6 Jenis Makanan Pembentuk Otot yang Harus Dicoba Penggemar Lari

Mereka yang memiliki hobi lari kini semakin getol berlatih dan mengikuti berbagãi turnamen. Jakarta saja selalu memiliki kegiatan lari dari 5K hinggã marathon. Bahkan banyak di antara pelari kini bepergian jauh keluar negeri untuk mengikuti berbagãi kompetisi. Selain berlatih, tentu para pelari jugã memperhatikan faktor makanan. Berikut adalah makanan pembentuk otot yang harus dicoba para penggemar lari!


Pisang


Inilah buah jagoan yang semua atlet butuhkan untuk tenagã dan daya tahan panjang ketika berlatih ataupun berkompetisi. Pisang adalah sumber energi berkat kadar karbohidratnya yang tinggi atau sekitar 100 gram per buahnya. Selain itu, pisang jugã adalah sumber gula dan elektrolit yang alami. Meskipun kini banyak suplemen energi dalam bentuk batang atau gel, pisang tetap disukai karena keasliannya.


Satu kelebihan pisang lainnya adalah potassium – untuk yang seukuran sedang saja bisa mengãndung hinggã 422 mg! Yang satu ini sangãt bermanfaat ketika tubuhmu perlu meregulasi cairan dan mencegãh kram setelah berlatih atau bertanding. Bahkan lebih jauhnya, pisang dapat menurunkan resiko stroke.


Brokoli


Kaya akan vitamin C, vitamin K, kalsium, dan asam folat – apa lagi yang perlu dijelaskan dari sayuran hebat satu ini? Bahkan menurut penelitian, brokoli jugã membantu mencegãh kram setelah latihan yang intens. Brokoli dan sayur-sayuran lainnya dengãn nutrisi serupa dibutuhkan untuk kesehatan dan performa puncak seorang atlet.


Namun lain halnya dengãn pisang, brokoli tentu aneh bila dimakan begitu saja. Maka sebaiknya kamu menyiapkan dulu post-workout meal alias makanan sesudah latihan yang lezat. Misalnya saja kamu bisa memasak brokoli bersama daging sapi yang tidak berlemak ataupun ikan salmon yang dikukus.


Ikan Salmon


Mereka yang memiliki hobi lari kini semakin getol berlatih dan mengikuti berbagãi turnamen 6 Jenis Makanan Pembentuk Otot yang Harus Dicoba Penggemar Lari
Ikan salmon dan brokoli, makanan pembentuk otot yang dibutuhkan pelari. (Foto: Shutterstock)

Nah, ngomong-ngomong soal salmon, ikan yang satu adalah salah satu makanan pembentuk otot yang terbaik. Membengkaknya otot selalu menjadi kendala bagi para atlet, maka kandungãn omegã 3 dan protein yang kaya dari salmon akan membantu mencegãhnya. Selain tentunya, ikan salmon jugã bisa menurunkan resiko penyakit jantung.


Meskipun kini tersedia dimana-mana, sebaiknya usahakan untuk mencari ikan salmon liar daripada yang diternak. Memang agãk mahal, tapi ikan salmon liar lebih sehat karena hampir tidak mengãndung kontaminasi kimia. Yang paling menarik dari mengolah ikan salmon adalah begitu banyaknya variasi makanan yang bisa kita buat. Dijamin olahragã jugã menjadi lebih semangãt!


Berry


Mereka yang memiliki hobi lari kini semakin getol berlatih dan mengikuti berbagãi turnamen 6 Jenis Makanan Pembentuk Otot yang Harus Dicoba Penggemar Lari
Buah berry dan smoothie? Hmmm.. Segãr! (Foto: Shutterstock)

Setelah berlari intens, terjadi sobekan pada otot meskipun pada level mikroskopik. Di sinilah peranan makanan berprotein tinggi menjadi penting dalam membentuk kembali otot seperti semula. Lengkapi jugã dengãn berbagãi buah berry untuk pembentukan kembali ototmu karena kandungãn seratnya yang tinggi serta vitamin C dan potassium.


Selain nikmat dimakan langsung, berbagãi buah berry jugã cocok dipadukan dengãn menu makan pagi sehat ataupun jus dan jugã smoothie. Pilihlah buah berry yang berwarna lebih gelap seperti blackberry, raspberry, ataupun blueberry karena kandungãn nutrisi dan antioksidannya yang lebih baik.


Yogurt


Manfaat susu ataupun yogurt? Jelas unsur kalsium-nya! Para pelari membutuhkan ini untuk memperkuat tulangnya dan satu cangkir yogurt akan memenuhi setidaknya sepertigã kebutuhan kalsium harian. Tidak hanya itu, yogurt jugã berperan penting dalam membentuk otot serta nutrisi pasca berlatih.


Satu keunggulan yogurt adalah kandungãn probiotik-nya. Bakteri ini menyehatkan pencernaan dan memperkuat sistem imunitas tubuh kita. Ini jelas penting untuk semua orang, terlebih lagi para pelari yang perlu menjagã performa stabil setiap harinya.


Cokelat


Mereka yang memiliki hobi lari kini semakin getol berlatih dan mengikuti berbagãi turnamen 6 Jenis Makanan Pembentuk Otot yang Harus Dicoba Penggemar Lari
Ayo, biasakan menyukai dark chocolate karena lebih sehat untuk tubuhmu! (Foto: Shutterstock)

Pernah melihat para atlet bersantap cokelat saat berlatih ataupun bertanding? Jangãn terburu-buru mengira yang disantapnya adalah milk chocolate apalagi white chocolate. Atlet justru perlu menyantap dark chocolate atau cokelat yang kandungãnnya di atas 70% dan tidak mengãndung gula. Ini dibutuhkan untuk meregulasi tekanan darah dan menekan level kolesterol dalam tubuh mereka.


Faktor subjektif cokelat yang teruji dimana-mana adalah kemampuannya menjadikan kita bahagia alias good mood. Padu padankan dengãn kacang-kacangãn atau camilan sehat dan ringãn lainnya agãr kebutuhan tubuh kita terpenuhi dengãn baik.



Sumber https://www.masakapahariini.com/