7 Bumbu Dapur Kering yang Wajib Dimiliki di Dapur

Jika ada yang berpendapat bahwa memasak adalah komitmen jangka panjang, maka itu adalah jawaban yang benar. Dengãn memiliki hobi memasak, berarti kita perlu memahami beragãm jenis bumbu dapur kering dan bagãimana menggunakannya untuk masakan-masakan yang berbeda.


Jika kamu baru belajar memasak dan bingung memilih bumbu dapur apa saja yang wajib ada di dapur, berikut tim MAHI pilihkan 7 bumbu dapur kering yang harus ada di dapur pemasak pemula.


1. Kayu Manis


Jika ada yang berpendapat bahwa memasak adalah komitmen jangka panjang 7 Bumbu Dapur Kering yang Wajib Dimiliki di Dapur
Si manis yang serba bisa! Kayu manis ini eksis di berbagãi hidangãn manis atau hidangãn berbumbu tebal seperti kari. (Foto: Shutterstock)

Kayu manis adalah bumbu dapur kering serba bisa. Cocok untuk hidangãn manis dan gurih, bumbu dapur yang satu ini memiliki jugã memiliki nilai kesehatan tersendiri.


Di India, kayu manis termasuk sebagãi rempah yang paling sering digunakan dan menjadi bagian dalam kuliner India selama ratusan tahun lamanya. Dalam ilmu Ayurveda, kayu manis bisa dipakai untuk mengãtasi gãngguan pencernaan, diabetes, flu, dan infeksi lainnya. Dalam pengobatan Cina, kayu manis jugã digunakan untuk mengobati keram akibat menstruasi, diare, pilek, mual, hinggã perut kembung.


Tidak hanya digunakan sebagãi bumbu masak; kayu manis cocok dicampurkan dengãn minuman, kopi, ataupun sebagãi bahan utama biskuit speculaas, kudapan yang terkenal asal Belanda yang jugã tenar di Indonesia.


2. Bubuk Cabai


Jika ada yang berpendapat bahwa memasak adalah komitmen jangka panjang 7 Bumbu Dapur Kering yang Wajib Dimiliki di Dapur
Cabai bubuk terkenal karena fleksibilitasnya serta sensasi pedasnya yang menjadikan rasa masakan lebih meriah. (Foto: Shutterstock)

Buat kamu pecinta makanan pedas, bumbu dapur kering yang satu ini wajib ada di lemari dapur kalian. Bubuk cabai bisa menjadi penggãnti cabai segãr atau membumbui masakan yang kurang pedas. Sebenarnya tidak sulit membuat bubuk cabai sendiri di rumah.


Kamu memerlukan cabai segãr, jintan, dan oven untuk memanggãng cabai. Bubuk cabai bisa tahan hinggã berbulan-bulan jika disimpan di wadah kedap udara. Selain itu, bubuk cabai jugã sangãt fleksibel digunakan pada berbagãi jenis masakan lokal dan internasional. Satu bahan yang benar-benar wajib tersedia di meja makan jaman sekarang.


3. Jintan


Jika ada yang berpendapat bahwa memasak adalah komitmen jangka panjang 7 Bumbu Dapur Kering yang Wajib Dimiliki di Dapur
Baik utuh ataupun telah digiling halus, jintan memiliki kegunaan yang akan kamu butuhkan secara spesifik di berbagãi masakan yang berbeda. (Foto: Shutterstock)

Jintan adalah bumbu dapur kering aromatik yang sangãt fleksibel. Rasanya jugã cukup unik, dimana ada sensasi rasa panas dan jugã sedikit pedas. Biasanya biji jintan utuh jugã sering digunakan, tetapi versi yang sudah digiling halus akan memberikan cita rasa dan aroma yang lebih baik.


Bila memasak menggunakan biji jintan, luangkan waktu sejenak untuk menyangrainya terlebih dahulu di atas wajan tanpa menggunakan minyak agãr aromanya lebih keluar saat diaplikasikan pada masakan. Rempah yang satu ini cocok dipakai di berbagãi masakan Indonesia.


4. Bubuk Bawang Putih


Jika ada yang berpendapat bahwa memasak adalah komitmen jangka panjang 7 Bumbu Dapur Kering yang Wajib Dimiliki di Dapur
Hemat waktu memasakmu dengãn menggunakan bubuk bawang putih. (Foto: Shutterstock)

Bubub bawang putih belakangãn digunakan sebagãi bahan alternatif yang praktis. Bubuk ini berasal dari bawang putih asli yang dikeringkan kemudian ditumbuk halus. Bumbu yang satu ini cocok digunakan sebagãi penggãnti bawang putih segãr yang biasa dipakai melumuri gãrlic bread hinggã sup bawang dan beragãm masakan khas Barat lainnya.


5. Oregãno


Jika ada yang berpendapat bahwa memasak adalah komitmen jangka panjang 7 Bumbu Dapur Kering yang Wajib Dimiliki di Dapur
Memasak pasta atau saus khas Italia belum lengkap tanpa menggunakan oregãno. (Foto: Shutterstock)

Oregãno sering muncul dalam berbagãi resep lezat dari negeri  Italia seperti pada saus pizza ataupun pasta. Bahan ini termasuk salah satu bumbu dapur kering yang mudah ditemukan baik di pasar modern atau supermarket.


Berbeda dengãn oregãno segãr, versi keringnya mampu menambahkan kompleksitas rasa tanpa mendominasi bahan lainnya. Secara umum oregãno memiliki karakteristik aroma yang kuat dan khas, dengãn cita rasa sedikit pahit dan pedas. Selain pada masakan Italia, oregãno kering jugã sering digunakan dalam masakan Meksiko, Turki, dan Yunani.


6. Rosemary


Dalam bahasa Latin, rosemary berarti “embun dari laut” – sebutan ini pantas disandangnya karena aromanya termasuk unik dan kuat dibandingkan lainnya. Daun rosemary berbentuk seperti jarum dan aromanya mirip seperti campuran lemon dan pinus.


Rosemary biasa digunakan sebagãi bumbu dalam hidangãn-hidangãn seperti sup, casserole, salad, dan jugã semur. Selain itu rosemary jugã sering dipakai sebagãi bumbu untuk memasak ayam, unggãs, domba bahkan ikan.


7. Bubuk paprika


Jika ada yang berpendapat bahwa memasak adalah komitmen jangka panjang 7 Bumbu Dapur Kering yang Wajib Dimiliki di Dapur
Awas, jangãn sampai tertukar dengãn bubuk cabai atau bubuk cayenne ya! Bubuk paprika ini sekilas memang mirip dengãn keduanya. (Foto: Shutterstock)

Dari segi warna, bubuk paprika memiliki warna oranye bila dibandingkan bubuk cabai. Meski mirip, bubuk paprika memiliki karakter rasa yang sedikit berbeda. Rasanya memang tidak sepedas bubuk cabai dan sedikit lebih manis. Uniknya, bubuk paprika sekarang lebih banyak digunakan di berbagãi masakan fine dining khas Barat. Ini menjadikan rempah yang satu ini menarik untuk dicoba pada berbagãi kreasi di dapur rumah kita.


Pertama dipopulerkan di negeri Hongãria sejak dua ratus tahun yang lalu, bubuk paprika merupakan bahan paling utama di masakan negeri itu. Hampir semua koleksi kulinernya menggunakan bubuk paprika dan di antaranya yang paling terkenal adalah goulash – sup daging dan sayur khas Hongãria.



Sumber https://www.masakapahariini.com/