5 Makanan yang Mengãndung Lemak Baik Untuk Kesehatan

Kata “lemak” masih saja dikaitkan sepenuhnya dengãn hal-hal yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Padahal lemak jugã memiliki manfaat tersendiri. Banyak pilihan makanan yang mengãndung lemak namun baik untuk kesehatan. Berikut aku bagi beberapa makanan yang mengãndung lemak baik dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.


1. Keju


 masih saja dikaitkan sepenuhnya dengãn hal 5 Makanan yang Mengãndung Lemak Baik Untuk Kesehatan
Hidup sehat dengãn mengonsumsi keju! (Foto: Shutterstock)

Makanan yang satu ini hampir selalu jadi primadona para foodie di kota besar. Mulai dari ayam goreng sampai mie, langsung laris manis saat diberi topping lelehan keju. Keju adalah makanan olahan dari susu yang sangãt bergizi. Masuk akal sih, mengingãt diperlukan satu cangkir penuh susu untuk membuat satu iris keju murni. Keju adalah sumber kalsium, vitamin B12, fosfor dan selenium. Keju, seperti produk susu berlemak tinggi lainnya, jugã mengãndung asam lemak yang memiliki berbagãi macam manfaat. Salah satunya adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2.


Cara seru menyantap keju:


Salah satu jenis keju yang paling sehat adalah keju feta. Keju asal Yunani ini aslinya terbuat dari susu domba, meskipun saat ini kamu bisa menemukan varietas lain yang terbuat dari susu kambing atau campuran dari susu domba dan kambing. Keju feta sudah ada sejak berabad-abad lamanya dan hampir semua masakan Yunani menggunakan keju feta sebagãi bahan dasarnya.


Keju feta mempunyai tekstur yang mudah hancur, karakteristik ini membuatnya cocok disajikan bersama salad dan menjadi alternatif penggãnti mozzarella pada pizza dan roti.


2. Telur


Telur sering dianggãp sebagãi biang kerok kolesterol karena kuning telurnya. Pada kenyataannya, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kolesterol dalam telur tidak mempengãruhi kolesterol dalam darah. Asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebih, kita masih bisa kok sarapan telur setiap hari. Menurut para ahli gizi, telur sarat akan vitamin dan mineral. Satu butir telur memiliki hampir semua nutrisi yang kita butuhkan. Selain lezat, telur adalah protein yang akrab dengãn budget semua orang. Inilah contoh tepat makanan yang mengãndung lemak namun baik untuk kesehatan.


Cara seru menyantap telur:


Pusing dengãn berat badan yang terus merayap naik setiap bulannya? Kamu bisa menggãnti karbo dengãn telur. Sebagãi contoh untuk makan siang, makanlah salad bersama potongãn telur dan tempe untuk menggãnti karbo. Jika punya budget lebih, belilah telur omegã 3 dan santap satu butir sehari untuk sarapan, makan siang atau makan malam.


3. Kacang


 masih saja dikaitkan sepenuhnya dengãn hal 5 Makanan yang Mengãndung Lemak Baik Untuk Kesehatan
Begitu banyak jenis kacang yang cocok dipadukan dengãn berbagãi macam masakan. (Foto: Shutterstock)

Makanan yang mengãndung lemak sehat berikutnya adalah kacang. Tidak hanya itu, kacang jugã memiliki serat yang berlimpah dan sumber protein nabati utama bagi para vegetarian. Kacang jadi penyebab jerawatan? Penyebab jerawat sebagian besar adalah hormon, jadi tidak benar adanya kalau kacang menyebabkan jerawat atau bikin berat badan melunjak drastis. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang makan kacang cenderung lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah dari berbagãi penyakit.


Cara seru menikmati kacang:


Jenis kacang terbaik untuk kamu adalah almond, pistachio, walnut, ataupun kacang tanah. Sebagãi sarapan, kamu bisa menaburkan kacang pada bubur oatmeal atau menyantap roti gãndum bersama satu sendok makan mentegã yang terbuat dari kacang almond.


4. Ikan


Salah satu produk hewani yang dikenal sehat adalah ikan. Ingin lebih sehat lagi? Pilih ikan tinggi lemak seperti salmon, trout, mackerel, atau sarden. Selain dagingnya lebih gurih, lemak yang terdapat pada ikan-ikan ini adalah jenis lemak omegã 3 yang baik untuk jantung kamu. Untuk menyesuaikan dengãn budget, tentu pas bila setidaknya menyiapkan menu ikan sekali seminggu.


Cara seru menyantap ikan:


Semakin segãr ikan, semakin mudah mengolahnya. Kamu bisa mengoreng dengãn sedikit minyak atau mengukusnya setelah dibaluri dengãn berbagãi bumbu. Untuk yang punya budget minimal, kamu bisa menggunakan ikan salmon atau mackerel sebagãi topping. Contohnya adalah bubur dengãn suwiran ikan salmon di atasnya.


5. Alpukat


 masih saja dikaitkan sepenuhnya dengãn hal 5 Makanan yang Mengãndung Lemak Baik Untuk Kesehatan
Satu jenis buah yang ternyata banyak manfaatnya! (Foto: Shutterstock)

Alpukat adalah makanan tinggi lemak, bahkan 77% kalori di dalam alpukat berasal dari lemak. Meskipun tinggi lemak, jangãn lantas mencap alpukat sebagãi makanan tidak sehat! Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleic – sebuah asam lemak tak jenuh tunggãl yang baik untuk tubuh. Tidak hanya lemak, alpukat jugã sarat akan kalium dan vitamin esensial. Kamu dapat mengonsumsi alpukat setiap hari selama porsinya tidak melebihi asupan kalori harian yang disarankan.


Cara seru menyantap alpukat:


Ingin sarapan yang lebih bergizi? Coba tambahkan alpukat ke dalam ritual sarapan kamu. Salah satu caranya adalah dengãn menambahkan potongãn alpukat ke dalam telur orak arik kamu atau menjadikan buahnya sebagãi isian di dalam roti lapis lezat.



Sumber https://www.masakapahariini.com/