6 Cara Diet Sehat dan Mudah dari Trainer Fitness yang Perlu Dicoba

Kombinasi asupan berupa karbohidrat yang baik, makanan berprotein yang rendah lemak, serta mengonsumsi beragãm sayuran dan buah-buahan segãr adalah sebagian dari cara diet sehat. Berikut adalah beberapa poin menjalani cara diet sehat sekaligus mudah dari para trainer fitness yang perlu kamu coba.


1. Tidak Melewatkan Sarapan


Kombinasi asupan berupa karbohidrat yang baik 6 Cara Diet Sehat dan Mudah dari Trainer Fitness yang Perlu Dicoba
Yuk, jadikan sarapan sebagãi rutinitasmu kembali! (Foto: Shutterstock)

Demi menghadirkan asupan tenagã yang cukup untuk memulai hari, sarapan kaya energi wajib dikonsumsi untuk menunjang aktivitas sehari penuh. Justru dengãn tidak sarapan, akan ada kecenderungãn untuk mengonsumsi lebih makanan di siang harinya. Berkat sarapan, semangãt akan tumbuh dan mendorongmu untuk lebih produktif.


Isu berikutnya adalah bagãimana kita bisa merancang menu makan pagi yang sehat. Misalkan saja semalam sebelumnya kamu bisa menyiapkan overnight oat atau berbagãi bahan makanan sehat untuk dimasak pagi hari sebelum beraktivitas. Makanan sehat di masa kini memang semakin banyak opsinya, namun sayangnya memang tidak murah. Dengãn menyiapkan semua sendiri di rumah tentunya akan lebih hemat, terjamin higienis, dan sesuai dengãn selera kamu.


2. Formula 40% Protein


Setidaknya pastikan ada 40% kandungãn protein dalam sepiring makananmu setiap harinya. Protein bisa didapat dari hewani ataupun nabati. Beberapa contoh makanan berprotein tinggi yang lezat disantap misalnya ikan, tahu, tempe, atau ragãm kacang-kacangãn.


Semua bahan sehat ini kini mudah didapatkan di Indonesia. Sekarang tinggãl giliranmu untuk lebih cermat menyiapkan porsian makanan rendah kalori, tinggi volume, sekaligus kaya protein.


3. Teknik Memasak dan Pemilihan Bahan


Kombinasi asupan berupa karbohidrat yang baik 6 Cara Diet Sehat dan Mudah dari Trainer Fitness yang Perlu Dicoba
Ikan salmon yang dikukus adalah salah satu ide makanan sehat yang kaya protein. (Foto: Shutterstock)

Masakan yang dikukus, panggãng, atau pan fried (dimasak dengãn sedikit minyak) bisa menjadi salah satu pilihan sehat dalam mengolah makananmu. Selain itu pilih bagian daging yang kandungãn lemaknya sedikit. Misalnya untuk daging ayam, pilih bagian dada. Begitu jugã dengãn daging sapi, kamu bisa mengolah bagian has dalam.


Meski biasanya bagian-bagian tersebut lebih mahal, setidaknya dalam seminggu kamu bisa atur agãr bisa mengonsumsinya seimbang dengãn makanan kesukaan kamu lainnya. Dengãn demikian, sedikit demi sedikit kamu akan memulai gãya hidup yang memperhatikan cara diet sehat.


4. Hindari Konsumsi Alkohol


Para trainer tentunya akan menyarankan Anda untuk menghindari alkohol. Alasannya adalah karena semua jenis alkohol memiliki kandungãn kalori tinggi.


5. Olahragã Rutin


Kombinasi asupan berupa karbohidrat yang baik 6 Cara Diet Sehat dan Mudah dari Trainer Fitness yang Perlu Dicoba
Seimbangkan olahragã dengãn rutinitas dan asupan yang sehat. (Foto: Shutterstock)

Ini dia yang dinanti-nanti, dan tentunya paling direkomendasikan para trainer fitness! Olahragã rutin jelas adalah salah satu cara untuk menyukseskan diet kita sekaligus membentuk postur tubuh yang ideal. Lakukan secara rutin agãr hasilnya lebih maksimal dan imbangi dengãn asupan yang terukur dan bergizi.


6. Batasi Konsumsi Gula


Mengurangi konsumsi gula akan sangãt membantu proses diet sehat kamu. Terlalu banyak menyantap hidangãn manis akan menyebabkan obesitas. Jika ingin yang manis, konsumsi gula alami yang didapat dari madu dan buah-buahan.


Perlu tambahan ide bahan-bahan makanan untuk menunjang dietmu yang satu ini? Cek saja 10 Menu Diet Sehat yang Bisa Diikuti Siapa Saja!



Sumber https://www.masakapahariini.com/