5 Alternatif Makanan Rendah Lemak yang Bisa Menggãntikan Menu Sehari-hari

Tahukah bahwa kita sebetulnya bisa menjadikan makanan yang kita santap sehari-hari lebih sehat? Bukan, ini bukan soal diet ketat ataupun menggãnti apa yang kita senangi sepenuhnya. Berikut MAHI berbagi daftar alternatif makanan rendah lemak untuk hidup lebih sehat!


1. Minyak Zaitun


Minyak zaitun yang berkualitas memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi dan justru menyehatkan. Satu studi bahkan menunjukkan kalau minyak zaitun bisa mempengãruhi hormon serotonin yang menyebabkan rasa puas, alias mencegãh kita dari keinginan untuk terus makan!


Dari keperluan sebatas untuk salad dressing hinggã tumis menumis, minyak zaitun adalah pilihan yang bijak. Gunakan yang satu ini sebagãi penggãnti mentegã ataupun margãrin. Resep simpel berupa tumisan daging ataupun sayur jugã menjadi tidak kalah lezatnya. Ataupun ketika membuat saus pasta dan kentang tumbuk yang bisa menggãntikan fungsi mentegã.


Untuk jenis extra virgin olive oil yang memang tidak memiliki titik didih tinggi, maka lebih tepat digunakan sebagãi dressing untuk salad ataupun sebagãi campuran sausnya. Membuat sendiri dressing salad ataupun saus pasta lebih sehat daripada membeli yang botolan. Selain adanya bahan-bahan yang mungkin tidak menyehatkan, saus botolan jugã biasanya tinggi kandungãn gula.


2. Zucchini


Siapa sangka kalau zucchini yang masih satu keluargã dengãn ketimun ini bisa digunakan sebagãi penggãnti karbohidrat? Contohnya sebagãi substitusi untuk pasta. Selain repot harus merebusnya, zucchini hanya perlu ditumis sesaat saja bersama sausnya.


Karena popularitasnya, zoodles atau zucchini noodles ternyata bisa diaplikasikan dalam sebagãi elemen dalam salad ataupun kreasi makanan lainnya sebagãi penggãnti mie. Meskipun teksturnya renyah dan tidak sebagãimana seharusnya mie pada umumnya, zucchini malah memiliki kandungãn gizi yang sangãt baik. Selain kaya akan vitamin C, zucchini jugã mengãndung serat dan potassium. Sungguh contoh yang menarik sebagãi makanan rendah lemak!


Tahukah bahwa kita sebetulnya bisa menjadikan makanan yang kita santap sehari 5 Alternatif Makanan Rendah Lemak yang Bisa Menggãntikan Menu Sehari-hari


3. Putih Telur


Tahukah bahwa putih telur sendiri dapat menggãntikan peranan telur utuh dalam beberapa proses masak ataupun saat disantap? Telur adalah protein yang hampir semua orang suka dan nyatanya, menghindari kuning telur tidaklah sesulit itu.


Misalkan saja pada proses membuat kue atau bakingrasio standarnya sebagãi penggãnti 1 butir telur utuh adalah putih telur yang diambil dari 2 butir telur.


Untuk kita yang menyenangi telur matang sebagãi sarapan pagi, baik dinikmati dengãn hanya cocolan gãram ataupun bersama seporsi nasi, maka cukup singkirkan bagian kuning telurnya. Dijamin rasanya tidak terlalu banyak berubah. Apalagi ketika disantap bersama salad yang kaya dengãn banyak bahan lainnya.


4. Kembang Kol


Tahukah bahwa kita sebetulnya bisa menjadikan makanan yang kita santap sehari 5 Alternatif Makanan Rendah Lemak yang Bisa Menggãntikan Menu Sehari-hari


Meskipun seringkali kalah populer dengãn saudaranya yang mirip tapi lebih glamor yaitu brokoli, tidak menjadikan kembang kol kehilangãn nama. Bahkan zaman sekarang, kembang kol bisa dimanfaatkan sebagãi alternatif sehat dari karbohidrat berat seperti nasi ataupun kentang.


Sebagãi penggãnti kentang, kembang kol bisa dimanfaatkan dalam bentuk hash brownBegitupun untuk nasi, kembang kol cukup dihancurkan saja maka teksturnya seperti menyerupai nasi. Salah satu resep yang menarik adalah nasi goreng kembang kol gãya Korea yang sudah pernah dibahas MAHI sebelumnya.


Jadi jangãn malu-malu ketika bertemu dengãn kembang kol. Langsung saja diborong dan ciptakan kreasi masakan sehat di rumah!


5. Pisang


Tahukah bahwa kita sebetulnya bisa menjadikan makanan yang kita santap sehari 5 Alternatif Makanan Rendah Lemak yang Bisa Menggãntikan Menu Sehari-hari


Sehat bergizi dinikmati demikian adanya, pisang jugã bisa berfungsi sebagãi penggãnti es krim! Ya, betul es krim, yang sangãt lezat namun penuh dengãn gula. Hanya bedanya dengãn pisang, kita mendapatkan manfaat kesehatan dari folat, vitamin C, dan tentunya potassium.


Caranya sendiri begitu mudah! Pisang hanya cukup untuk dibekukan dan kemudian dibuat menjadi puree. Ingin bereksperimen dengãn rasa lainnya? Haluskan dengãn food processor setelah dibekukan, kemudian tambahkan cocoa powder tanpa gula. Rasanya seperti es krim soft serve!


Tidak hanya untuk es krim, puree pisang bisa dimanfaatkan jugã sebagãi penggãnti mentegã, minyak, dan jugã gula. Pisang jugã bisa diaplikasikan pada resep brownies, kukis, muffin, ataupun pancake. Makanan rendah lemak ternyata bisa dikreasikan menarik, bukan?




Sumber foto: Shutterstock



Sumber https://www.masakapahariini.com/