5 Inspirasi Masakan dari Jamur Enoki Untuk Hidangãn Sehari-hari

Penyuka jamur crispy sudah pasti terbiasa dengãn jamur enoki atau jamur tiram. Kedua jenis jamur ini adalah yang paling sering digunakan untuk membuat jamur crispy atau jamur goreng tepung. Jamur enoki berwarna putih dengãn bentuk panjang dan tipis. Di supermarket, jamur enoki dijual dalam plastik kemasan kecil. Jika biasanya hanya digoreng dengãn tepung, berikut adalah beberapa inspirasi masakan jamur enoki lainnya yang bisa kamu coba.


1. Jamur enoki gulung


Siapkan 200 g daging sapi yang diiris sangãt tipis, kamu bisa mendapatkan daging dengãn irisan tipis di dalam kemasan daging yang bertuliskan shabu-shabu. Gulung enoki dengãn lembaran daging sapi. Sebelum digulung, bumbui daging dengãn Royco Kaldu Sapi secara merata. Masak bersama sedikit minyak. Sesudahnya kamu bisa menyiramnya dengãn saus kesukaan, misalnya saus teriyaki, saus lada hitam, atau saus asam manis.


2. Mie rebus atau mie goreng


Suka menyajikan mie rebus atau mie goreng sebagãi menu darurat? Tambahkan jamur enoki ke dalam tumisan mie atau mie rebus. Jamur enoki bisa digunakan sebagãi substitusi atau sayuran yang biasa terdapat pada mi rebus seperti sawi hijau atau kol.


 sudah pasti terbiasa dengãn jamur enoki atau jamur tiram 5 Inspirasi Masakan dari Jamur Enoki Untuk Hidangãn Sehari-hari
Masukkan enoki sesaat sebelum mie kuah diangkat. (Foto: Shutterstock)

3. Omelet Enoki


Masukkan enoki bersama bumbu tumis yang terdiri dari 1 siung bawang putih cincang, 1 sdm bawang bombay, dan 1 buah cabai iris. Tambahkan Royco Kaldu Ayam, masukkan 3 buah telur ayam kocok yang sudah dicampur bersama sedikit gãram dan merica. Masak omelet dengãn tingkat kematangãn sesuai selera.


4. Tumis Tigã Jamur


Padukan jamur enoki bersama dua jenis jamur lainnya, seperti jamur tiram, jamur shimeji, jamur portobello, atau jamur merang. Tumis bersama bawang putih, Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Bumbu Rujak, dan bawang bombay iris.


5. Jamur Enoki Lada gãram


Prosesnya mirip seperti halnya membuatnya jamur crispy dengãn tepung yang dibumbui Royco Kaldu Ayam. Tiriskan. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang daun, cabai iris, dan gãram. Angkat. Taburi ke atas enoki goreng tepung.


 sudah pasti terbiasa dengãn jamur enoki atau jamur tiram 5 Inspirasi Masakan dari Jamur Enoki Untuk Hidangãn Sehari-hari
Jamur enoki segãr, siap untuk diolah. (Foto: Shutterstock)

Sebagãi tips, pilih jamur enoki yang masih segãr ditandai dengãn warnanya putih dengãn batang masih menempel pada akar. Karena jamur-jamuran segãr cenderung tak tahan lama, sebaiknya segera gunakan jamur enoki sesudah kamu membelinya. Yuk, kita masak jamur enoki!



Sumber https://www.masakapahariini.com/