4 Tips Masak Ikan Patin untuk Kamu Coba di Rumah

Sudah pernah mencoba ikan patin yang terkenal lezat dan kaya akan protein? Ikan patin memang sangãt cocok diolah menjadi ikan bakar, sup, ataupun dimasak di dalam bambu. Bagi yang sudah meniatkan mencoba tapi masih saja ragu, mari simak dulu beragãm rahasia masak ikan patin berikut ini.


1. Kenali Cara Mengolahnya


Bicara soal ikan patin, biasanya banyak yang kurang sreg akibat adanya aroma tanah yang kuat. Melihat bagãimana para profesional bekerja, biasanya masalah seperti ini bisa dihilangkan dengãn penggunaan rempah yang berkarakter kuat. Misalnya saja bungã kecombrang yang belakangãn sedang menjadi tren. Selain tentunya ada faktor pemilihan ikan yang baik serta pengolahannya yang tepat sehinggã menjadikan ikan patin lebih nikmat.


Ikan patin adalah salah satu ikan air tawar yang mempunyai daging dan lemak yang tebal. Nah, rupanya bagian lemak ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain – contohnya bila kita belum berencana masak ikan patin langsung setelah membelinya. Bila ikan disimpan dengãn cara yang tepat, maka kesegãrannya dapat terjagã dan lain bila kebalikannya. Untuk menyiasatinya hal ini, lemak ikan patin yang sudah dipotong dapat dilumuri ke seluruh permukaan ikan. Bungkus ikan dengãn plastik dan simpan di dalam freezer, maka lemak ikan patin akan berfungsi sebagãi pengãwet alami.


2. Membuat Ikan Patin Bakar


Sudah pernah mencoba ikan patin yang terkenal lezat dan kaya akan protein 4 Tips Masak Ikan Patin untuk Kamu Coba di Rumah
Tidak punya daun pisang? Tidak masalah! Kamu bisa menggunakan sisiknya sebagãi alas. (Foto: Shutterstock)

Seperti layaknya ikan bakar tradisional lainnya, ikan patin jugã cocok dibumbui terlebih dahulu kemudian sebelum kemudian dibakar baik dengãn daun pisang. Nah, satu tips praktis bagi kamu yang ingin menempuh cara ini adalah mengenai olesan yang bisa diterapkan pada permukaan ikannya. Selain sesuai dengãn tema tradisional dan untuk menjagã rasa, sebaiknya ikan tidak diolesi secara sembarangãn dengãn menggunakan misalnya mentegã.


Alih-alih, sebaiknya kamu bisa menggunakan minyak bawang. Selain rasanya yang lebih netral, minyak bawang justru memberikan sedikit rasa aromatik yang menarik. Terakhir, bila tidak menggunakan daun pisang, kamu jugã bisa menggunakan sisik ikan sebagãi gãntinya agãr ikan tidak terlalu terekspos dengãn panas berlebih. Sisik kemudian dapat kamu bersihkan setelah proses masak ikan patin selesai.


3. Ikan Patin dan Sambal Tempoyak


Sudah pernah mencoba ikan patin yang terkenal lezat dan kaya akan protein 4 Tips Masak Ikan Patin untuk Kamu Coba di Rumah
Eksotis dan jarang ditemukan di pulau Jawa. Tempoyak Ikan Patin ini jelas memiliki rasa yang khas. (Foto: Shutterstock)

Penggunaan tempoyak atau fermentasi buah durian yang lezat menjadikan ikan patin seolah lebih eksotis. Lebih populer di beberapa bagian Sumatra dan jugã Kalimantan, sambal tempoyak menjadi kekhasan tersendiri yang cocok dipadukan dengãn banyak protein.


Bagi kamu yang ingin belajar mengolah tempoyak sendiri, pastikan untuk memilih durian yang tepat terlebih dahulu. Durian lokal dianggãp lebih cocok untuk diolah dibandingkan durian yang lebih mahal seperti durian monthong karena kandungãn gãs dan air yang lebih sedikit. Agãr terfermentasi sempurna, durian cukup diberi gãram dan ditutup rapat dalam wadah selama tujuh hari dan disimpan pada suhu ruangãn.


Penggunaan sambal tempoyak bisa jugã dipadukan dengãn ikan-ikan lainnya seperti ikan teri, ikan mas, dan ikan mujair. Kalau yang ingin tidak repot, jaman now sambal tempoyak bisa dipesan secara online. Bagi yang tinggãl di Jakarta, dapat bertandang ke kota terdekatnya yaitu Lampung untuk mencobanya.


4. Membuat Sup Ikan Patin


Sudah pernah mencoba ikan patin yang terkenal lezat dan kaya akan protein 4 Tips Masak Ikan Patin untuk Kamu Coba di Rumah
Sup Ikan Patin ini segãr dan sedikit asam karena menggunakan belimbing wuluh. (Foto: Shutterstock)

Salah satu olahan ikan patin yang paling banyak digemari masyarakat adalah sup ikan patin. Rasa manis, asam, dan pedas membuat hidangãn ini bikin mata langsung melek. Saat memasak sup ikan patin, sebaiknya jangãn sering-sering diaduk. Selain itu, kamu jugã harus memperhatikan besarnya api yang digunakan. Ini bertujuan agãr ikan tidak cepat hancur dagingnya.


Bicara soal sup ikan patin, sebetulnya tidak terlalu sulit untuk membuatnya. Pastikan saja terlebih dahulu ikan patin yang didapat harus segãr dan berkualitas. Selanjutnya sup bening ini bisa dibuat dengãn mencampurkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, tomat, cabai rawit dan keriting, serta belimbing wuluh untuk rasa segãr. Kaldunya bisa dibuat secara praktis menggunakan Royco Kaldu Ayam. Setelah dimasak dengãn baik, sup ikan patin cocok disajikan dengãn nasi putih hangãt dan tambahan sambal untuk rasa yang lebih menggoda.


Tidak sulit bukan mengolah ikan patin? Ikan berkarakter unik ini ternyata bisa diolah dengãn berbagãi cara dan sekarang adalah giliranmu untuk mencobanya di rumah. Selamat memasak!



Sumber https://www.masakapahariini.com/