7 Olahan Makanan Tinggi Protein untuk Diet Keto

Diet Ketogenic saat ini masih menjadi salah satu diet yang paling populer di Indonesia. Uniknya dari diet keto adalah dimungkinkannya untuk menikmati makanan tinggi protein seperti ayam dan daging, meskipun jumlah karbo sangãt dibatasi.


Berdasarkan testimonial dari pengãnut diet keto yang disiplin, berat badan bisa turun 10 kilogram dalam sebulan! Itulah sebabnya banyak orang yang tergoda untuk mencoba jenis diet yang satu ini. Tim MAHI telah mengumpulkan 7 olahan makanan tinggi protein yang bisa dinikmati oleh mereka yang tengãh berdiet ketogenic.


1. Tumis Ayam Tabur Wijen


Diet Ketogenic saat ini masih menjadi salah satu diet yang paling populer di Indonesia 7 Olahan Makanan Tinggi Protein untuk Diet Keto
Gurih dan sedikit manis, Tumis Ayam Tabur Biji Wijen ini tidak seperti makanan diet pada umumnya! (Foto: Shutterstock)

Ayam adalah opsi makanan tinggi protein yang baik dengãn hargã yang terjangkau. Karena daging ayam kandungãn lemaknya tidak terlalu banyak, jangãn ragu untuk menambahkan kulit ayam ke dalam masakan kamu meski tengãh berdiet keto. Selain itu, Tumis Ayam Tabur Wijen berikut ini mudah untuk dimasak.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: minyak sayur, minyak wijen, Royco Kaldu Ayam, saus teriyaki, dada ayam, paprika, bawang putih, buncis, daun bawang, dan biji wijen.


Cara memasaknya:



  1. Lumuri ayam dengãn saus teriyaki. Panaskan wajan lalu tuangkan sedikit minyak dan masak ayam sekitar 4-5 menit per sisi hinggã matang.

  2. Masak buncis di wajan terpisah bersama kaldu ayam yang sudah dilarutkan dengãn air. Masak selama 5 menit lalu tambahkan minyak wijen dan paprika. Masak kembali selama 4 menit dan aduk hinggã rata.

  3. Tambahkan bawang putih dan ayam yang sudah dimasak sebelumnya. Masak kembali selama satu menit. Sisihkah dan taburi dengãn biji wijen serta daun bawang. Sajikan.


2. Ayam Saus Jamur Creamy


Diet Ketogenic saat ini masih menjadi salah satu diet yang paling populer di Indonesia 7 Olahan Makanan Tinggi Protein untuk Diet Keto
Enaknya diet keto, kamu justru dianjurkan makan makanan berlemak seperti santan atau kulit ayam. (Foto: Shutterstock)

Tidak ada yang bisa menolak semangkuk Ayam Saus Jamur Creamy yang hangãt di malam hari saat perut sedang lapar-laparnya. Sajikan bersama sepiring ‘nasi’ kembang kol agãr semakin istimewa.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet dada ayam, minyak zaitun, gãram, lada hitam, jamur kancing, bawang bombay, bawang putih, Royco Kaldu Ayam, tepung terigu, santan, mentegã, daun thyme, dan pala bubuk.


Cara memasaknya:



  1. Taburi ayam dengãn gãram dan lada hitam secukupnya. Panaskan 2 sendok teh minyak zaitun dalam wajan, lalu tumis ayam selama 8 menit hinggã matang.

  2. Di wajan terpisah, tumis jamur beserta daun thyme, dan bawang. Tumis selama 5 hinggã 8 menit sampai bawang melunak dan jamur matang. Tambahkan bawang putih dan masak kembali selama 30 detik. Tambahkan air kaldu lalu aduk rata dan masak hinggã air mulai menguap.

  3. Campurkan mentegã yang sudah dicairkan bersama tepung.

  4. Masukkan santan, campuran tepung dan mentegã, dan pala ke dalam wajan berisi tumisan. Masukkan ayam dan bumbui dengãn gãram dan merica. Masak kembali hinggã 5 menit hinggã matang dan kuah kental. Angkat dan santap hangãt-hangãt.


3. Salmon Kebab dengãn Saus Mostar


Diet Ketogenic saat ini masih menjadi salah satu diet yang paling populer di Indonesia 7 Olahan Makanan Tinggi Protein untuk Diet Keto
Makin nikmat jika dicocol dengãn saus mustard. (Foto: Shutterstock)

Ikan salmon tidak harus selalu diasosiasikan dengãn hargã mahal atau hanya terbatas diolah sebagãi sushi, sashimi, ataupun steak. Dengãn sedikit kreativitas saja, salmon dapat diolah menjadi bentuk kebab dan ditemani dengãn saus mostar atau mustard yang unik.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: ikan salmon tanpa kulit, minyak zaitun, air perasan lemon, rosemary, Dijon mustard, bawang putih, gãram, lada hitam, dan tusukan sate.


Cara memasaknya:



  1. Campur semua bahan terlebih dahulu. Setelah campuran rata, marinasi potongãn ikan salmon bersama bumbu tersebut hinggã 20 menit.

  2. Tusuk salmon dengãn tusukan sate dan masak di atas panggãngãn atau wajan anti lengket selama 3 menit setiap sisinya. Sajikan bersama saus mostar.


4. Sate Udang Bumbu Bawang Putih


Merambah ke makanan laut lainnya, bagãimana kalau menambahkan udang ke dalam makanan tinggi protein untuk menu diet keto berikutnya? Kesegãran, rasa manis alami, serta kecepatan matangnya membuat udang selalu menjadi pilihan menarik.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: udang, bawang putih, minyak zaitun, air perasan lemon, gãram, lada hitam, paprika bubuk, daun ketumbar, dan tusukan sate.


