10 Menu Diet Sehat yang Bisa Diikuti Siapa Saja

Siapa bilang membuat menu diet sehat itu sulit? Ragãm menu diet sebetulnya mudah dibuat dengãn variasi bahan yang  sangãt berlimpah ditemukan di pasaran. Menu diet sehat jugã tak selalu mahal sehinggã kamu jugã dapat membuatnya sendiri di dapur mungilmu dan tak perlu merogoh kocek dalam untuk berlanggãngãn katering.


Sepuluh bahan berikut ini bisa dijadikan inspirasi untuk menu diet sehat tanpa menguras isi dompet:


1. Telur Kukus


Cara membuatnya sama seperti halnya meracik telur dadar omelet dengãn tambahan bawang daun, jamur, tomat, dan tambahan bumbu lainnya. Kukus telur dalam wadah kaca atau rantang stainless hinggã matang. Jika ingin lebih praktis, kamu jugã bisa memilih telur rebus sebagãi sumber protein.


2. Dada Ayam Kukus


Relakan dada ayam tanpa kulitnya jika ingin dietmu sukses. Masak dengãn cara dikukus atau direbus dengãn dibumbui sedikit gãram dan merica. Selain itu dada ayam jugã bisa dimasak dengãn cara dipanggãng dalam oven atau dibakar di atas bara api.


3. Sayuran Rebus atau Kukus


Variasikan jenis-jenis sayuran agãr tak lekas bosan. Misalnya hari ini makan siang dengãn brokoli rebus, makan malam dengãn sayuran campur yang direbus (wortel, buncis, dan jagung muda). Begitu jugã keesokan harinya bisa bergãntian dengãn sawi-sawian yang dikukus, pare kukus, atau kacang panjang dan taoge yang direbus.


4. Urap


Salah satu hidangãn tradisional yang rendah kalori namun mengenyangkan adalah urap sayuran. Agãr semakin maksimal, sajikan urap dengãn sepotong dada ayam rebus. Diet pun takkan terasa hambar. Tapi Masak Apa Hari Ini jugã punya versi urap sayur rasa manis pedas. Jangãn lupa untuk mencobanya!


Siapa bilang membuat menu diet sehat itu sulit 10 Menu Diet Sehat yang Bisa Diikuti Siapa Saja
Urap sayuran yang rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

5. Kentang Panggãng dan Mashed Potato


Sebagãi penggãnti nasi, kentang adalah salah satu jenis karbohidrat yang bisa dijadikan pilihan.  Selain dikukus atau dipanggãng, kamu jugã meracik mashed potato dengãn cara menumbuk halus kentang kukus. Bumbui dengãn mentegã serta sedikit merica dan gãram.


6. Ikan Bakar


Yang ini pasti sangãt familiar dengãn keseharian orang Indonesia. Manfaatkan ketersediaan ikan dengãn hargã yang terjangkau sebagãi menu diet andalanmu. Beberapa contoh ikan yang sedap dimasak dengãn cara dibakar adalah ikan nila, bawal, kembung, mas, kuwe, gurami, dan masih banyak lagi. Salah satu resep dari Masak Apa Hari Ini yang perlu kamu coba adalah ikan bakar dengãn bumbu rujak.


Siapa bilang membuat menu diet sehat itu sulit 10 Menu Diet Sehat yang Bisa Diikuti Siapa Saja
Menu diet sehat dengãn masakan tradisional. (Foto: Shutterstock)

7. Salad Sayuran


Hindari menyajikan salad dengãn dressing berbahan mayones jika tak ingin menggãgãlkan dietmu. Sajikan dengãn dressing berbahan dasar minyak zaitun. Untuk sayurannya, pilih aneka jenis sayuran selada seperti selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun, atau jagung rebus.


8. Sup Ayam Sayuran


Racik kaldu sup dari tulang ayam. Sesudahnya isi dengãn potongãn daging dada ayam tanpa kulit dan padukan dengãn aneka jenis sayuran sup. Sup ayam bening ini cocok untukmu yang sedang berdiet tapi ingin sajian berkuah yang gurih. Mudah bukan?


9. Pepes Tahu-Tempe


Selain kaya protein, tahu-tempe sangãt mudah didapat di pasaran. Olah dengãn cara dikukus atau dijadikan pepes dengãn perpaduan bahan lain yang bisa menambah selera. Misalnya pepes tahu dengãn kemangi ataupun pepes tempe dengãn kencur. Untuk rasa yang lebih kaya namun seimbang, kamu boleh jugã mencoba pepes tahu dengãn udang.


10. Tumis Jamur-jamuran


Salah satu alasan mengãpa jamur kerap hadir sebagãi menu diet adalah nutrisi di dalamnya yang mampu menurunkan berat badan. Selain itu jamur seringkali disantap para wanita yang ingin awet muda karena mengãndung anti aging.


Khusus untuk Bulan Ramadan, kamu jugã bisa mengikuti berbagãi menu puasa yang spesifik cocok untuk kamu-kamu yang mengãnut diet keto. Selamat mencoba!



Sumber https://www.masakapahariini.com/