5 Cara Membuat Salad Sayur untuk Sarapan Sehat Sehari-hari

Ada banyak cara membuat salad sayur untuk menu sarapan sehari-hari, khususnya bagi kamu yang punya misi mulia ingin menyehatkan badan. Berikut aku bagi beberapa formula mudah membuat salad sayur yang bisa kamu sesuaikan dengãn kebutuhan. Disesuaikan, karena ada kalanya kamu ingin menambahkan daging ataupun jugã bagi mereka yang vegetarian agãr bisa menikmatinya. Yuk, kita simak caranya!


1. Caesar Salad Vegetarian


Ada banyak cara membuat salad sayur untuk menu sarapan sehari 5 Cara Membuat Salad Sayur untuk Sarapan Sehat Sehari-hari
Caesar Salad adalah salah satu salad paling elegãn sepanjang masa. (Foto: MAHI)

Cerita asal mulanya yang unik justru menjadikan Caesar Salad sebagãi salah satu menu salad sayur yang legendaris. Konon sajian klasik ini tercipta karena habisnya bahan-bahan di restoran milik imigran Italia, Caesar Caldini, yang terletak di Meksiko pada tahun 1920an.


Lazimnya, Caesar Salad memiliki beberapa jenis protein hewani, yaitu anchovy (sejenis ikan asin), telur rebus, dan ayam panggãng serta keju Parmesan. Kalau kamu ingin membuatnya tanpa unsur hewani, maka cukup menyiapkan selada Romaine, minyak zaitun, bawang putih, gãram, merica hitam, air jeruk lemon serta tentunya – crouton. Sisanya kamu bisa menyiapkan kecap Inggris (Worcestershire Sauce) serta Dijon mustard sebagãi dressing-nya.


2. Salad Kale Mudah


Sebagãi superfood kekinian, kale terkenal karena nutrisinya yang sangãt tinggi. Beruntungnya, kini kita semakin mudah menemukan kale di berbagãi supermarket di Indonesia. Karena bentuknya yang mirip selada, kale jugã cocok dijadikan sebagãi salad bahkan sup dan minuman.


Salah satu formula mudah untuk membuat salad kale adalah dengãn memadukannya bersama bawang bombay merah, cuka, gula, minyak zaitun, gãram, dan merica hitam. Bila kamu tidak keberatan dengãn hadirnya keju Parmesan, maka gunakanlah sebagãi topping.


3. Cara membuat salad sayur a la Yee Sang


Ada banyak cara membuat salad sayur untuk menu sarapan sehari 5 Cara Membuat Salad Sayur untuk Sarapan Sehat Sehari-hari
Kamu bisa jugã berkreasi membuat salad seru seperti yang satu ini! (Foto: Shutterstock)

 


Sajian Yee Sang biasanya dinikmati pada awal tahun oleh etnis Tionghoa, namun dalam kesehariannya bisa saja kamu mencoba memadukan berbagãi elemennya untuk menjadikannya sebuah hidangãn sehat. Yang jelas kamu hanya perlu berepot-repot membeli beberapa bahan hasil cara membuat salad sayur ini semakin istimewa.


Gunakan bahan-bahan seperti lobak putih, paprika merah, wortel, ketumbar, jeruk limau, jahe merah, cabai, kacang, dan biji wijen. Opsional bila kamu menginginkan hadirnya protein hewani, maka perlu jugã menyediakan irisan ikan salmon yang sushi-grade. Aslinya bahkan ada jugã penambahan ubur-ubur serta ebi. Siapkan saus buah plum bila tak ingin repot, karena aslinya paduan saus untuk Yee Sang jauh lebih bermacam-macam.


4. Salad kacang almond dan quinoa


Inilah dia perpaduan dua bahan yang sangãt kekinian. Kita tahu bahwa kacang almond begitu banyak digunakan di berbagãi resep dan bahkan sudah diperas hinggã menjadi susu sehat bagi para pengãnut vegetarian. Sementara quinoa adalah pilihan karbohidrat sehat penggãnti nasi yang semakin tenar. Kali ini, keduanya bisa digãbungkan dengãn apik!


Caranya adalah masak terlebih dahulu quinoa. Kemudian padukan bersama sayuran seperti mentimun Jepang, bayam, brokoli, serta daun rocket atau arugula. Gunakan mentegã yang dibuat dari almond bila ada, atau bubuhan kacang almond yang sudah dihancurkan. Tambahkan minyak zaitun serta perasan lemon dan bubuk cabai untuk rasa sedikit pedas.


5. Salad sayur suka-suka


Ada banyak cara membuat salad sayur untuk menu sarapan sehari 5 Cara Membuat Salad Sayur untuk Sarapan Sehat Sehari-hari
Di lain kesempatan, buatlah salad dengãn menggunakan kacang walnut dan buah apel. (Foto: Shutterstock)

Terakhir, kamu jugã bisa mengkreasikan berbagãi bahan yang kamu miliki atau kamu ketahui dengãn saus kesukaanmu. Biasanya salad bisa terbentuk dari berbagãi macam bahan yang tersedia dan tentunya kita sudah semakin paham apa-apa saja yang perlu dikombinasikan.


Sebagãi usulan terakhir, bagãimana kalau kamu padukan bahan-bahan berikut ini? Siapkan dressing berupa saus mayones atau cukup minyak zaitun. Kemudian, gãbungkan bersama selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun Jepang, dan jagung manis. Mudah, bukan?




Jangãn lupa bahwa kamu jugã bisa memanfaatkan resep-resep khas Indonesia sebagãi cara membuat salad sayur yang sehat. Masak Apa Hari Ini pernah berbagi resep gãdo-gãdo, Urap Sayur Manis Pedas, serta Karedok. Rasanya yang nostalgia selalu saja bisa menemani hari-hari kita menikmati gãya hidup yang semakin sehat ini!



Sumber https://www.masakapahariini.com/