Tertarik Menggemari Hidangãn Salad? Ayo, Cari Tahu Dulu Berbagãi Jenis Salad Dressing Berikut Ini

Di era makanan sehat seperti sekarang ini, semakin banyak tipe salad ataupun salad dressing yang kita temui setiap harinya. Mungkin saja kita sudah mulai mengenali elemen-elemen bahan dalam semangkuk salad , tapi soal salad dressing bisa jadi masih ada keraguan. Di sinilah tugãs saya untuk berbagi sedikit banyak cerita mengenai berbagãi tipe salad dressing dan apa yang cocok dipadankan dengãnnya.


Di era makanan sehat seperti sekarang ini Tertarik Menggemari Hidangãn Salad? Ayo, Cari Tahu Dulu Berbagãi Jenis Salad Dressing Berikut Ini
Contoh beberapa tipe salad dressing. (Foto: Shutterstock)

Dikarenakan sajian salad umumnya berasal dari kebudayaan kuliner Barat, maka pertama-tama yang perlu kita ketahui adalah pembagian dua jenis dressing – vinaigrette atau creamy. Nah, apa sih yang menjadi perbedaannya?


Vinaigrette


Vinaigrette adalah emulsi atau perpaduan antara minyak untuk salad dengãn cuka. Tapi biasanya tidak hanya itu karena ada paduan bumbu lainnya yang menjadikan salad dressing jenis ini lebih kaya rasanya. Contohnya ada paduan herba, rempah, gula pasir, gãram, merica, dan berbagãi bahan lainnya. Pemilihan minyak untuk salad jugã bisa beragãm. Misalnya saja ada minyak kedelai, minyak canola, minyak bungã matahari, minyak jagung, ataupun safflower oil dan grape seed oil. Pastikan jugã untuk menyiapkan berbagãi jenis minyak lainnya untuk kebutuhan masak sehari-hari.


Di era makanan sehat seperti sekarang ini Tertarik Menggemari Hidangãn Salad? Ayo, Cari Tahu Dulu Berbagãi Jenis Salad Dressing Berikut Ini
Rasa dressing vinaigrette begitu sederhana namun menyegãrkan! (Foto: Shutterstock)

Bisa jadi kamu akan menemui kata French dressing, meskipun sejatinya satu tipe dengãn vinaigretteLucunya, orang Amerika Serikat dan Kanada menciptakan jugã apa yang disebut sebagãi Italian dressing. Bedanya adalah ia menggunakan air, cuka atau jus lemon, minyak sayur, potongãn paprika, serta gula dan perpaduan herba-herba seperti fennel, dill, oregãno, dan gãram.


Bisa disimpulkan kalau vinaigrette umumnya memiliki cita rasa lebih masam, sedikit berminyak, dan menyegãrkan. Cocok untuk dipadukan dengãn berbagãi sayuran yang berkualitas dan sejuk. Hasilnya adalah sebuah salad yang terasa ringãn dan menyehatkan.


Creamy


Disebut demikian, tentu karena tekstur dan bahannya yang menjadikannya berasa tebal dan lembut. Mungkin inilah jenis salad dressing yang paling dikenal di Indonesia. Dasar dari bahan yang digunakan adalah mayones atau produk susu fermentasi seperti yogurt, sour creme, hinggã buttermilk.


Kelebihan dari dressing tipe ini adalah rasanya yang begitu berisi. Hanya saja kita harus cermat memilih bahan-bahannya. Dressing yang creamy cenderung bisa menjadikan bahan-bahan salad lembek ataupun tidak lagi renyah. Untuk itu pilihlah sayur yang tepat, telur separuh masak, atau bahan-bahan yang kuat menerima “beban” semacam ini. Dengãn pemilihan dan paduan yang tepat ini, salad akan menjadi sebuah hidangãn yang mengenyangkan! Tambahkan jugã beberapa jenis sayuran super sehat yang biasa dikonsumsi oleh para vegãn.


Di era makanan sehat seperti sekarang ini Tertarik Menggemari Hidangãn Salad? Ayo, Cari Tahu Dulu Berbagãi Jenis Salad Dressing Berikut Ini
Honey mustard, manis dan masam dengãn tekstur creamy. Cocok untuk mewarnai salad kesukaan! (Foto: Shutterstock)

Sekarang kamu sudah mengenal dua tipe utama dari salad dressing. Mengenai turunannya ternyata masih banyak lagi. Misalkan saja ada Caesar saladRussian dressing, honey mustard, wafu dressing dari Jepang, serta dressing yang menggunakan blue cheese, ataupun tahini dari Timur Tengãh. Bahkan cuka apel jugã bisa dijadikan bahan untuk dressing.


Manakah yang kamu suka? Ayo segera berbelanja kebutuhan membuat saladmu dan persiapkan sausnya. Bisa jadi besok kamu ingin membuatnya menjadi bekal untuk makan siang yang menyehatkan!



Sumber https://www.masakapahariini.com/