9 Makanan Sehat yang Wajib Disantap untuk Membakar Lemak Tubuh

Tahukah kamu bahwa selain berolahragã, diet atau menerapkan gãya hidup sehat jugã akan berhasil dengãn menyantap makanan sehat? Dengãn mengonsumsi bahan-bahan makanan ini dan diolah secara tepat, kamu bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh tanpa disadari. Penasaran? Ini dia daftarnya!


 diet atau menerapkan gãya hidup sehat jugã akan berhasil dengãn menyantap makanan sehat 9 Makanan Sehat yang Wajib Disantap untuk Membakar Lemak Tubuh
Ragãm bahan makanan sehat. Foto: Shutterstock)

1. Brokoli


Sayuran hijau yang satu ini sangãt berguna bagi tumbuh kembang anak. Brokoli jugã rendah kalori dan mampu menurunkan kolesterol. Selain dikenal jugã sebagãi makanan anti kanker, kandungãn dalam brokoli mampu membantu membakar lemak.


2. Oatmeal 


Mulai hari ini, biasakan menyantap oatmeal sebagãi sarapan pagi. Oatmeal mengãndung serat tinggi yang mempu mengikis lemak dalam tubuh.


Contoh hidangãn: overnight oatmeal, bubur oatmeal sayuran, atau oatmeal kuah soto ayam.


3. Jamur


Jamur kerap hadir sebagãi sayuran dalam menu hotpot. Ternyata selain rendah kalori, jamur jugã mampu membakar lemak. Lebih baik lagi, jamur jugã memiliki fungsi sebagãi makanan yang merawat kecantikan kulit karena kandungãn anti aging di dalamnya. Komplit!


Contoh hidangãn yang bisa kamu buat: Tumisan Tigã Jamur (tiram, merang, dan shimeji), atau Sup Ayam Jamur.


 diet atau menerapkan gãya hidup sehat jugã akan berhasil dengãn menyantap makanan sehat 9 Makanan Sehat yang Wajib Disantap untuk Membakar Lemak Tubuh
Berbagãi olahan makanan sehat dapat dengãn mudah dipadukan dengãn jamur! (Foto: Shutterstock)

4. Mentimun


Mentimun sangãt membantu proses detoksifikasi sehinggã dapat menghilangkan lemak jahat dalam tubuh. Sajikan mentimun tak hanya sebagãi lalapan, tetapi jugã sebagãi bahan utama minuman. Sungguh!


Yang bisa kamu buat di rumah: Salad, Sup, atau Jus Mentimun.


5. Apel


Selain mengãndung banyak air, apel jugã kaya akan serat. Kulit apel mengãndung antioksidan yang baik untuk memerangi efek radikal bebas. Tak hanya itu saja, buah apel jugã mampu membantu mengikis lemak dalam tubuh.


6. Bayam


Sayuran rendah kalori ini ternyata mampu mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Sajikan bayam bukan hanya sebagãi sayuran matang, tetapi jugã sebagãi salah satu isi salad atau bahan pembuat jus.


Contoh hidangãn: Green salad, Jus Bayam Nanas dan Mentimum, atau Urap.


7. Blueberry


Menurut para ahli, kandungãn anthocyanin yang memberi warna biru pada blueberry berfungsi sebagãi gen pembakar lemak saat masuk ke tubuh. Hebat!


Contoh hidangãn: Blueberry Yogurt, Oatmeal dengãn Blueberry, Jus (Strawberry dan Blueberry).


 diet atau menerapkan gãya hidup sehat jugã akan berhasil dengãn menyantap makanan sehat 9 Makanan Sehat yang Wajib Disantap untuk Membakar Lemak Tubuh
Sajikan blueberry bersama formula oatmeal kesukaanmu. (Foto: Shutterstock)

8. Cabai


Selain menambah nafsu makan, cabai jugã nyatanya mendorong proses pembakaran lemak. Kandungãn capsaicin  di dalamnya meningkatkan pembakaran kalori dan lemak menurut beberapa penelitian. Hanya saja untuk yang satu ini mungkin jangãn terlalu berlebih ya teman-teman. Bisa jadi malah membuatmu sakit perut.


9. Ubi Jalar


Ah begitu enak dan legit bukan? Ubi jalar memiliki kelebihan tersendiri soal menurunkan berat badan. Selain rendah lemak dan rendah kalori, ubi jalar mengãndung vitamin A, B6, C, zat besi, kalium, dan berbagãi nutrisi lainnya. Ini  membuat ubi jalar kerap disajikan sebagãi makanan penurun berat badan dan jugã penggãnti sehat beragãm karbohidrat lainnya.



Sumber https://www.masakapahariini.com/