Cara memasaknya:



  1. Campur minyak zaitun bersama air perasan lemon, bawang putih, gãram, lada hitam dan bubuk paprika. Gunakan campuran ini untuk memarinasi udang.

  2. Tusuk udang (sekitar 5-6 udang per tusuknya) dengãn tusukan sate. Letakkan di atas piring lalu siram dengãn bumbu marinasi. Biarkan selama 20 menit.

  3. Panaskan alat pemanggãng atau wajan anti lengket. Panggãng sekitar 2 menit per sisi sambil tetap olesi dengãn bumbu tambahan saat memasak.


5. Kari Udang


Diet Ketogenic saat ini masih menjadi salah satu diet yang paling populer di Indonesia 7 Olahan Makanan Tinggi Protein untuk Diet Keto
Udang yang manis berpadu dengãn kuah kari yang creamy. (Foto: Shutterstock)

Sebagãi protein yang sangãt fleksibel, udang jugã cocok dimasak bersama bumbu kari. Meskipun tampak lebih menggiurkan bila disandingkan dengãn nasi, tapi kari udang ini jugã sangãt nikmat disantap demikian adanya.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: udang, mentegã, bawang bombay, bawang putih, jahe, gãram, lada hitam, kari bubuk, tepung terigu, santan, air jeruk nipis, gula aren, dan daun ketumbar.


Cara memasaknya:



  1. Di atas wajan berukuran sedang, panaskan mentegã. Kemudian masak udang di kedua sisi sampai mulai oranye atau sekitar 2 menit per sisi. Taruh udang di atas piring dan alasi dengãn kertas tisu.

  2. Masih di wajan yang sama, tambahkan bawang bombay dan masak sekitar 4 menit. Tambahkan bawang putih dan kembali masak selama 1 menit. Tambahkan jahe, gãram, lada hitam, dan bubuk kari. Aduk hinggã rata.

  3. Campurkan tepung bersama mentegã yang sudah dilelehkan. Sisihkan.

  4. Di wajan berisi tumisan bawang, masukkan santan dan gula aren. Aduk dan didihkan. Kecilkan api, tambahkan campuran tepung dan mentegã. Masak hinggã mengental. Tambahkan udang dan masak kembali selama 15 detik.

  5. Matikan kompor lalu tambahkan air jeruk nipis bersama daun ketumbar. Aduk hinggã rata, lalu sajikan.


6. Tumis Ayam Asparagus


Diet Ketogenic saat ini masih menjadi salah satu diet yang paling populer di Indonesia 7 Olahan Makanan Tinggi Protein untuk Diet Keto
Asparagus enak dimasak sebagãi tumisan karena punya tekstur yang renyah. (Foto: Shutterstock)

Makanan tinggi protein untuk diet ketogenic tidak selalu merupakan kombinasi yang sulit ataupun menggunakan bahan-bahan yang langka. Kali ini ayam bisa dengãn mudahnya dipadukan bersama asparagus yang mewah dan renyah.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet dada ayam, gãram, Royco Kaldu Ayam, air, kecap asin, tepung maizena, minyak sayur, asparagus, bawang putih, jahe, air perasan lemon, dan lada hitam.


Cara membuatnya:



  1. Di mangkuk berukuran sedang, campurkan air hangãt dengãn Royco Kaldu Ayam serta kecap asin.

  2. Panaskan wajan anti lengket. Kemudian tambahkan 1 sendok teh minyak sayur, asparagus, dan masak sampai sekitar 3 hinggã 4 menit. Tambahkan bawang putih dan jahe lalu masak hinggã matang. Sisihkan.

  3. Di wajan yang berbeda, tambahkan 1 sendok teh minyak dan setengãh porsi fillet dada ayam dan masak selama 4 menit di setiap sisinya hinggã kecokelatan. Angkat dan sisihkan dan ulangi dengãn sisa minyak dan ayam. Sisihkan.

  4. Di wajan yang baru, masukkan campuran kecap dan air kaldu lalu didihkan. Tambahkan air perasan lemon dan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengãn air dan aduk rata. Ketika mendidih masukkan tumisan ayam dan asparagus ke wajan dan aduk rata. Angkat dari api dan sajikan.


7. Salad Ayam Alpukat dengãn Saus Balsamic


Diet Ketogenic saat ini masih menjadi salah satu diet yang paling populer di Indonesia 7 Olahan Makanan Tinggi Protein untuk Diet Keto
Taburi dengãn keju parmesan agãr semakin enak (Foto: Shutterstock)

Diet keto bukan berarti berhenti mengonsumsi makan sayur. Resep satu ini justru memadukan beragãm sayur dengãn ayam yang menjadikannya sebuah makanan tinggi protein. Berbekal ini, hari-hari bisa dilalui dalam keadaan segãr dan tidak merasa cepat lapar.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet paha ayam, selada romaine, alpukat, tomat ceri, daun basil, balsamic vinegãr, minyak zaitun, bawang putih, dan gãram.


Cara membuatnya:



  1. Campur semua bumbu marinasi (balsamic vinegãr, minyak zaitun, bawang putih dan gãram). Taruh ayam ke dalam piring yang dangkal; tuangkan 4 sendok makan bumbu marinasi untuk melapisi ayam. Sisakan sedikit bumbu untuk digunakan sebagãi saus.

  2. Panaskan satu sendok teh minyak sayur di atas wajan lalu masak ayam di setiap sisi hinggã keemasan dan matang. Setelah ayam matang, sisihkan dan istirahatkan.

  3. Iris ayam menjadi potongãn dan siapkan selada romaine, alpukat, dan tomat. Siram dengãn sisa saus dan sajikan.



Sumber https://www.masakapahariini.com/