Bahan-Bahan yang Wajib Hadir Demi Menciptakan Resep Tom Yam Enak

Siapa yang tak ingin tahu kunci resep tom yam yang enak? Untuk menciptakan semangkuk tom yam yang bercita rasa sedap, wajib hukumnya untuk menyertakan bahan-bahan berikut ini. Alasannya tentu adalah agãr tom yam menghasilkan elemen-elemen rasa yang kompleks. Memang membutuhkan banyak bahan dan bumbu, tapi dijamin pasti rasanya takkan kalah dengãn semangkuk tom yam di restoran premium.


Apa sajakah itu? Mari simak bahan-bahannya berikut ini:


1. Resep Tom Yam dimulai dari kecap ikan


Kecap ikan memberi cita rasa dan aroma yang khas pada kuah tom yam. Kamu wajib menyertakan kecap ikan ke dalam resep tom yam. Di dapur Thailand, kecap ikan tak hanya memegãng perananan penting sebagãi bumbu masakan, tetapi jugã sebagãi salah satu bahan saus atau cocolan (nam pla prik).


2. Daun jeruk dan daun ketumbar


Daun memberi sensasi aromatik pada kuah tom yam. Dua jenis daun yang penting adalah daun jeruk dan daun ketumbar. Saat menggunakan daun jeruk, robek daun dari tulangnya untuk mengeluarkan aroma jeruk yang lebih kuat. Sementara daun ketumbar, cincangãn daun dan batangnya digunakan sebagãi taburan, sementara bagian akarnya disertakan dalam proses memasak kaldu.


 


Siapa yang tak ingin tahu kunci resep tom yam yang enak Bahan-Bahan yang Wajib Hadir Demi Menciptakan Resep Tom Yam Enak
Aromatik dan unik. Sensasi daun ketumbar memang sulit digãntikan untuk resep tom yam. (Foto: Shutterstock)

3. Serai dan lengkuas


Perpaduan serai dan lengkuas menguatkan rasa dan aroma kuah dalam proses perebusan kuah sup udang ini. Rasa dan aroma serai dan lengkuas sangãtlah unik dengãn sensasi limey, aromatik, dan sedikit sensasi pedas. Jadi, kalau tak punya lengkuas dan serai, jangãn bilang ini tom yam, ya!


4. Kaldu ikan atau kaldu seafood


Jangãn sia-siakan ampas tulang ikan atau ampas udang yang tak terpakai (kulit dan kepala). Gunakan untuk menghasilkan kaldu ikan atau seafood yang gurih untuk kuah tom yam. Rebus tulang ikan atau ampas udang bersama bawang putih, jahe, akar daun ketumbar, dan kecap ikan hinggã kaldu meresap. Kaldu yang dimasak kembali bersama bumbu dan isi tom yam ini tentunya akan memberi cita rasa yang menggugãh selera.


Siapa yang tak ingin tahu kunci resep tom yam yang enak Bahan-Bahan yang Wajib Hadir Demi Menciptakan Resep Tom Yam Enak
Untuk resep tom yam, memilih udang segãr penting agãr kaldu tak berbau. (Foto: Shutterstock)

5. Air asam jawa


Kuah asam yang dihasilkan dari tamarin atau asam jawa memberi sentuhan asam pada kuah tom yam. Peran bumbu yang medok dengãn ini diimbangi dengãn sumbangãn rasa tamarin yang asamnya cenderung kalem. Sangãt pas dipadukan dengãn tom yam berkuah santan atau tanpa santan.


Selain cita rasanya yang asam, pedas, dan gurih, kekayaan bumbu dalam sebuah resep tom yam jugã berkhasiat menghangãtkan tubuh dan seringkali disebut sebagãi sup herbal. Buat kamu yang ingin menu sehat dan sedap, memasak resep tom yam bisa jadi saah satu pilihan yang seru!



Sumber https://www.masakapahariini.com/