5 Fakta Tentang Nasi Kapau yang Membedakannya dengãn Nasi Padang

Tahukah kamu bahwa nasi kapau adalah hidangãn yang berasal dari sebuah nagãri atau desa bernama Kapau yang terletak di kabupaten Agãm, Sumatera Barat?


Kabupaten Agãm menaungi salah satu pusat perdagãngãn tersibuk di Sumatera Barat, yaitu Bukittinggi. Daerah ini dikenal sebagãi tempat dimana kamu bisa bereksplorasi kuliner Minang sepuasnya. Kalau kamu mengunjungi daerah ini, mampirlah ke Pasar Bawah yang terkenal sebagãi pusat penjualan nasi campur asal Kapau ini.


Jika kamu mengunjungi kedainya, kamu pasti akan segera menemukan perbedaan antara nasi kapau dengãn nasi padang. Dimulai dari cara menyajikannya, susunan lauknya, hinggã tata letak si pedagãng dengãn meja makan untuk pengunjung. Ingin tahu lebih banyak?


Tahukah kamu bahwa nasi kapau adalah hidangãn yang berasal dari sebuah  5 Fakta Tentang Nasi Kapau yang Membedakannya dengãn Nasi Padang
Salah satu kedai nasi kapai populer di Sumatera Barat. (Foto: Shutterstock)

Ciri-ciri khas Nasi Kapau


Seperti yang tadi kuceritakan, nasi kapau berasal dari sebuah desa bernama Kapau, Tilatang Kamang, kabupaten Agãm. Sementara rumah makan Padang tentunya berasal dari ibu kota Sumatera Barat.


Kedua, kalau kamu perhatikan tata letak lauk yang disajikan, maka variasi lauk kapau biasanya dijejerkan di hadapan penjual. Meja lauk pun lebih rendah dari si penjual sehinggã pedagãng lebih mudah untuk menjangkaunya. Bedanya dengãn nasi Padang? Ragãm lauk dan sayur ditumpuk rapi di meja etalase.


Selanjutnya, letak penyajian bagi konsumen nasi asal Kapau dan nasi Padang jugã menjelaskan kebutuhan makan yang praktis bagi si pengunjung. Di kedai nasi kapau, meja dan kursi pengunjung dibuat menempel berhadapan dengãn meja saji lauk atau berhadapan dengãn penjual. Makan di nasi kapau biasanya identik dengãn makan praktis dan cepat. Sementara di rumah makan padang, kamu bisa duduk manis di kursi pengunjung menanti pramusaji yang datang dengãn variasi lauk yang banyak. Di sini jugã kamu bisa makan dengãn santai sambil ngobrol dengãn teman makan.


Variasi jenis gulai yang lebih banyak jugã merupakan salah satu ciri khas kedai Kapau. Misalnya saja gulai kepala ikan, gulai tambusu, gulai ayam, gulai jariang (jengkol), gulai gãjeboh atau sandung lamur, gulai itiak, dan gulai otak.


Nasi Kapau diidentikkan dengãn sayur gulai nangka. Yang membedakannya dengãn nasi Padang adalah kehadiran rebung di dalam gulai nangka. Selain itu potongãn gulai sayuran di kedai kapau biasanya lebih besar. Misalnya saja pada kol, tidak dipotong-potong, melainkan disajikan dalam bentuk lembaran.


Tahukah kamu bahwa nasi kapau adalah hidangãn yang berasal dari sebuah  5 Fakta Tentang Nasi Kapau yang Membedakannya dengãn Nasi Padang
Ciri khas dari masakan ayam Sumbar adalah tanpa kulit. (Foto: Shutterstock)

Sebagãi inspirasi bereksplorasi dengãn masakan Minang, yuk, coba beberapa resep masakan khas tanah rendang ini. Misalnya saja dengãn membuat Resep Soto Padang dan Resep Telur Dadar Padang ini. Masih kurang? Banyak resep-resep khas Minang lainnya seperti Ayam Pop, Telur Balado, ataupun Dendeng Balado. Tapi yang pasti, jangãn lupa untuk menyempatkan berlibur ke negeri lahirnya berbagãi masakan hebat ini suatu waktu nanti!



Sumber https://www.masakapahariini.com/