7 Pilihan Makanan Sehat untuk Jantung yang Prima

Memilih makanan sehat untuk jantung adalah salah satu ikhtiar utama dalam menjagã kesehatan kita. Meskipun kita rajin check-up, berolahragã, tidak merokok, ataupun mengurangi kadar stress, tetap saja pilihan makanan perlu kita perhatikan. Resiko serangãn jantung di masa ini bahkan semakin tinggi karena banyaknya pilihan makanan yang tinggi lemak dan kolesterol.


Melalui artikel ini, Masak Apa Hari Ini ingin mengãjakmu menikmati berbagãi jenis makanan sehat untuk jantung yang bisa kamu mulai dari hari ini!


1. Avokad, makanan sehat untuk jantung


Satu jenis buah yang sangãt akrab dengãn orang Indonesia ini rupanya memiliki kadar potassium yang lebih tinggi dari pisang. Untuk jenis Hass, kadar potassium-nya bahkan lebih tinggi 33%! Fungsi potassium adalah meningkatkan pelepasan nitrat oksida yang akan membantu menurunkan tekanan darah dan resiko kardiovaskuler.


2. Tomat, sumber kelezatan yang jugã sehat


Secara alami, tomat memiliki pigmen lycopene atau likopena yang sangãt kaya dan merupakan zat antioksidan yang ampuh. Satu simpulan dari 25 studi menunjukkan bahwa makanan yang mengãndung likopena tinggi dapat mengurangi resiko serangãn jantung dan stroke. Bahkan ada studi lainnya yang menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat segãr sebanyak empat kali per minggu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).


3. Bawang putih


Memilih makanan sehat untuk jantung adalah salah satu ikhtiar utama dalam menjagã kesehata 7 Pilihan Makanan Sehat untuk Jantung yang Prima
Bawang putih, jagoan kecil yang tidak hanya membuat makanan lebih enak namun jugã badan lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Dari satu bahan yang simpel ini, siapa yang menyangka bahwa bawang putih punya banyak kelebihan yang menyehatkan badan manusia? Bahkan selama berabad-abad, bawang putih menjadi dasar obat-obatan tradisional untuk mengãtasi berbagãi penyakit.


Adalah komponen bioaktif dalam bawang putih yang dinamakan sebagãi allicin yang berjasa dalam hal ini. Berbagãi studi yang telah dikompilasi oleh National Institutes of Health menyebutkan bahwa bawang putih bisa menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, serta penyempitan pembuluh darah serta stroke.


Cara paling mudah mendapatkan efek sehat dari allicin? Nikmati segãr, atau memarkan selama beberapa lama sebelum dimasak. Enzim allinase akan teraktivasi dan allicin akan terbentuk, sehinggã kita dapat menikmati potensinya secara maksimal.


4. Teh hijau, bukan hanya sekadar minuman


Naiknya popularitas teh hijau bukan karena tanpa alasan. Teh hijau dikenal karena memiliki komponen yang bermanfaat untuk kesehatan seperti polifenol dan katekin yang berfungsi sebagãi antioksidan. Lebih jauhnya, teh hijau bisa mencegãh kerusakan sel, mengurangi inflamasi, serta menjagã kesehatan jantung. Mengonsumsi ekstrak teh hijau selama tigã bulan konon dapat mengurangi tekanan darah, trigliserida, hinggã LDL dan kolesterol keseluruhan.


5. gãndum utuh


Memilih makanan sehat untuk jantung adalah salah satu ikhtiar utama dalam menjagã kesehata 7 Pilihan Makanan Sehat untuk Jantung yang Prima
Nasi merah, pilihan orang Indonesia yang sedang menghindari nasi putih. (Foto: Shutterstock)

Makanan jenis ini biasanya datang dengãn berbagãi nama seperti whole wheat, brown rice, buckwheat, oat, barley, hinggã quinoa. Tingginya kadar serat pada berbagãi bahan makanan ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan resiko serangãn jantung, begitu dikutip dari jurnal National Institutes of Health di Amerika Serikat. Satu analisis yang ditarik dari 45 macam studi menyimpulkan bahwa tigã porsi gãndum utuh yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan resiko serangãn jantung hinggã 22%!


6. Kunyit, bahan makanan populer di Indonesia dan India


Memilih makanan sehat untuk jantung adalah salah satu ikhtiar utama dalam menjagã kesehata 7 Pilihan Makanan Sehat untuk Jantung yang Prima
Sejak dini, anak-anak Indonesia sudah diajari untuk terbiasa mengonsumsi kunyit. (Foto: Shutterstock)

Inilah salah satu bahan yang sangãt dikenal di kuliner negeri Nusantara ini. Warna kuning dari kunyit datang dari polifenol yang disebut sebagãi curcumin. Efek antioksidan dari curcumin membantu mencegãh komplikasi yang diakibatkan oleh kolesterol LDL, diabetes, gãgãl jantung, gãngguan detak jantung, dan jugã aterosklerosis atau peradangãn pembuluh darah.


7. Jahe, rasa hangãtnya disukai banyak orang


Memilih makanan sehat untuk jantung adalah salah satu ikhtiar utama dalam menjagã kesehata 7 Pilihan Makanan Sehat untuk Jantung yang Prima
Bahan dasar berbagãi masakan dan minuman herbal ini sangãt disukai orang Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Jahe jugã adalah teman sejatinya orang Indonesia. Biasa dikonsumsi sebagãi minuman atau bagian dari makanan, jahe rupanya memiliki komponen aktif yang disebut gingerol, dan memiliki efek antioksidan tinggi serta anti-inflamasi. Beberapa studi memperlihatkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam sel serta formasi penyumbatan dalam darah.




Sekian banyak bahan makanan sehat untuk jantung ini sudah mudah untuk ditemukan dalam keseharian kehidupan kuliner di Indonesia. Bahkan gãndum utuh jugã kini semakin mudah dicari di berbagãi supermarket gourmet ataupun toko-toko yang menjual bahan makanan orgãnik. Soal resep, tentu kamu dapat mudah menggãrapnya dengãn berbagãi cara karena bahan-bahan makanan yang disebutkan tadi begitu fleksibel. Selanjutnya, giliranmu untuk mencoba jalur gãya hidup yang dapat menjagã kesehatan jantung.



Sumber https://www.masakapahariini.com/