4 Menu Makan Atlet yang Patut Dicontek

Setidaknya kita semua menyenangi satu cabang olah ragã. Apakah itu dijadikan sebagãi hobi, cukup menonton saja, ataupun didalami hinggã profesional. Begitupun dengãn atletnya – selain mengidolakan mereka karena keahliannya, pastinya ada jugã rasa penasaran dengãn apa yang mereka makan sehari-hari agãr berprestasi. Hari ini, aku akan berbagi beberapa menu makan atlet yang menarik untuk diikuti namun tetap, jangãn lupa untuk selalu berolahragã jugã ya!


1. Roger Federer (Tennis)


Soal daya tahan tubuh, pemain tenis profesional adalah salah satu yang paling top di dunia olah ragã. Bayangkan saja, dalam kompetisi Grand Slam bisa saja mereka bertanding hinggã 5 set atau menjalani tie break panjang. Bahkan pertandingãn semi final Wimbledon 2018 yang baru berlalu antara Kevin Anderson dan John Isner harus dijalani hinggã hampir tujuh jam akibat tie break berkepanjangãn!


Setidaknya kita semua menyenangi satu cabang olah ragã 4 Menu Makan Atlet yang Patut Dicontek


Tapi contoh kali ini datang dari sang legenda sendiri Roger Federer dengãn menu makanannya yang menyenangkan. Sebelum bertanding, petenis hebat ini biasanya mengonsumsi waffle dengãn sirup raspberry serta sereal, buah-buahan, hinggã kopi dan satu sloki cuka.


Mengãpa waffle? Karena sebelum bertanding, karbohidrat ringãn tidak membuat perut bergejolak dan memasok energi yang mencukupi untuk daya tahan selama bertanding. Yang unik justru adalah cuka, yang digãdang-gãdang sebagãi salah satu superfood masa kini – meskipun secara sains masih banyak diperdebatkan mengenai keutamaannya dalam jangka panjang.


2. Diego Forlan (Sepakbola)


Futsal dengãn lapangãnnya yang berukuran kecil memang cukup untuk stamina kebanyakan orang. Namun bagi yang bermain sepakbola di lapangãn ukuran internasional, kalau tidak terbiasa malah nafas akan tersengãl-sengãl walaupun baru saja sebentar bermain. Itulah uniknya pemain sepakbola – selama 90 menit harus bisa mengimbangi stamina dengãn kebutuhan berlari dan jugã sprinting.


Setidaknya kita semua menyenangi satu cabang olah ragã 4 Menu Makan Atlet yang Patut Dicontek


Diego Forlan – penyerang terkenal asal Uruguay, memiliki kebiasaan makannya khas sebelum bertanding. Menu makan atlet yang satu ini adalah roti bakar dengãn mentegã, yogurt, omelet putih telur, jus jeruk, serta tak ketinggãlan – sepiring penuh berisi nanas!


Nanas mengãndung vitamin C, serat, dan jugã enzim bromelain – yang sangãt membantu mencegãh inflamasi atau pembengkakan. Selain itu yogurt dan putih telur kaya akan protein.


3. Amar’e Stoudemire (Bola Basket)


Sang veteran Amar’e Stoudemire memberikan contoh menu makan atlet yang ringãn dan patut untuk dicontek. Dengãn tinggi lebih dari dua meter dan menggeluti satu bidang olah ragã yang sangãt kompetitif ini, sang atlet memiliki kebiasaan menikmati omelet, buah-buahan, “jus hijau”, dan jugã air kelapa untuk sarapannya.


Setidaknya kita semua menyenangi satu cabang olah ragã 4 Menu Makan Atlet yang Patut Dicontek


Mungkin banyak yang bertanya mengãpa telur selalu menjadi pilihan banyak orang sebagãi makan pagi. Jawabannya adalah karena telur adalah sumber protein yang baik. Sudah didugã bukan? Nah bedanya, meski kadar proteinnya lebih sedikit dari daging – telur membentuk otot sama baiknya dengãn daging!


Air kelapa konon termasuk superfood meski tentu tetap diperdebatkan khasiatnya. Memang betul air kelapa mengãndung elektrolit, namun sebetulnya tetap bisa disubstitusi dengãn air mineral pada umumnya.


4. Conor McGregor (Seni Bela Diri Campuran – MMA)


Salah satu cabang olah ragã yang sangãt naik daun belakangãn ini adalah MMA atau mixed martial arts. Pastinya semua sudah mengenal sang jagoannya Conor McGregor, bukan? Baginya, “makanan enak” adalah kunci dari santapannya sehari-hari alias menikmati apapun itu! Terdengãr mudah bukan? Yang membedakan adalah keseharian Conor diisi dengãn berlatih keras hinggã delapan jam!


Conor sudah terbiasa bergãnti-gãnti latihan berbagãi jenis bela diri dari taekwondo, jiu-jitsu, capoeira, hinggã melakukan yogã. Ia jugã mencukupkan dengãn meminum air ataupun air kelapa sebagãi hidrasi dan menikmati daging. Yang terpenting baginya adalah tidak mengonsumsi minuman berenergi.


Apakah kamu memiliki menu makan tersendiri yang jugã sama sehatnya? Jangãn lupa cek bagian resep-resep ataupun bahan-bahan alternatif dan sehat yang bisa kamu gunakan saat masak berikutnya!




Sumber foto: Shutterstock



Sumber https://www.masakapahariini.com/