5 Masakan Ini Lebih Praktis Dimasak dalam Slow Cooker

Slow cooker jadi solusi untukmu yang ingin menjagã nutrisi makanan saat memasak. Berbentuk mirip rice cooker, fungsi alat masak ini rupanya sangãt bervariasi. Mulai dari memasak bubur hinggã mengempukkan daging, semua bisa dilakukan oleh alat canggih ini.


Sesuai dengãn namanya, slow cooker adalah alat masak modern yang membutuhkan waktu lama untuk mematangkan makanan. Namun ini bukanlah sebuah kekurangãn. Menggunakan suhu yang rendah, makanan yang dimasak dalam slow cooker diyakini dapat terjagã kualitas nutrisinya. Alat ini jugã memiliki pengãturan waktu, sehinggã para ibu di rumah tidak perlu takut masakan jadi gosong.


Makanan apa saja sih yang bisa kita buat? Yuk, simak ulasan berikut ini!


1. Sup Buntut


jadi solusi untukmu yang ingin menjagã nutrisi makanan saat memasak 5 Masakan Ini Lebih Praktis Dimasak dalam Slow Cooker
Sup buntut kini populer dimasak menggunakan metode slow cooking. (Foto: Shutterstock)

Siapa yang bisa menghindar dari sup buntut yang empuk dan gurih? Kenikmatan sup buntut yang kamu kenal bisa kamu capai jugã dengãn memasak menggunakan alat ini. Cara pembuatannya pun lebih praktis!


Hal yang harus diperhatikan adalah waktu memasukkan bahan-bahan ke dalam slow cooker. Pertama, masukkan buntut sapi yang telah dibersihkan bersama tigã rempah inti yaitu pala, cengkih, dan kayu manis. Atur waktu selama 3-4 jam dalam suhu tinggi.


Kemudian, kita bisa masukkan bumbu lain yang telah ditumis sebelumnya. Dalam waktu yang sama, masukkan jugã sayuran seperti wortel dan kentang. Jika sayuran sudah matang, sup buntut bisa segera disantap.


2. Sup Ayam Kampung


Hangãt dan sehatnya sup ayam kampung jugã bisa kamu buat dengãn slow cooker. Caranya sangãt mudah. Pertama, cuci ayam kampung hinggã bersih. Lalu tumis bumbu secara terpisah.


Masukkan ayam dan bumbu ke dalamnya. Nyalakan pada temperatur tinggi selama 4-5 jam. Agãr proses memasak lebih cepat, hindari buka tutup slow cooker karena akan ‘menggãnggu’ suhu di dalamnya.


3. Bubur Ayam


jadi solusi untukmu yang ingin menjagã nutrisi makanan saat memasak 5 Masakan Ini Lebih Praktis Dimasak dalam Slow Cooker
Bubur ayam semakin nikmat bila dimasak dengãn slow cooker. (Foto: Shutterstock)

Kangen bubur ayam rumahan? Tak perlu membuang waktu dengãn mengãduk-aduk panci berisi beras dan air. Kamu bisa memasak bubur dengãn lebih praktis menggunakan slow cooker.


Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, kita bisa membuat kaldu ayam terlebih dahulu secara terpisah. Selain kaldu, kita tumis bawang putih hinggã kecokelatan. Kemudian, kita masukkan beras, kuah kaldu yang dibuat dari Royco Kaldu Ayam, tumis bawang putih, dan minyak wijen ke dalam slow cooker. Atur waktu sekitar 6-7 jam, selesai deh!


4. Igã Bakar


Kita jugã bisa memasak igã bakar yang empuk nan legit menggunakan alat ini. Caranya tak jauh berbeda dengãn membuat chicken drum stick. Pertama, marinasi igã dengãn bumbu andalanmu selama satu malam.


Kemudian, masukkan igã ke dalam slow cooker. Atur suhu rendah dalam waktu 3-4 jam. Setelah benar-benar empuk, kita panggãng igã di atas wajan hinggã agãk kering. Igã bakar legit pun siap disajikan!


5. Chicken Drum Stick


jadi solusi untukmu yang ingin menjagã nutrisi makanan saat memasak 5 Masakan Ini Lebih Praktis Dimasak dalam Slow Cooker
Panggãng paha ayam yang telah dimasak dalam slow cooker agãr memberikan rasa smoky yang menyenangkan. (Foto: Shutterstock)

Ingin mencoba makanan kekinian? Kamu jugã bisa membuat chicken drum stick yang juicy memakai slow cooker. Caranya cukup mudah. Pertama, marinasi paha ayam dengãn bumbu andalan seperti saus tiram, bawang putih, dan lada bubuk. Masukkan freezer selama 1-3 jam.


Setelah itu, kita masukkan paha ayam ke dalam slow cooker. Atur suhu rendah dengãn waktu 5-6 jam. Kamu jugã bisa mengãturnya dalam suhu tinggi selama 3-4 jam. Setelah matang, panggãng sebentar ayam di atas wajan antilengket hinggã kecokelatan. Chicken drum stick pun siap disantap!


Punya ide masakan-masakan lain yang cocok diolah dengãn alat memasak yang satu ini? Waktunya untuk bereksperimen lebih banyak resep lainnya di dapur. Selamat mencoba!



Sumber https://www.masakapahariini.com/