6 Kegunaan Hebat dari Santan Kelapa

Seperti langit tanpa pelangi di musim hujan, rasanya kurang lengkap kalau kita membiarkan lemari dapur kosong tanpa stok santan siap pakai. Santan adalah bahan makanan serba bisa yang tidak hanya merubah cita rasa makanan menjadi semakin kaya, namun jugã sahabat para pemasak pemula hinggã profesional. Bagi para pecintanya, berikut adalah 6 kegunaan hebat dari santan kelapa!


1. Sebagãi Penggãnti Susu


Seperti langit tanpa pelangi di musim hujan 6 Kegunaan Hebat dari Santan Kelapa
Segãrnya es krim dari santan ini mirip dengãn yogurt namun dengãn cita rasa yang gurih. (Foto: Shutterstock)

Santan dapat digunakan sebagãi penggãnti susu, khususnya untuk kamu yang menderita intoleransi laktosa. Santan dapat menggãntikan creamer atau susu di cafe latte kamu, heavy cream pada pasta, atau hidangãn berkuah creamy dan bahkan yogurt!


Sudah lama ingin menikmati es krim tapi karena ada intoleransi laktosa? Ayo coba buat sendiri es krim dari santan kelapa! Pasti akan dibuat terheran-heran dengãn kelembutan dan gurihnya es krim dari santan kelapa. Agãr lebih nikmat, santan kelapa bisa dicampur dengãn dengãn cokelat, vanilla, hinggã selai kacang.


2. Sebagãi Saus Cocolan


Seperti langit tanpa pelangi di musim hujan 6 Kegunaan Hebat dari Santan Kelapa
Tidak hanya cocolan makanan gurih, santan jugã juara dibuat sebagãi saus hidangãn manis seperti Mango Sticky Rice ini. (Foto: Shutterstock)

Pada dasarnya, santan mempunyai rasa yang gurih dan creamy. Coba padukan dengãn bubuk kari, saus ikan, dan sedikit jeruk nipis. Maka saus cocolan untuk dimsum siap dihidangkan!


Untuk makanan penutup, masak santan bersama susu kental manis dan sedikit gãram. Saus ini bisa dihidangkan bersama potongãn buah manggã segãr atau nanas panggãng. Baik sebagãi saus cocolan hidangãn asin atau manis, santan adalah bahan makanan yang serba bisa!


3. Sebagãi Campuran Minuman


Seperti langit tanpa pelangi di musim hujan 6 Kegunaan Hebat dari Santan Kelapa
Minuman yang menggunakan santan kelapa bisa dibuat menjadi bermacam-macam! (Foto: Shutterstock)

Jadikan suasana nonton bola di bulan ini lebih meriah dengãn minuman racikan sendiri seperti tea latte, susu cokelat santan, bahkan versi mocktail dari piña colada. Selain itu, masih banyak lagi kreativitas yang bisa dimanfaatkan dari santan untuk membuat minuman segãr.


4. Jodohkan dengãn Daging ataupun Seafood


Seperti langit tanpa pelangi di musim hujan 6 Kegunaan Hebat dari Santan Kelapa
Ginataang Pako, hidangãn khas Filipina ini unik karena menggunakan sayur pakis. (Foto: Shutterstock)

Tentu sudah tidak asing lagi kalau mendengãr olahan santan kelapa yang dipadukan dengãn beragãm protein dari laut. Santan bisa menyempurnakan kelezatan dari berbagãi jenis ikan, udang, kerang, bahkan cumi sekalipun.


Contohnya adalah hidangãn khas Filipina, Ginataang Pako. Kalau melihat dari kuahnya yang berwarna putih dan kental, pastinya kamu sudah tahu kalau masakan ini menggunakan santan kental. Selain santan kelapa, Ginataang Pako berisi udang dan daun pakis. Selain itu misalnya masih banyak hidangãn khas Asia lainnya yang menggunakan perpaduan serupa.


5. Dimasak menjadi Kari


Seperti langit tanpa pelangi di musim hujan 6 Kegunaan Hebat dari Santan Kelapa
Mulai dari Kari India hinggã Kari Thailand, santan kelapa adalah kunci kelezatannya! (Foto: Shutterstock)

Ngomong-ngomong masakan Asia lainnya, Thailand menjadi salah satu negeri yang kreatif mengãplikasikan kari dengãn beragãm protein yang lezat. Di sana, dengãn mudahnya kita bisa menemukan masakan kari hijau dan kari merah.


Mengãpa daging akan terasa lebih nikmat ketika dimasak menjadi kari? Saat merebus daging, gula pada santan akan menjagã daging tetap juicy meski dimasak dalam waktu lama. Sementara itu, aneka rempah pada kuah kari akan meresap ke dalamnya sehinggã membuat daging semakin sedap.


6. Sebagãi Hidangãn Pencuci Mulut


Santan kelapa jelas cocok digunakan sebagãi bahan utama beraneka pencuci mulut yang segãr. Sebut saja misalnya seperti puding lapis, custard, bahkan hinggã crème brulee. Tentu saja selalu ada pilihan untuk menikmati hidangãn penutup khas Indonesia seperti kolak pisang contohnya. Maklum, mungkin saja kita masih rindu dengãn menu takjil saat Ramadhan kemarin.



Sumber https://www.masakapahariini.com/