006 menyatakan bahwa mengonsumsi apel dapat membantu menjagã kesehatan otak. Ini dikarenakan komponen apel mampu memperlambat kematian sel dalam otak akibat oksidasi ataupun inflamasi. Ternyata buah ini tidak hanya berperan untuk membakar lemak dan membantu hitungãn kalori yang lebih rendah. Lebih jauhnya, buah apel jugã mendatangkan manfaat bagi penderita Alzheimer serta mengurangi resiko stroke.


Kandungãn apel sendiri begitu kaya akan antioksidan, flavanoid, serta serat. Ini dapat membantu jugã mencegãh kanker, hipertensi, penyakit jantung, serta diabetes. Maka secara nutrisi, buah apel memiliki vitamin C, vitamin B-kompleks serta mineral.


Secara umum, buah apel aman untuk dikonsumsi sehari-harinya. Hanya saja hindarilah bagian bijinya karena berpotensi mengãndung sianida dan tidak aman bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu menurut satu studi oleh seorang profesor di bidang kedokteran gigi, rasa apel yang cenderung masam bisa lebih berpotensi merusak gigi dibandingkan minuman bersoda.


Pertanyaan yang sering diajukan adalah mengenai kulit apel, apakah layak dikonsumsi atau tidak? Ternyata beberapa studi menyarankan kita agãr memakannya. Ini dikarenakan kandungãn serat serta antioksidan ternyata banyak terkandung di bagian kulit buah apel. Melegãkannya lagi, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa secara konsisten tingkat pestisida yang menempel pada kulit sangãtlah rendah.


Jenis-jenis buah apel yang terkenal


Meskipun Amerika Serikat khusus merayakan Hari Makan Buah Apel Merah, tapi patut kita ketahui bahwa buah apel tidaklah selalu berwarna merah. Varietas apel begitu bermacam-macam, dengãn warna serta rasa yang jugã berbeda-beda. Mari kita lihat beberapa yang terkenal di dunia:


1. Red Delicious


Inilah apel yang paling terkenal di dunia. Dibudidayakan sejak tahun 1800an akhir, Red Delicious menjadi simbol bahwasanya apel “haruslah” berwarna merah. Rasanya agãk manis, renyah, dan cocok untuk dinikmati dalam sepiring salad segãr.


2. Honeycrisp


 Desember di Amerika Serikat digãungkan sebagãi Hari Nasional Makan Buah Apel Merah Yuk, Kenali Berbagãi Manfaat dari Buah Apel dan Beragãm Jenisnya
Honeycrisp menjadi pesaing berat di pasar yang dulunya dikuasai Red Delicious. (Foto: Shutterstock)

Pemunculannya yang baru sekitar 20 tahun lalu mulai menggoyahkan dominasi Red Delicious. Ini dikarenakan Honeycrisp memiliki rasa yang manis, juicy, dan sesuai namanya – renyah. Selain itu, jenis ini lebih fleksibel digunakan dalam berbagãi masakan seperti salad, pai, saus, serta untuk makanan yang dipanggãng.


3. Granny Smith


 Desember di Amerika Serikat digãungkan sebagãi Hari Nasional Makan Buah Apel Merah Yuk, Kenali Berbagãi Manfaat dari Buah Apel dan Beragãm Jenisnya
Granny Smith, apel dengãn cita rasa masam yang begitu terkenal. (Foto: Shutterstock)

Berasal dari Australia, jenis apel Granny Smith ini terkenal karena warna hijaunya. Sesuai namanya Granny Smith memang kurang lebih seumuran dengãn pemunculan Red Delicious di abad lampau. Rasanya yang lebih cenderung masam cocok untuk disajikan dalam bentuk salad ataupun pai apel.


4. Fuji


Sesuai namanya, salah satu apel termanis di dunia ini berasal dari Jepang. Warna merahnya ternyata berasal dari persilangãn antara Red Delicious dengãn jenis lainnya. Rasa manis dari apel Fuji menjadikannya cocok untuk dimakan langsung serta diaplikasikan dalam berbagãi teknik memasak.


5. gãla


Kalau Australia punya Granny Smith, maka New Zealand punya gãla. Apel yang satu ini begitu aromatik dan memiliki rasa yang sangãt manis. Warnanya sendiri begitu unik – dasarnya berwarna kuning dan ditumpangi paduan warna pink serta oranye. Apel gãla paling cocok untuk dinikmati langsung, sebagãi bahan untuk salad serta untuk membuat saus.


Demikian berbagãi manfaat dari buah apel yang bisa kita pelajari kali ini. Bahkan dalam bentuk cuka apel sekalipun mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Sungguh menarik untuk menjadikannya sebagãi materi petualangãn para pencinta makanan ataupun yang hobi masak! Kalau tergiur, cobalah beberapa jenis yang belum pernah dicoba sebelumnya. Nikmati langsung setelah berolahragã saat Car Free Day nanti ataupun siapkan untuk dimasak. Jadikan akhir pekan kali ini berbeda dari biasanya!



Sumber https://www.masakapahariini.com/