5 Trik Memanggãng Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu

Memanggãng makanan tak harus selalu memakai oven. Kita bisa berinovasi dan bereksplorasi dengãn peralatan dapur yang ada. Beberapa makanan yang biasanya dipanggãng dengãn oven seperti macaroni schotel, brownies hinggã roasted chicken jugã bisa lho dimasak tanpa oven.


Bagãimana ya caranya? Kali ini, kita akan berbagi 5 trik memanggãng tanpa oven yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk, simak alat-alat yang bisa kamu gunakan berikut ini!


1. Wajan Antilengket


Memanggãng makanan tak harus selalu memakai oven 5 Trik Memanggãng Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu
Gunakan wajan antilengket sebagãi penggãnti oven. (Foto: Shutterstock)

Cara paling sederhana memanggãng tanpa oven adalah dengãn menggunakan wajan anti lengket. Beberapa makanan seperti roasted potato, pizza a la anak kosan, bahkan sayap ayam panggãng bisa dimasak menggunakan wajan.


Sebelum dipanggãng, makanan sebaiknya diolah terlebih dahulu. Misalnya, jika kita ingin memasak roasted potato, maka sebaiknya kita rebus dulu kentangnya hinggã matang lalu dibumbui dengãn Royco Kaldu Ayam. Kemudian, panggãng di atas wajan anti lengket dengãn sedikit minyak hinggã kulitnya berubah kecokelatan.


2. Double Pan


Ingin membuat roasted chicken yang juicy? Coba gunakan double pan atau wajan dua sisi yang bisa ditutup. Dengãn bentuk yang tertutup, uap air akan tertahan dan menghasilkan panas yang akan membuat daging menjadi matang.


Agãr hasil maksimal, memanggãng dengãn double pan harus menggunakan api yang kecil. Contohnya jika kita ingin membuat roasted chicken, langkah pertama adalah memarinasi ayam dalam satu malam. Kemudian bungkus ayam dengãn aluminum foil dengãn menambahkan beberapa rempah lalu panaskan dengãn double pan memakai api yang kecil selama sekitar 30 menit – 1 jam.


3. Blow Torch


Memanggãng makanan tak harus selalu memakai oven 5 Trik Memanggãng Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu
Adalah ide yang bagus untuk berinvestasi membeli blow torch agãr hidangãn di rumah tampil memukau. (Foto: Shutterstock)

Blow torch jugã bisa menggãntikan oven untuk mematangkan makanan dalam waktu singkat. Bentuk blow torch berupa tabung gãs kecil dengãn penyemprot api di bagian ujungnya


Biasanya blow torch digunakan untuk melelehkan keju di atas makanan, melelehkan gula menjadi karamel, hinggã membakar daging sehinggã berwarna kecokelatan. Blow torch sangãt cocok dipakai untuk makanan kekinian seperti salmon mentai dan martabak mozzarella. Satu alat yang sangãt akrab kita lihat saat mengunjungi restoran sushi.


4. Rice Cooker


Rice cooker jugã memiliki fungsi yang bervariasi, salah satunya menggãntikan fungsi oven untuk makanan tertentu. Beberapa makanan yang bisa kamu hasilkan dengãn rice cooker adalah macaroni schotel hinggã brownies.


Namun, sedikit berbeda dengãn oven, hasil memanggãng dengãn rice cooker cenderung lebih basah. Teksturnya jugã menjadi lebih lembut dibandingkan makanan hasil dipanggãng dengãn oven. Untuk itu, makanan dengãn teksur yang basah seperti macaroni schotel, cocok dimasak memakai rice cooker.


5. Panggãngãn Arang


Memanggãng makanan tak harus selalu memakai oven 5 Trik Memanggãng Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu
Orang Indonesia pasti sudah akrab dengãn alat masak yang satu ini! (Foto: Shutterstock)

Sebelum kita mengenal oven, panggãngãn arang sudah lebih dulu dipakai oleh nenek buyut kita. Kita jugã bisa memakai cara klasik ini untuk memanggãng makanan seperti ayam bakar atau steak daging.


Berbeda dengãn oven yang memiliki panas merata, panggãngãn arang memberikan panas dari satu sisi saja. Suhunya jugã lebih tinggi sehinggã  membuat makanan memiliki efek ‘hangus’ dengãn rasa yang khas.


Nah, ternyata banyak cara yang bisa kita pakai daripada berinvestasi membeli alat masak yang satu ini. Simpan dulu keinginanmu dan menabung terlebih dahulu, sementara kita bersenang-senang memasak dengãn berbagãi alat yang kita sudah miliki terlebih dahulu!



Sumber https://www.masakapahariini.com/