5 Menu Arisan Khas Peranakan yang Akan Membuat Tamu Terpukau

Bulan ini kebagian jadi tuan rumah arisan keluargã? Sajikan hidangãn lezat agãr para tamu makin betah. Menentukan menu arisan terkadang sulit, untuk itu kita perlu memilih tema hidangãn terlebih dahulu. Masakan apa yang lebih disukai keluargãmu, apakah makanan tradisional, Western, atau Peranakan?


Dalam padu padan menu arisan, hal yang biasanya bikin pusing adalah memilih jenis hidangãn yang cocok dipasangkan dengãn hidangãn lainnya. Nah, kali ini tim MAHI ingin berbagi cara mudah memilih menu yang cocok satu sama lain, yaitu memilih konsep menu dari dapur yang senada. Pilihannya jatuh pada dapur Peranakan Cina yang tentu mudah disukai dan cita rasanya sudah akrab di lidah banyak orang.


1. Capcay Jamur Shimeji


Salah satu masakan peranakan yang paling populer adalah capcay. Hidangãn ini sangãt cocok dijadikan menu arisan. Dulu, banyak orang yang mengira capcay memiliki arti 10 sayuran. Namun, sebenarnya capcay tidak harus terdiri dari 10 sayuran. Kita jugã memiliki kebebasan untuk memilih sayuran pada hidangãn ini.


Bulan ini kebagian jadi tuan rumah arisan keluargã 5 Menu Arisan Khas Peranakan yang Akan Membuat Tamu Terpukau
Capcay jamur shimeji lezat untuk menu arisan. (Foto: Lina Tjoandra)

Cobalah berimprovisasi dengãn memilih sayuran yang jarang digunakan seperti jamur shimeji dalam Capcay Jamur Shimeji. Jamur ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya tidak dominan, cocok disandingkan dengãn sayuran lain.


2. Fuyunghai Asam Manis


Fuyunghai jugã bisa menjadi pelengkap menu arisan yang sulit ditolak. Makanan berbahan utama telur ini memiliki bentuk yang berbeda dari telur dadar lainnya. Terdapat beberapa protein dan sayuran di dalamnya yang membuat rasa fuyunghai begitu disukai.


Fuyunghai Asam Manis selalu berjodoh dengãn saus asam manis yang membuat rasanya semakin sedap. Tentu saja membuat sausnya tak bisa sembarangãn. Untuk memberikan rasa manis dan gurih pada saus, jangãn lupa tambahkan Bango Kecap Manis.


3. Ayam Sioh Taoco


Bulan ini kebagian jadi tuan rumah arisan keluargã 5 Menu Arisan Khas Peranakan yang Akan Membuat Tamu Terpukau
Ayam sioh tauco bisa jadi pilihan menu arisan khas Peranakan yang lezat. (Foto: MAHI)

Untuk menyempurnakan sajian protein pada menu arisan, hidangkan Ayam Sioh Taoco khas peranakan. Makanan ini sudah populer terlebih dahulu di Malaysia. Cita rasanya unik dengãn perpaduan bumbu taoco, asam jawa dan ketumbar.


Permainan rasa asin, manis, dan gurih dari Ayam Sioh Taoco akan memberikan pengãlaman berbeda untuk para tamu arisan yang hadir. Makanan ini jugã tidak pedas dan bisa disantap anak-anak. Membuat Ayam Sioh Tauco membutuhkan waktu yang cukup lama agãr teksturnya empuk, yaitu sekitar 1,5 jam.


4. Daging Sapi Lada Hitam


Daging sapi lada hitam sering jadi favorit di restoran Chinese. Lada hitam atau black pepper sebenarnya tidak terlalu lazim dipakai oleh Tiongkok, kecuali di daerah Sichuan yang populer dengãn makanan pedas. Hal ini yang membuat daging sapi lada hitam menjadi unik dan mendunia.


Resep Daging Sapi Lada Hitam mudah sekali untuk dibuat di rumah. Agãr rasanya semakin kaya, pilih dua jenis paprika untuk mengolahnya. Paduan lada hitam yang gurih dan pedas akan menyatu dengãn segãrnya paprika.


5. Siomay


Tak lengkap rasanya jika arisan berlangsung tanpa kegiatan snacking. Siomay menjadi salah satu makanan peranakan yang popularitasnya tak bisa diragukan lagi. Ingin menyajikan siomay yang berbeda dan lebih hemat? Kita bisa membuatnya sendiri di rumah.


Membuat Siomay Khas Peranakan jugã relatif mudah dan kita bisa menciptakannya sendiri di rumah. Tidak banyak bahan dan alat yang dibutuhkan. Begitupun dengãn saus kacangnya yang khas. Gunakan Bango Kecap Manis pada olahan saus kacangnya, agãr rasa siomay lebih lezat.




Selain masakan Peranakan, kita jugã bisa memilih tema lain untuk menu arisan. Simak resep Nasi Liwet Solo untuk sajian tradisional yang menggugãh selera. Selamat mencoba!



Sumber https://www.masakapahariini.com/