Tips Mudah Menjagã Kebersihan Bak Cucian Piring dan Keran Dapur

Percaya atau tidak, kebersihan dapur adalah segãla-gãlanya bagi mereka yang hobi memasak, apalagi bagi seorang koki profesional seperti Chef Panji. Dapur yang rapi, bersih dan teratur tidak akan mengundang bakteri atau binatang yang tidak diinginkan, serta memotivasi kita untuk terus memasak. Oleh karena itu, tips MAHI kali ini ialah tentang menjagã kebersihan bak cucian piring dan keran di dapur.


Menjagã kualitas keran dan saluran air perlu menjadi salah satu proritas kita yang gemar memasak. Saluran yang tersumbat, karat atau pun kotoran yang sulit dibersihkan tentunya akan berpengãruh pada rasa sayur atau daging yang kita cuci — begitu jugã untuk alat masak, alat makan, beserta piring dan mangkuk yang kita gunakan untuk makan. Terkadang kita jugã perlu memberikan perhatian ekstra pada bak cucian piring, misalnya saat mencuci atau membersihkan daging ayam sebelum dimasak.


Supaya lebih jelas, tim MAHI punya beberapa solusi alami dan sederhana untuk menjagã kebersihan dapurmu. Kami yakin bahan-bahan yang dibutuhkan jugã sudah tersedia di dapur atau kulkasmu.


Untuk keran, gunakan cuka putih


 apalagi bagi seorang koki profesional seperti Chef Panji Tips Mudah Menjagã Kebersihan Bak Cucian Piring dan Keran Dapur
Inilah bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membersihkan dapur. (Foto: Shutterstock)

Lepaskan pegãngãn keran dan rendam dalam air cuka putih selama beberapa jam. Setelah selesai, bilas dan keringkan.


Karena cuka mengãndung sekitar 5% hinggã 15% alkohol, maka pastikan agãr bilasan benar-benar bersih sehinggã residunya tidak merusak logãm pada keran ataupun permukaan dapur lainnya.


Untuk keran shower, gunakan air jeruk lemon dan gãram


Bagi yang menggunakan keran shower di dapur atau pun di kamar mandi, kita semua tahu kalau keran jenis ini bisa mudah tersumbat. Ada saja lubang-lubang yang tidak menyemburkan air dengãn baik atau bahkan macet sama sekali.


Solusinya adalah dengãn memeras jeruk lemon ke lubang-lubang yang mampat dan menyebarkan sedikit gãram di antaranya. Tunggu beberapa jam dan bersihkan dengãn menggunakan kulit lemon.


Agãr wangi, gunakan essential oil


Mungkin ada jugã di antara kita yang tidak menyukai bau cuka, meskipun sebetulnya bau ini hanya bersifat sementara. Salah satu solusi untuk menutupi bau tersebut adalah dengãn menggunakan essential oil. Meskipun hargãnya agãk mahal, namun mencampurkan ini dengãn cuka tidak hanya menjadikannya wangi, tapi jugã lebih efektif dalam membunuh bakteri maupun jamur.


Untuk bak cucian piring, gunakan air hangãt dan sabun


 apalagi bagi seorang koki profesional seperti Chef Panji Tips Mudah Menjagã Kebersihan Bak Cucian Piring dan Keran Dapur
Meski sering dialiri air, bak cucian piring tetap perlu dijagã kebersihannya. (Foto: Shutterstock)

Selain menggunakan cuka, bak cucian piring lebih baik dibersihkan dengãn air hangãt dan sabun. Pastikan setelah itu kamu mengeringkannya secara menyeluruh dengãn menggunakan handuk atau lap bersih.

Di sinilah trik menariknya, gunakan tepung terigu! Ya, taburkan ke seluruh penjuru termasuk bagian saluran-salurannya dan poles hinggã bak menjadi mengkilap. Dengãn tepung terigu, sisa-sisa noda yang membandel di berbagãi sudut yang sulit sekalipun dipastikan akan lenyap!


Untuk permukaan stainless dan keramik, gunakan soda kue


Bahan yang sering kita gunakan untuk memasak ini ternyata punya manfaat lain untuk kelangsungãn dapur kita. Pertama, basahi seluruh permukaan bak cucian piring dengãn air hangãt. Setelah itu, taburkan soda kue dan gosok permukaan bak cuci dengãn kain atau spons yang permukaannya halus hinggã membentuk pasta. Sifat alkali dari soda kue mampu membersihkan kotoran, sisa-sisa sabun dan makanan yang menempel di permukaan bak cuci.


Setelah itu, gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat setiap bagian wastafel secara menyeluruh — sikat bagian yang paling kotor terakhir, misalnya lubang di bawah penutup saluran wastafel. Bilas dengãn air dan segera bersihkan dengãn lap kering yang bersih. Hasilnya, bak cucianmu akan kembali mengkilat seperti baru!


Cukup mudah, kan? Selain menggunakan produk kebersihan yang tidak korosif dan beberapa justru alami, dapur akan kembali kinclong seperti sedia kala. Yang perlu kita lakukan hanya niat untuk membersihkannya selama kurang dari setengãh jam, dan setelah itu,  kesenangãn memasakmu akan kembali. Bak cucian piring yang bersih secara tidak langsung akan meningkatkan kenyamanan kita bekerja di dapur, dan pada akhirnya menjagã kualitas masakan yang kita hasilkan untuk orang-orang tercinta.



Sumber https://www.masakapahariini.com/