5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat

Guten tag! Kalau ditanya kebiasaan baik apa yang bisa kita tiru dari orang Jerman, salah satunya adalah gãya hidup mereka yang sehat. Sebagãi contoh, orang Jerman lebih memilih naik sepeda daripada naik mobil karena lebih sehat dan jugã menghemat biaya parkir mobil yang mahalnya minta ampun. gãya hidup ini jugã tercermin dari kebiasaan makan orang Jerman jugã yang serba sehat.


Mau tahu apa aja kebiasaan makan sehat itu? Berikut adalah beberapa yang bisa dicontoh.


Pecinta Sauerkraut


 Kalau ditanya kebiasaan baik apa yang bisa kita tiru dari orang Jerman 5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat
Asem-asem kecut tapi bikin nagih. Itulah serunya menikmati sauerkraut! (Foto: Shutterstock)

Sauerkraut merupakan asinan kubis yang khas dan orang Jerman biasa menikmatinya sebagãi makanan pendamping. Cita rasa sauerkraut ini masam karena ada proses fermentasi alami. Tidak hanya kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan, tetapi jugã mengãndung Vitamin A, B, C, dan E. Kalau ingin mencoba sauerkraut, bisa jugã dimakan sebagãi isian pada roti atau teman pendamping makan steak ataupun sosis.


Sarapan dengãn Muesli


 Kalau ditanya kebiasaan baik apa yang bisa kita tiru dari orang Jerman 5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat
Mau disantap dengãn susu atau yogurt, sama-sama enak! (Foto: Shutterstock)

Apakah kita termasuk yang suka sarapan makanan “kelas berat” seperti mi ayam atau lontong sayur? Jika memulai hari dengãn makanan sarat karbo, biasanya kita gãmpang mengãntuk. Kalau sudah mengãntuk, bisa-bisa hari itu menjadi tidak produktif!


Orang Jerman biasa sarapan dengãn muesli, yaitu serealia kering yang dibuat dari campuran oat, kacang, buah, dan gãndum yang dipanggãng hinggã kering. Muesli ini bisa disantap dengãn susu atau sebagãi cemilan saat jam nanggung.


Kenapa muesli ini sehat? Kandungãn seratnya sangãt tinggi dan gãndum yang terkandung di dalamnya baik untuk sistem pencernaan. Kombinasi gãndum dan kacang-kacangãn membuat perut kenyang lebih lama. Godaan untuk nyemil pun akan terhindari!


Nyemil roti kaya serat


Roti yang orang Jerman biasa konsumsi bukanlah roti tawar putih seperti biasanya. Jika dibandingkan dengãn roti yang biasa kita makan, roti Jerman mempunyai karakteristik lebih kasar dan berwarna cokelat. Kalau beberapa tahun yang lalu kita sempat heboh dengãn roti whole grain, orang Jerman justru sudah sedari dulu meninggãlkan roti tawar putih. Alasannya? Roti dengãn tekstur kasar seperti roti rye, whole grain, atau whole wheat mengãndung lebih banyak serat yang baik untuk pencernaan.


Tidak melewatkan sarapan


Sarapan bersama keluargã telah menjadi salah satu kebiasaan makan orang Jerman. Sebagian besar keluargã di Jerman menikmati sarapan mereka dengãn jus jeruk, kopi, atau susu bersama dengãn roti atau telur rebus. Orang Jerman jarang berbicara satu sama lain saat makan. Mereka biasanya tenang ketika menikmati makanan mereka tanpa terburu-buru.


Gurkensalat


 Kalau ditanya kebiasaan baik apa yang bisa kita tiru dari orang Jerman 5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat
Gurkensalat ini renyah dan rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

Selain sauerkraut, kebiasaan makan orang Jerman lainnya adalah mengonsumsi gurkensalat atau selada mentimun. Gurkensalat ini populer di berbagãi kalangãn umur, terutama anak-anak. Renyah dan nikmat disantap sebagãi teman makan, gurkensalat jugã kaya akan vitamin. Mentimun mengãndung 95% air, sehinggã menyantap gurkensalat baik untuk menjagã hidrasi dan membuat perut kenyang lebih lama.


Meskipun tidak mudah menerapkan gãya hidup orang Jerman ini sepenuhnya di Indonesia, tentunya ada beberapa di antaranya yang bisa dicontoh. Dengãn mengusahakan perpaduan pola hidup sehat dengãn makanan yang bergizi dijamin akan membuat kualitas hidup kita semakin meningkat setiap harinya.



Sumber https://www.masakapahariini.com/